5 Tips Merawat Rambut Agar Lebih Sehat di Tahun yang Baru

15 Desember 2022 14:22
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi perempuan dengan rambut berwarna. Foto: metamorworks/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan dengan rambut berwarna. Foto: metamorworks/Shutterstock
Memiliki rambut sehat tentu jadi dambaan setiap perempuan. Tidak heran berbagai cara dilakukan untuk merawat rambut, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan di salon.
Terlebih di momen pergantian tahun, ada banyak resolusi yang ingin dilakukan. Termasuk menjaga kesehatan rambut agar lebih sehat dan bebas dari masalah.
Sayangnya, masih ada yang mengeluhkan permasalahan rambut, terutama bagi yang memiliki rambut berwarna. Masalah yang sering dialami mulai dari rambut kusam, bercabang, kering, mengembang hingga rontok setelah di-bleaching.
Oleh sebab itu, kamu perlu merawat rambut agar tetap sehat dan bebas dari masalah. Jika kamu penasaran, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut.

Tips merawat rambut agar sehat tetap sehat

1. Jangan keramas terlalu sering

Dikutip dari Healthline, keramas terlalu sering dapat menghilangkan sebum atau minyak alami. Padahal minyak alami ini berguna untuk membuat rambut kuat, berkilau, dan sehat.
Selain itu, keramas terlalu sering juga bisa membuat rambut kering dan mudah patah. Sampo dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih.
Ilustrasi keramas. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keramas. Foto: Shutterstock

2. Gunakan kondisioner saat keramas

Kondisioner berguna untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau. Apalagi bagi kamu yang memiliki rambut berwarna, jangan pernah skip menggunakan kondisioner. Sebab kondisioner berguna untuk membentuk lapisan pelindung rambut yang berfungsi mempertahankan hasil pewarnaan.
Kondisioner juga membantu memberikan kelembapan ekstra untuk batang rambutmu sehingga membuatnya lebih halus dan mudah diatur.

3. Rutin pakai vitamin rambut

Vitamin rambut juga jadi perawatan wajib agar rambut lebih sehat dan bebas dari masalah. Vitamin berguna untuk memberikan nutrisi pada batang rambut, terlebih bagi pemilik rambut berwarna yang rambutnya mudah kering dan patah. Vitamin terbaik untuk kesehatan rambut antara lain vitamin B, vitamin D, vitamin E, seng, biotin, dan zat besi.
Cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat. Foto: Shutterstock

4. Hindari paparan sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari secara langsung juga bisa membuat rambut rentan mengalami masalah. Mengutip Heath Cleveland Clinic, sinar UVA dan UVB dapat merusak lapisan luar helai rambut, yang disebut kutikula. Nantinya rambut akan berubah warna menjadi lebih kusam, kering, bercabang dan mudah patah.

5. Pakai heat protection sebelum menggunakan alat styling rambut

Mengutip Style Caster, hal yang paling sering dianggap remeh, namun ternyata sangat memengaruhi kesehatan rambut adalah penggunaan heat protection sebelum menggunakan alat styling rambut.
Heat protection menambah bisa menjadi pelindung rambut sebelum terpapar panas dari alat styling, seperti hairdryer dan catokan. Selain itu, heat protection juga bisa menjaga kelembapan batang rambut dan mencegah rambut patah.

6. Pilih produk yang tepat

Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah memilih produk yang tepat. Mulai dari produk sampo, kondisioner, vitamin, heat protection, hingga produk pewarna rambut.
Nah, bicara soal produk pewarna rambut, kamu bisa mencoba Garnier Color Naturals Ultra Color Fashion Collection, Ladies. Produk ini sudah terjamin aman karena mengandung ammonia dalam batas yang sangat sedikit. Dengan begitu bisa meminimalisir risiko kerusakan akibat pewarnaan rambut.
Garnier Color Naturals Ultra Color Fashion Collection. Foto: Dok. Garnier
zoom-in-whitePerbesar
Garnier Color Naturals Ultra Color Fashion Collection. Foto: Dok. Garnier
Sebaliknya, Garnier Color Naturals Ultra Color Fashion Collection justru mengandung tiga natural oils yang sangat baik untuk kesehatan rambut, yakni Avocado Oil, Sunflower Seed Oil, dan Sweet Almond Oil.
Kamu juga tidak perlu khawatir rambut akan terlihat kusam karena di dalam ini terdapat colorboost formula dan extra shine serum yang bikin tampilan rambut menjadi berkilau. Bahkan juga bisa memperkuat akar rambut, lho.
Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Jangan lupa diterapkan ya, Ladies!