Woman12 September 2020 10:27

5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas

Konten Redaksi kumparan
5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas (181195)
5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas. Foto: Shutterstock
Rumah yang berukuran kecil memerlukan trik tersendiri untuk menatanya. Penataan khusus diperlukan supaya ruangan tidak terasa sumpek dan membosankan.
ADVERTISEMENT
Berbagai cara bisa kamu lakukan agar rumah kecil bisa terkesan lebih luas dan nyaman. Salah satunya adalah dengan memilih furniture atau perabotan rumah tangga yang tepat.
Nah, agar lebih memudahkan, kumparanWOMAN telah bertanya secara khusus pada Jalusista Prathama, Interior Stylist dari Dekoruma, tentang cara memilih furniture yang tepat agar rumah kecil bisa tampak lebih luas dan nyaman. Kira-kira apa saja tipsnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Ketahui dengan pasti perabot akan diletakkan di ruangan mana

5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas (181196)
Ketahui dimana furnitur akan diletakkan dan berapa ukuran area yang dimiliki. Foto: Shutterstock
Hal yang satu ini perlu dilakukan agar kamu tidak membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk rumah kecil atau minimalis, biasanya ada yang membagi satu ruangan menjadi dua fungsi. Misalnya di sudut kanan dijadikan ruang keluarga, kemudian di sisi lain untuk ruang tamu.
ADVERTISEMENT
Menurut Jalusista, model ruangan yang seperti itu membutuhkan furnitur seperti bufet, kabinet, atau rak yang bisa juga berfungsi sebagai pembatas ruangan. Dengan begitu, Ladies tetap bisa menyimpan barang-barang dengan rapi, sekaligus tak perlu membeli pembatas ruangan khusus. Jadi bisa lebih hemat tempat.

2. Menata barang dengan rak vertikal dan tempat yang stylish

Biasanya, rumah kecil tidak memiliki banyak tempat untuk menyimpan barang, terutama yang sudah tidak digunakan. Untuk mengatasinya, Ladies bisa memanfaatkan area atau dinding kosong sebagai tempat penyimpanan.
5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas (181197)
Ilustrasi dekorasi rumah dengan cara sederhana. Foto: Shutter Stock
Jalusista menyarankan agar kamu memilih tempat penyimpanannya yang stylish. Sehingga bisa sekaligus menjadi dekorasi ruangan. “Jadi kamu bisa memilih kotak rotan yang sekarang ini lagi tren. Selain bisa mengorganisir barang, tetapi bagus juga untuk dekorasi ruangan karena modelnya yang estetik,” ungkap Jalusista kepada kumparanWOMAN.
ADVERTISEMENT
Selain itu, karena memiliki rumah yang kecil, pastikan kamu memilih rak yang vertikal atau memanjang ke atas. Jadi rumah tetap tampak lebih luas dan rapi.

3. Beli kursi model tertentu agar ruangan tidak tampak penuh

Untuk pembelian kursi ruang makan atau sofa, kamu juga harus memikirkan area yang tersedia di rumah. Kalau memang space ruang tamu sangat terbatas, Jalusista menyarankan agar lebih memilih kursi model ottoman. Jadi bentuknya lebih kecil dan bisa dipindah-pindah. Tetapi kalau tetap ingin memakai sofa, pastikan memilih sofa berkaki supaya ruang tamu yang kecil tampak lebih luas.
5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas (181198)
Pilih sofa atau kursi model minimalis. Foto: Shutterstock
Sedangkan untuk ruang makan, Ladies bisa juga memilih kursi model stole jadi bisa dirapikan dengan mudah di bawah kolong meja. Bentuknya yang lebih ramping juga bisa membuat ruang makan kecil tidak terkesan penuh.
ADVERTISEMENT

4. Tidak mendekorasi rumah dengan motif atau ukiran yang berlebihan

5 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil Agar Tampak Lebih Luas (181199)
Pilih karpet dengan motif yang simple agar ruangan kecil tidak terkesan penuh. Foto: Shutterstock
Ternyata tak hanya ukuran, tetapi motif perabotan juga bisa mempengaruhi suasana di dalam rumah kecil. Oleh karena itu, saat membeli furniture atau barang, hindari pemilihan motif yang rumit. Misalnya jangan membeli meja dengan model ukiran atau hindari juga membeli karpet dengan motif yang rumit, seperti motif-motif Turki.
“Jika memiliki rumah kecil, jangan terlalu banyak diberikan detail yang bisa memberikan kesan berlebihan. Jadi hindari perabotan dengan model ukiran atau motif yang penuh. Usahakan semuanya sederhana atau minimalis,” pungkasnya.
Kalau mau memilih karpet motif, sebaiknya mencari motif yang simpel seperti geometris atau karpet berwarna tetapi polos tanpa motif.

5. Memilih furniture dengan warna terang

Warna juga menjadi salah satu unsur penting yang bisa mengubah rumah kecil jadi tampak lebih luas.
ADVERTISEMENT
“Kebanyakan rumah minimalis atau kecil itu hanya memilih satu warna saja yang mendominasi seluruh ruangan. Dan warna tersebut adalah warna-warna netral yang terang, seperti putih atau abu-abu muda. Hal ini perlu dilakukan agar mood rumah tidak terkesan gelap dan padat,” jelasnya.
Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memilih warna yang pop-up lho. Jalusista menyarankan jika ingin meletakkan furnitur atau dekorasi rumah dengan warna pop-up, cukup letakkan masing-masing satu saja di ruangan. Misalnya di ruang tamu bernuansa netral, Ladies bisa menambahkan bantal warna-warni atau memajang karya seni penuh warna yang bisa jadi pusat atensi ruangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white