kumparan
7 Mei 2019 12:01

5 Perbedaan Prosesi Melahirkan Meghan Markle dan Kate Middleton

Perbedaan proses melahirkan Meghan Markle & Pangeran Harry
Perbedaan proses melahirkan Meghan Markle & Pangeran Harry. Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas dab REUTERS/Phil Noble
Meghan Markle baru saja melahirkan anak pertama berjenis kelamin laki-laki dengan bobot 3,2 kilogram. Kabar baik ini pun diumumkan oleh Istana Buckingham pada Senin (6/5) kemarin.
ADVERTISEMENT
Bahkan saking antusiasnya, Pangeran Harry melakukan wawancara di hadapan media untuk mengabarkan kelahiran anaknya.
Namun sayangnya, hingga saat ini potret buah hati dari Duke dan Duchess of Sussex ini belum dipublikasikan ke publik. Hal ini jelas berbeda dengan Kate Middleton yang selang beberapa jam setelah proses persalinan tampil di muka publik dengan menggendong anaknya.
Meskipun sama-sama royal baby, jika diamati dengan seksama terdapat beberapa perbedaan dalam proses kelahiran antara anak-anak Kate Middleton-Pangeran William dan Meghan Markle-Pangeran Harry. Berikut kumparanWOMAN rangkum lima perbedaannya:
1. Acara baby shower
Saat menginjak usia kehamilan tujuh bulan, Meghan Markle bersama sahabat-sahabatnya seperti Serena Williams, Abigail Spencer, Jessica Mulroney, Gayle King, Misha Nonoo, Markus Anderson, Daniel Martin, dan Taryn Toomey menggelar baby shower di di The Mark Hotel, New York City Amerika Serikat pada (20/2) lalu.
Meghan Markle di New York
Meghan Markle di New York Foto: dok.REUTERS/Carlo Allegri
Bahkan Daily Mail mengabarkan, pesta baby shower yang turut diselenggarakan oleh sahabat terdekat Meghan tersebut menghabiskan total biaya keseluruhan mencapai £330,000 atau kurang lebih setara dengan Rp 6 miliar.
ADVERTISEMENT
Tak hanya sekali, di awal April 2019 Meghan Markle bersama Pangeran Harry juga menggelar baby shower yang lebih intim dengan keluarga terdekat di kediaman mereka, di Frogmore Cottage. Tak tanggung-tanggung, ibu Meghan, Doria Rogland terbang menuju Inggris untuk turut menyambut kelahiran cucunya.
Gaya busana Kate Middleton saat hamil (NOT COVER)
Gaya busana Kate Middleton saat hamil. Foto: Instagram @katemiddletonphotos
Berbeda dengan Meghan Markle, Kate Middleton sendiri tidak pernah menggelar acara baby shower dalam menyambut kelahiran ke-tiga buah hatinya.
2. Tempat melahirkan
Melansir Insider, saat melahirkan ketiga anaknya, Kate Middleton melakukan prosesi persalinan di Lindo Wing of St. Mary's Hospital, London, Inggris.
Kate Middleton berpose setelah melahirkan
Kate Middleton berpose setelah melahirkan. Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas
Rumah sakit tersebut juga menjadi tempat Pangeran Charles dan Putri Diana berpose bersama bayi Pangeran William sesaat ia dilahirkan pada 1982 silam. Tradisi berpose di depan Lindo Wing of St. Mary's Hospital pun diikuti Kate saat melahirkan ketiga anaknya.
ADVERTISEMENT
Sementara Meghan Markle memilih mengikuti tradisi kerajaan dengan melahirkan di rumah. Ratu Elizabeth II pun juga melahirkan semua anaknya di rumah.
Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke Frogmore Cottage
Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke Frogmore Cottage. Foto: Dok. Kensington Royal
Meskipun pihak Kerajaan Inggris tidak mengkonfirmasi di mana tempat persalinan Meghan Markle, tetapi kemungkinan besar Meghan melahirkan di Frogmore Cottage atau Windsor Castle. Sebelum Meghan Markle melahirkan, sebuah pernyataan dari kerajaan mengatakan ia dan Pangeran Harry akan merayakan kelahiran putra pertama mereka secara tertutup sebelum tampil di depan media.
