Woman
·
14 Oktober 2020 19:10

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22994)
Ilustrasi Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan. Foto: Shutterstock
Diet DEBM sedang tren saat ini. Karena itu, Robert Hendrik Liembono, penemu Diet DEBM membagikan sejumlah tips diet DEBM untuk pemula. Program Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) yang sedang populer ini dikenal ampuh menurunkan berat badan dengan cara mudah tanpa perlu olahraga.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal yang utama dalam menjalankan diet ini adalah berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Menurut Robert, karbohidrat merupakan pemicu utama berat badan naik sehingga perlu dihindari dan diganti dengan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.
Meski sekilas terdengar mudah karena hanya sebatas menjaga konsumsi makanan tertentu, nyatanya kamu perlu membiasakan diri untuk memulainya. Supaya tidak bingung, berikut ini simak beberapa tips diet DEBM untuk pemula yang diunggah Robert pada Selasa (13/10) kemarin melalui halaman Facebook Robert Hendrik Liembono.

1. Sarapan dengan telur rebus

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22995)
Ilustrasi telur rebus. Foto: Shutterstock
Dalam diet DEBM memang karbohidrat merupakan sebuah pantangan. Roti, nasi, buah, dan lainnya tidak boleh dimakan karena bisa memicu berat badan naik.
Hendrik Robert Liembono, di IGTV @resep_inspirasi_debm pernah mengatakan kalau ­dia hanya mengonsumsi telur rebus untuk sarapan selama menjalankan program DEBM ini. Menurutnya, sarapan tinggi lemak dan protein tanpa nasi bisa membuat orang menjadi tidak mudah lapar. Bila kamu pecinta keju, makanan ini bisa pula kamu konsumsi sebagai menu sarapan.
ADVERTISEMENT

2. Hindari minuman mengandung gula

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22996)
Ilustrasi minuman soda mengandung banyak gula Foto: dok.shutterstock
Mengutip Healthline, gula tambahan merupakan sumber kalori yang menawarkan sedikit nutrisi bagi tubuh. Biasanya, minuman soda dan lainnya yang mengandung gula cenderung memiliki kalori dalam jumlah tinggi sehingga bisa menyebabkan penambahan berat badan.
Selain itu, minuman dan makanan tinggi gula umumnya rendah akan kandungan protein dan serat yang dapat membuat seseorang sulit puas dan mudah merasa lapar. Hal tersebut nantinya akan mendorong kamu untuk terus mengonsumsi sesuatu meskipun jumlah kalori yang masuk ke tubuh sudah banyak.

3. Konsumsi makanan tinggi lemak dan protein

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22997)
Ilustrasi Daging Ayam Foto: Shutterstock/Bitt24
Robert menyarankan bagi yang melakukan diet DEBM agar menghindari protein nabati yang ada dalam tempe dan tahu. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein hewani, terutama untuk kamu yang baru ingin memulai.
ADVERTISEMENT
Beberapa makanan dengan protein hewani antara lain daging merah, daging ayam, telur, ikan, dan lainnya. Selain itu, kamu hanya boleh mengonsumsi buah alpukat karena memiliki kandungan lemak yang baik untuk kesehatan dan juga kaya akan serat.

4. Minum air mineral secara berkala

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22998)
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Selain menyehatkan tubuh, air mineral diketahui bisa membantu proses penurunan berat badan. Oleh karena itu, orang yang akan melakukan diet DEBM disarankan untuk minum air mineral secara berkala.
Dikutip dari Healthline, 0,5 liter air bisa meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam kurun waktu satu jam dan menyebabkan penurunan berat badan ringan. Tidak hanya itu, minum air mineral sebelum makan juga bisa membantu mengurangi nafsu makan pada orang tua sehingga asupan kalori menjadi berkurang. Kebiasaan ini perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga tubuh sejak dini agar terhindar dari risiko kenaikan berat badan dan obesitas jangka panjang, terutama pada anak-anak.
ADVERTISEMENT

5. Jalan kaki untuk mempercepat proses

5 Tips Diet DEBM Bagi Pemula yang Ingin Turunkan Berat Badan (22999)
Ilustrasi perempuan jalan kaki. Foto: Shutterstock
Diet DEBM memang tidak mewajibkan kamu untuk berolahraga. Namun, bila kamu ingin memperoleh hasil yang maksimal dengan waktu yang lebih singkat disarankan untuk membiasakan jalan kaki selama satu jam per hari.
Faktanya, berjalan kaki bisa membuat jumlah kalori terbakar lebih banyak. Menempuh jarak 1,6km mampu menghilangkan 100 kalori dari dalam tubuh sehingga bisa memaksimalkan program diet DEBM yang kamu lakukan.
Nah, bagaimana Ladies semakin tertarik untuk mulai program ini? Tentunya, tips diet DEBM untuk pemula tersebut perlu dilakukan secara teratur dan konsisten agar hasilnya pun jadi lebih maksimal.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)