5 Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan Perempuan

23 November 2022 10:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi Mencukur Rambut Kemaluan Foto: Shutterstock/Niran Phonruang
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mencukur Rambut Kemaluan Foto: Shutterstock/Niran Phonruang
ADVERTISEMENT
Ladies, siapa yang tak ingin memiliki keindahan vagina yang selalu terjaga? Ya, salah satu upaya yang bisa kamu tempuh untuk menjaga keindahan dan kesehatan vagina adalah mencukur rambut kemaluan.
ADVERTISEMENT
Banyak hal yang dijadikan sebagai alasan ketika perempuan memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan, seperti kebersihan, lebih merasa percaya diri, atau mengurangi bau tak sedap di area vagina.
Sebenarnya, tindakan mencukur rambut kemaluan mendatangkan banyak pro dan kontra dari berbagai pihak. Tak sedikit yang menyebut bahwa mencukur rambut kemaluan dapat mengiritasi kulit. Namun, yang lainnya mengatakan hal ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan.
Lantas, apa saja keuntungan yang akan didapatkan setelah mencukur rambut kemaluan untuk perempuan? Temukan jawabannya seperti yang telah kumparanWOMAN rangkum dari laman resmi Bliss Pads berikut ini.

Keuntungan mencukur rambut kemaluan untuk perempuan

1. Meningkatkan daya tarik seksual

Ilustrasi posisis seks women on top. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi posisis seks women on top. Foto: Shutter Stock
Salah satu keuntungan mencukur rambut kemaluan untuk perempuan adalah meningkatkan daya tarik seksual. Beberapa pasangan yang melakukan hubungan seksual lebih tertarik dengan pasangannya yang telah bercukur bersih. Ini karena terlihat halus dan menggugah gairah.
ADVERTISEMENT
Sebuah studi tentang preferensi seksual tanpa rambut kemaluan menemukan bahwa 60 persen peserta yang lebih menyukai pasangan tak berbulu adalah laki-laki, sementara 34 persen adalah perempuan.
Di samping itu, 20 persen peserta perempuan lainnya menunjukkan bahwa mereka memilih menghilangkan rambut kemaluan untuk menyenangkan pasangan mereka.

2. Mengurangi risiko kutu kelamin

Kutu kelamin adalah mikroorganisme parasit yang hidup di bawah rambut kemaluan dan memakan darah. Kutu kelamin termasuk dalam infeksi menular seksual (IMS).
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Bahkan, jika kamu telah menjaga kemaluan tetap bersih, kutu kelamin masih dapat menyebar melalui pasangan. Jika rambut kemaluan dijaga tetap pendek, maka akan lebih sulit bagi kutu untuk menetap di area vagina.

3. Mengurangi bau tak sedap di area vagina

Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Secara normal, vagina tentu memiliki bau yang unik. Namun, rambut kemaluan menyimpan keringat vagina yang dapat meningkatkan bau tak sedap di area vagina. Mencukur rambut kemaluan tidak hanya mengurangi keringat vagina, tetapi juga mengurangi rasa gatal dan memberi perasaan yang lebih segar.
ADVERTISEMENT

4. Mudah membersihkan area kemaluan

Tumbuhnya rambut kemaluan yang tebal dapat mengganggu proses pembersihan vagina, Ladies. Ini karena menebalnya rambut kemaluan bisa menghalangi air saat membilas area vagina, misalnya saat menstruasi.
Darah menstruasi yang tertinggal juga dapat memicu rasa gatal pada area vagina. Rambut kelamin yang dicukur akan membuatmu lebih mudah membersihkannya.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Ilustrasi traveler berenang santai di pantai. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi traveler berenang santai di pantai. Foto: Shutterstock
Saat pergi berlibur ke pantai atau kolam renang, kebanyakan perempuan menggunakan pakaian yang minim, seperti bikini. Memiliki vagina yang lembut dan halus membantu meningkatkan rasa percaya diri perempuan dan nyaman saat memakai pakaian renang.
Ini karena rambut kemaluan tidak akan terlihat dan mengganggu penampilan.
Nah, itulah lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah mencukur rambut kemaluan. Meski terlihat sepele, mencukur rambut kemaluan tidak boleh dilakukan sembarangan.
ADVERTISEMENT
Pastikan kamu memahami panduan mencukur rambut kemaluan dengan baik agar terhindar dari rasa gatal dan iritasi.