kumparan
search-gray
Woman22 Januari 2020 17:17

5 Olahraga untuk Dapatkan Paha Kecil dan Kencang

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi paha kecil
Ilustrasi paha kecil. Foto: Shutter Stock
Ladies, pernahkah Anda merasa harus berhenti menggunakan celana kesayangan karena ukurannya tidak pas lagi di tubuh? Misalnya, celana itu terasa sempit di bagian paha, lantaran berat badan kita bertambah.
ADVERTISEMENT
Di saat seperti ini, kita mungkin merasa ingin melakukan olahraga untuk bisa kembali ke bobot semula. Selain itu, kita juga mungkin ingin berolahraga demi mendapatkan paha kecil yang kencang agar celana kesayangan bisa kembali muat dan bentuk tubuh kita terlihat lebih memuaskan.
Bagi Anda yang ingin mulai berolahraga untuk mengecilkan paha, cobalah lakukan beberapa jenis olahraga seperti pilates, aerobik, dan HIIT yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk badan, membakar lemak, sekaligus membuat paha kecil. Selengkapnya, yuk, simak ulasan berikut.

1. Sepeda statis indoor

Ilustrasi olahraga dengan sepeda statis di rumah
Ilustrasi olahraga dengan sepeda statis di rumah. Foto: Shutter Stock
Menurut Healthline, salah satu hal yang bisa dicoba untuk mendapatkan paha kecil adalah dengan menggunakan sepeda statis. Olahraga ini dapat membantu kita membentuk otot di bagian paha dan kaki secara umum, sekaligus membantu kita membakar lemak dan melatih otot jantung.
ADVERTISEMENT

2. Melakukan gerakan aerobik

Ilustrasi perempuan mengenakan hijab saat olahraga
Ilustrasi perempuan berolahraga. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, kita juga bisa mencoba aneka gerakan olahraga aerobik, termasuk dengan berlari, melakukan skipping (lompat tali), maupun berjalan jarak jauh. Jenis olahraga ini cocok untuk membakar kalori dan lemak tubuh, termasuk pada bagian pinggul dan paha. Dengan membakar kalori, kita akan semakin mudah mengurangi berat badan dan membentuk tubuh.
Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga ini. Terutama, bila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, seperti obesitas atau gangguan jantung.

3. Olahraga dengan Intensitas Tinggi (HIIT)

Bila ingin cepat membakar lemak, kita juga bisa mencoba olahraga HIIT (High Intensity Interval Training). Olahraga yang terdiri dari gerakan-gerakan intens ini dapat memacu jantung, mengurangi lemak tubuh, sekaligus membentuk paha kita.
ADVERTISEMENT
Women's Health melansir, menurut Ben Lauder-Dykes, seorang pelatih olahraga dari studio Fhitting Room, New York, AS, kita bisa mencoba untuk mengkombinasikan latihan ketahanan dan angkat beban dengan olahraga HIIT. Dengan demikian, kita bisa membakar kalori dan menciptakan defisit kalori, kemudian mengurangi berat badan.

4. Lakukan olahraga pembentukan badan

Selain itu, kita juga bisa melakukan gerakan pembentukan yang berfokus pada tubuh bagian bawah. Misalnya, dengan melakukan front squat yang memperkuat paha depan, back squat yang memperkuat paha belakang, juga gerakan lunge (meregangkan salah satu kaki) yang menjaga keseimbangan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kita disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan ini secara bergantian.
Dalam Women's Health, disebutkan bahwa kita bisa mencoba untuk melakukan olahraga ini setidaknya dua kali seminggu, dengan pengulangan sebanyak 3-4 rangkaian. Dalam setiap rangkaian, kita disarankan melakukan setiap gerakan sebanyak 8-12 kali.
ADVERTISEMENT

5. Pilates

Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Pilates. Foto: Shutter Stock
Kemudian, Anda juga bisa mencoba olahraga pilates untuk mendapatkan paha kecil. Menurut Heather Anderson, pendiri klub olahraga New York Pilates, olahraga ini terdiri dari gerakan-gerakan kecil yang dapat membentuk otot secara efektif.
"Gerakan klasik, seperti bridging dan gerakan berbaring menyamping, ditargetkan untuk membentuk pantat, otot hamstring, juga paha bagian dalam. Ini menjadikan gerakan tersebut ideal untuk membentuk otot kaki yang lebih langsing," ujarnya, seperti dikutip Shape.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita bisa melakukan gerakan ini dengan meletakkan pilates ring di antara kedua kaki, agar otot di bagian kaki semakin kencang.
Bagaimana, Ladies? Tertarik mencoba olahraga ini untuk membuat paha mengecil?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white