3. Pengumuman kelahiran anak
Berita kelahiran Pangeran Louis pada (23/4) 2018 lalu diumumkan melalui akun resmi sosial media Kengsington Palace. Selain itu pihak Kerajaan juga akan memberi prosesi penyambutan dengan menembakkan 62 pistol ke udara dengan iring-iringan kuda di luar Istana Buckingham.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Pangeran Harry dan Meghan Markle membagikan berita kelahiran anak mereka melalui akun Instagram @sussexroyal. Bahkan ungkapan pengumuman kelahiran anak mereka terlihat lebih santai dengan ekspresi "It's a BOY!"
4. Tampilan perdana royal baby ke muka publik
Selang enam jam setelah kelahiran Pangeran Louis, Kate Middleton dan Pangeran William langsun tampil perdana di hadapan publik dengan berpose di depan Lindo Wing of St. Mary's Hospital.
Tak tanggung-tanggung, Kate pun terlihat sangat mempersiapkan tampilan perdananya setelah melahirkan di muka publik dengan mempercayakan tatanan rambutnya dibawah hairdresser Amanda Cook Tucker dan stylist Natasha Archer.
Pangeran William, Kate, dan Anak Ketiga Mereka
Pangeran William, Kate, dan Anak Ketiga Mereka. Foto: AFP/Daniel Leal
Menariknya New York Post mengabarkan, Meghan sempat merasa iba pada Kate karena harus berpose di depan kamera publik selang beberapa jam setelah melahirkan Pangeran Louis.
ADVERTISEMENT
Sementara Meghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak pertama mereka secara privat. Dikabarkan, mereka akan tampil ke muka publik bersama royal baby dalam dua hari ke depan setelah proses persalinan.
Pangeran Harry, Meghan Markle, Birkenhead, Inggris (NOT COVER)
Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengunjungi Birkenhead, Inggris. Foto: REUTERS/Carl Recine
"Ini langkah selanjutnya bagi kami, sebagai keluarga kami telah merencanakan kalian bisa melihat anak kami dalam waktu dua hari setelah proses melahirkan. Alhasil semua orang bisa melihat bayi kami," ujar Pangeran Harry dalam video yang dipublikasin di Instagram @sussexroyal.
5. Cara anggota Kerajaan Inggris menyambut kelahiran royal baby
Saat Pangeran Louis lahir ke dunia, Pangeran William terlihat sibuk menggandeng kedua anaknya Pangeran George dan Putri Charlotte untuk menemui adiknya yang baru lahir di Lindo Wing of St. Mary's Hospital. Bahkan Pangeran William tidak mengucapkan sepatah kata apapun kepada pers saat Pangeran Louis lahir.
ADVERTISEMENT
Hal ini jelas berbeda dengan Pangeran Harry yang mengadakan siaran pers singkat di depan Kastil Windsor pada Senin (6/4) kemarin untuk mengabarkan Meghan Markle telah melahirkan anak pertama mereka.
Dalam konferensi pers tersebut, Pangeran Harry berbicara tentang betapa bersemangatnya dia untuk menjadi seorang ayah dan ucap syukurnya terhadap kesehatan istri dan anaknya.
"Kondisi ibu dan anak sangat sehat. Ini menjadi pengalaman yang sangat luar biasa yang saya bayangkan. Bagaimana seorang perempuan melakukan hal yang benar-benar di luar pemahaman, tetapi kami berdua benar-benar senang dan sangat berterima kasih untuk semua cinta dan dukungan dari semua orang di luar sana. Sangat luar biasa, kami ingin membagikan kabar ini dengan semua orang," ujar Pangeran Harry dalam wawancaranya kepada pers yang dilakukan secara mendadak.
ADVERTISEMENT