5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah

20 Mei 2022 20:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12693)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi masker mentimun. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Menjaga kesehatan kulit wajah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya, yakni memanfaatkan bahan-bahan alami yang baik untuk kulit. Ladies juga bisa menggunakan masker dari bahan alami mentimun untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Mentimun biasanya menjadi pelengkap beberapa menu makanan atau diolah sebagai jus. Tidak cuma itu, mentimun juga bisa dijadikan sebagai masker untuk membantu memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Mentimun memang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, dan asam kafeat yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Tak heran bila mentimun kerap digunakan untuk meredakan mata yang lelah.
Tidak cuma itu, ada banyak manfaat menggunakan masker mentimun untuk kesehatan kulit wajah. Yuk, simak penjelasan berikut seperti kumparanWOMAN rangkum dari Healthline.

1. Mengatasi lingkar mata bengkak dan gelap

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12694)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kantung mata bengkak dan hitam. Foto: Shutterstock
Studi telah menunjukkan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengatasi lingkar mata bengkak dan gelap karena kurang tidur. Irisan mentimun dingin atau jus mentimun dapat membantu mengurangi kondisi lingkar mata bengkak dan mengatasi kulit yang tampak lelah.
ADVERTISEMENT
Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Kamu hanya cukup mengiris mentimun tipis-tipis, lalu tempelkan pada mata yang lelah selama kurang lebih 15 menit. Cara ini mampu meredakan bengkak pada bawah mata yang lelah dan menyamarkan lingkaran hitam karena terdapat kandungan asam karbonat pada mentimun.

2. Membantu mengurangi timbulnya berjerawat

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12695)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan bekas jerawat. Foto: Shutterstock
Kulit berminyak dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Mentimun yang bersifat astringen ringan tentu dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Dengan kandungan tersebut, mentimun dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat pada kulit wajah.
Masker mentimun juga dapat membantu mengatasi kulit yang sudah berjerawat, karena efek menyegarkan sehingga dapat meredakan peradangan pada jerawat. Dengan demikian, jerawat pun lebih cepat mengempis.
ADVERTISEMENT
Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Kamu cukup menghaluskan mentimun dengan blender. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

3. Membantu mencegah penuaan dini

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12696)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengatasi kerutan di dahi. Foto: Shutter Stock
Menurut studi tahun 2011, antioksidan dalam mentimun dapat menjadikannya bahan antikerut yang membantu mencegah penuaan diri. Selain itu, mentimun mengandung vitamin C dan asam folat.
Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel baru. Sementara itu, asam folat membantu melawan racun lingkungan yang dapat membuat kulit wajah kamu terlihat lelah atau menua sebelum waktunya.
Kedua kandungan itu dapat membantu kulit wajah terlihat lebih kencang dan sehat. Dengan demikian, kamu akan tampak awet muda dan terhindar dari penuaan dini.
ADVERTISEMENT

4. Meredakan iritasi

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12697)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit wajah iritasi. Foto: Shutter Stock
Efek pendinginan dan antiinflamasi yang terkandung dalam buah mentimun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, kamu cukup mengiris halus mentimun dan oleskan ke bagian wajah yang iritasi.

5. Menghidrasi kulit

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajah (12698)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit lembap. Foto: Shutter Stock
Mentimun dapat membantu menghidrasi kulit wajah dengan baik, karena mengandung 96 persen air. Kamu dapat membuat masker mentimun untuk melembapkan kulit wajah.
Cara membuat masker timun untuk melembapkan kulit wajah sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan buah mentimun menggunakan blender, lalu campurkan dengan bahan pelembap lainnya, seperti madu atau lidah buaya.
Setelah itu, kamu dapat mengaplikasikannya ke seluruh wajah hingga merata dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air hingga bersih. Rasakan manfaatnya, kulit wajah tentu akan terasa lebih lembab dari sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Ladies, itu tadi beberapa manfaat mengaplikasikan masker mentimun untuk kesehatan kulit wajah. Selamat mencoba!
Penulis: Nadya Zahira