kumparan
25 Mei 2019 16:21

5 Tanda Kuku Butuh Perawatan Ekstra

Ilustrasi Kuku
Ilustrasi kuku. Foto: Shutterstock
Kita menggunakan tangan setiap hari. Tetapi seringkali kita luput menyadari bagaimana akibatnya untuk kuku kita. Seiring waktu, aktivitas sehari-hari dan bahan kimia yang sering digunakan untuk mempercantik kuku, misalnya pada saat manicure, dapat menjadi penyebab utama kerusakan kuku.
ADVERTISEMENT
Karena itu, seperti kulit, kuku sebenarnya juga membutuhkan perawatan khusus seperti pengangkatan kulit mati, pemberian nutrisi, dan perhatian untuk tampilan terbaiknya.
Beberapa waktu kumparan berkesempatan bertemu dengan Dr. Dana Stern, dermatologis dari New York yang memiliki keahlian di bidang kuku, baik dalam praktek medis maupun penelitian. Memperkuat keahliannya dalam bidang perawatan kuku, Dr. Dana meluncurkan sebuah paket perawatan kuku Dr. Dana Renewal System yang dijual secara eksklusif melalui Nu Skin.
Dalam pertemuan dengan kumparan, Dr. Dana memaparkan berbagai hal seputar perawatan kuku. Menurut dermatologis andal dari New York ini, ada 5 tanda yang bisa Anda lihat pada kuku Anda yang menandakan bahwa kuku Anda butuh perawatan dan butuh relaksasi. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1.Tanda putih
Ilustrasi Kuku
Bersihkan kutikula untuk merawat kesehatan kuku. Foto: Shutterstock
Kuku yang memutih bisa disebabkan penggunaan pewarna kuku yang terlalu lama dan terus menerus tanpa jeda waktu. Jika kuku Anda menunjukkan tanda-tanda spot putih, maka mungkin sudah saatnya Anda melakukan perawatan khusus untuk kuku Anda.
2. Warna kuku kuning
Banyak dari kita yang pasti hobi mengenakan cat atau pewarna kuku, dan banyak pula lupa untuk memakaikan coat atau lapisan dasar sebelum mengecat kuku. Kebiasaan ini bisa membuat kuku mudah rusak dan menguning. Selain hal ini, terlalu sering memakai nail polish atau cat kuku juga lama-lama akan membuat warna kuku akan berubah kekuningan.
3. Kuku kering dan rapuh
ilustrasi kuku yang kering
ilustrasi kuku yang kering Foto: dok.Shutterstock
Bahan kimia seperti nail polish dan pembersih nail polish seperti aseton cenderung mengandung formula kimiawi yang cukup keras. Terlalu sering menggunakan bahan-bahan seperti ini cenderung membuat kuku kering dan rapuh.
ADVERTISEMENT
4. Kuku terkelupas
Terlalu sering memberikan tekanan pada kuku secara terus menerus bisa menyebabkan kuku terkelupas. Misalnya ketika Anda menggunakan kuku palsu, atau menggosok kuku dengan alat yang terbuat dari metal. Ini juga bisa disebabkan karena kontak yang berlebihan dengan air seperti mencuci piring tanpa sarung tangan.
5. Kuku yang pecah
Ilustrasi Kuku
Ilustrasi memotong kuku. Foto: Shutterstock
Kuku pecah bisa disebabkan oleh kondisi kuku kering serta penggunaan penghapus nail polish yang tidak sesuai. Ini bisa juga disebabkan kebiasaan buruk menggigit kuku. Sering menggunakan kuku sebagai alat untuk menggores, mengikis dan mencongkel juga bisa menjadi menjadi penyebabnya.
Jika Anda mengalami 5 tanda atau sebagian dari tanda di atas, maka ini sudah saatnya Anda melakukan perawatan kuku yang menyeluruh.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan