kumparan
search-gray
Woman31 Juli 2020 17:42

5 Tanaman Hias yang Memiliki Aroma Wangi, Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami

Konten Redaksi kumparan
5 Tanaman Hias yang Memiliki Aroma Wangi, Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami (941746)
Ilustrasi Tanaman Hias yang Memiliki Aroma Wangi, Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami. Foto: Shutterstock
Tanaman hias kini tengah menjadi tren dalam hal dekorasi ruangan. Selain bisa mempercantik sudut ruangan, penambahan tanaman hias juga terbukti bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.
ADVERTISEMENT
Keuntungan lain dari meletakkan tanaman hias di dalam ruangan juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. Sebab, ada beberapa tanaman hias yang memiliki aroma khas, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami yang sangat menyegarkan.
Lalu, jenis tanaman hias apa saja yang memiliki aroma khas dan bisa menyegarkan ruangan? Melansir Country Living, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Gardenia

Tanaman hias yang pertama adalah Gardenia atau yang kerap disebut kacapiring. Tanaman yang masuk dalam ordo Gentianales ini biasanya berdaun hijau, sementara bunganya berwarna putih dengan tajuk melingkar dan bergelombang (menyerupai bunga mawar).
Bunga Gardenia memiliki aroma yang menyegarkan, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. Kabarnya, keharuman bunganya itu bisa tercium hingga jarak yang cukup jauh. Anda bisa meletakkan Gardenia di dekat jendela. Sebab, tanaman hias ini membutuhkan cahaya matahari dan kelembapan yang tinggi.
ADVERTISEMENT

2. Lavender

Selanjutnya Anda juga bisa meletakkan Lavender di salah satu sudut rumah sebagai pengharum ruangan alami. Itu karena Lavender merupakan jenis tanaman hias yang memiliki aroma yang wangi dan menenangkan. Bahkan berkat wanginya itu, Lavender sering diekstrak menjadi parfum atau lulur mandi.
Tanaman ini cocok jika disimpan di dalam kamar karena wanginya yang bisa membantu mengurangi rasa cemas, menurunkan tingkat stres dan juga membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Anda juga bisa meletakkan tanaman hias ini di ruangan keluarga, untuk menciptakan aroma wangi dan menyegarkan di tengah ruangan.

3. Geranium

Geranium dikenal memiliki aroma yang manis dan bersifat menenangkan. Karena itulah tak heran jika tanaman hias ini kerap dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami di rumah. Selain bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami, Geranium juga bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk alami karena aroma bunga ini tidak disukai nyamuk. Simpanlah tanaman hias ini di dekat jendela atau tempat yang memiliki banyak pencahayaan. Jangan lupa, siram setiap empat minggu sekali.
ADVERTISEMENT

4. Tanaman mint

Tanaman yang sering dijadikan perasa makanan dan minuman ini juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. Alasannya, karena tanaman yang termasuk golongan Lamiaceae ini memiliki aroma yang wangi dan menyegarkan.
Karena tanaman hias ini mudah layu, pastikan Anda merawatnya dengan benar ya Ladies. Pastikan Anda menyiramnya setiap 3-4 kali dalam seminggu, selain itu simpanlah di tempat yang cukup lembap dan teduh.

5. Sedap malam

Tanaman hias terakhir yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami adalah Sedap Malam. Sesuai namanya, aroma wangi dari tanaman ini akan lebih tercium pada malam hari.
Aroma dari Sedap Malam konon bisa digunakan untuk menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi udara, dan lain sebagainya. Simpanlah tanaman hias ini di ruang yang teduh, dan jangan lupa siram setiap dua kali sehari.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white