Woman
·
19 September 2020 10:06

5 Tanaman Hias Air yang Mudah Dirawat, Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tanaman Hias Air yang Mudah Dirawat, Cocok untuk Dekorasi Ruangan (21085)
Philodendron Monstera Deliciosa Foto: Shutterstock
Tanaman hias untuk desain interior saat ini seolah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Tak heran karena selain bisa mempercantik sudut rumah, penambahan tanaman hias di dalam ruangan juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, tanaman hias perlu perawatan khusus agar tetap segar. Jika salah dalam perawatan, tanaman hias akan mudah layu dan juga mati. Namun Ladies jangan khawatir, sebab ada solusi untuk masalah ini yaitu dengan mencoba merawat tanaman hias air. Sesuai namanya, tanaman ini beradaptasi atau tumbuh dengan medium air.
Nah, karena tumbuh dengan medium air, Anda tidak perlu repot-repot dalam perawatannya. Sebab, Anda hanya perlu memasukkan ke media pot, vas kaca, atau gelas yang diisi air, lalu tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.
Lalu, tanaman hias air apa sajakah itu? Melansir berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN lima pilihan tanaman hias air yang mudah dirawat sekaligus bisa mempercantik dekorasi ruangan.

1. Bambu air

ADVERTISEMENT
Tanaman hias yang satu ini biasanya dikenal dengan nama horsetail atau bambu air. Bambu air sendiri bisa tumbuh hingga 100 cm dan memiliki batang yang berdaging. Bambu air seringkali ditanam di kolam ikan karena bisa membantu membersihkan air dan polusi logam. Namun, Anda juga bisa menanam tanaman hias ini di dalam vas kaca berisi air dan meletakkannya di sudut ruangan. Tapi, pastikan kalau tanaman ini mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar tumbuh subur, ya Ladies!

2. Philodendron Monstera Deliciosa

Selain bisa tumbuh di medium tanah, ternyata tanaman hias yang berasal dari hutan tropis Meksiko Selatan ini juga bisa tumbuh di medium air. Namun, saat Anda hendak menanam tanaman hias ini di air, pastikan untuk memilih batang monstera deliciosa yang masih kecil tapi sudah berakar. Setelah itu gunting dari induknya, lalu masukkan ke dalam vas air. Sementara itu dalam perawatannya, letakkan tanaman hias ini di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan sinar matahari yang cukup.
ADVERTISEMENT

3. Sirih gading

Sirih gading merupakan tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Selain itu, tanaman hias ini juga bisa hidup subur di tanah maupun air. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai tanaman air untuk menghiasi ruangan, Anda hanya perlu mengganti airnya dan membuang daun yang sudah tua (menguning) setiap hari.

4. Centella asiatica

Centella asiatica atau atau yang akrab disebut pegagan merupakan tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan, ladang, tepi jalan, hingga pematang sawah. Tanaman ini biasanya memiliki bentuk batang yang sangat tipis dengan daun pipih berbentuk bulat.
Selain cantik, tanaman hias ini juga mudah di rawat. Anda hanya perlu mengganti media airnya secara berkala atau satu minggu sekali, agar airnya selalu bening dan tak lumutan. Selain itu, letakkan tanaman ini di ruangan yang banyak terpapar sinar matahari; seperti di teras atau ruangan yang memiliki jendela.
ADVERTISEMENT

5. Aglaonema

5 Tanaman Hias Air yang Mudah Dirawat, Cocok untuk Dekorasi Ruangan (21086)
Tanaman Hias Aglaonema Foto: Shutterstock
Tanaman hias yang satu ini ternyata bisa ditanam dengan media air karena aglaonema sendiri memiliki habitat asli di hutan tropis. Selain itu, tanaman yang kerap disebut sri rezeki ini juga tumbuh baik di area dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembapan tinggi. Anda bisa menanam aglaonema di vas berisi kaca air dan meletakkannya di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)