Woman
·
16 Oktober 2020 13:17

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32556)
Pangeran William, Kate Middleton, Meghan Markle, dan Pangeran Harry berjalan menuju St. Mary Magdalene Church, Sandringham, untuk mengikuti misa Natal 2018. Foto: Dok. Meghan Markle Official
Anggota keluarga Kerajaan Inggris kerap dituntut untuk tampil rapi dan sopan dalam menghadiri setiap acara kenegaraan di depan publik. Tak heran, gaya berbusana mereka pun juga sangat diperhatikan.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya Kerajaan Inggris memiliki aturan berbusana sendiri yang harus dipatuhi oleh para anggota keluarga, baik itu Ratu Eizabeth II sendiri, hingga cucu mantu seperti Kate Middleton dan Meghan Markle.
Seperti apakah aturan berbusana yang berlaku untuk para anggota keluarga Kerajaan Inggris? Simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti dilansir dari Harper's Bazaar.

1. Posisi memegang clutch

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32557)
Putri Diana tiba di Galeri Serpentine, London, Juni 1994. Foto: Jayne Fincher/Getty Images
Dalam berbagai foto, Putri Diana tampak sering memegang clutch atau tas kecil di depan dadanya, terutama saat ia turun dari mobil. Hal ini bukanlah kebetulan atau kebiasaan semata. Rupanya ini menjadi trik khusus Putri Diana untuk menutupi belahan dadanya ketika ia merunduk turun dari mobil. Jadi tidak akan ada fotografer atau paparazzi yang bisa mengambil foto bagian belahan dadanya tersebut.
ADVERTISEMENT
Karena itu, clutch berukuran mini pun menjadi koleksi yang wajib ada dalam lemari Putri Diana. Salah satu yang jadi favoritnya adalah clutch dari Anya Hindmarch. Desainer kelahiran Britania Raya ini jadi orang kepercayaan yang ditunjuk Putri Diana untuk merancang clutch sesuai seleranya. Anya bahkan punya julukan khusus untuk clutch milik Putri Diana, yaitu 'Cleavage Clutch'.

2. Stocking dengan perekat

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32558)
Gaya Fashion Terbaik Kate Middleton di 2018. Foto: AFP/Ben Stansall
Salah satu peraturan berbusana kerajaan Inggris mengharuskan perempuan mengenakan stocking pada acara-acara formal. Namun seperti yang sudah kita ketahui, stocking dengan bahan yang sangat tipis ini sangat licin jika dipakai dengan heels atau sepatu lainnya.
Untuk mengatasi hal itu, Kate Middleton, Duchess of Cambridge memiliki cara unik. Ia memilih stocking yang memiliki perekat atau karet silikon di bagian tumit agar kakinya tidak terasa licin saat berjalan. Salah satu brand stocking favorit Kate Middleton adalah brand asal Inggris, John Lewis.
ADVERTISEMENT

3. Bodysuit

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32559)
Penampilan Meghan Markle saat hadiri diskusi The Queen's Commonwealth Trust di Hari Perempuan Internasional. Foto: AFP/TOLGA AKMEN
Agar bajunya selalu tampak rapi dan tidak berantakan, Meghan Markle rupanya punya trik tersendiri. Ia sering mengandalkan atasan model bodysuit agar bajunya tidak berantakan atau keluar-keluar dari celana dan roknya.
Meghan Markle sempat terlihat dua kali mengenakan bodysuit. Pertama, bodysuit tersebut berupa kemeja warna putih yang dipadukan dengan setelan dari Alexander McQueen dan yang kedua bodysuit yang ia kenakan bermodel baju cashmere tanpa lengan dari brand Tuxe asal Amerika Serikat.

4. Hairnet dan sisir kecil

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32560)
Gaya Fashion Terbaik Kate Middleton di 2018. Foto: Instagram @katemiddleton_duchess
Dalam berbagai acara formal kerajaan, terkadang para perempuan diharuskan untuk mengenakan topi. Seperti kami, Anda juga pasti bertanya-tanya; bagaimana caranya topi-topi yang dikenakan para royal tersebut bisa tetap melekat rapi di kepala mereka sepanjang acara?
ADVERTISEMENT
Melansir Harper’s Bazaar, Putri Diana ternyata menjaga agar topi atau fascinator yang dikenakannya tetap rapi dengan mengenakan sisir di dalamnya
Berbeda dengan mendiang ibu mertuanya, Kate Middleton lebih mengandalkan hairnet atau jaring rambut untuk menjaga tatanan rambutnya agar tetap rapi sepanjang hari.

5. Pemberat baju

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32561)
Gaun Kate Middleton dan Meghan Markle. Foto: Dok. Kate Middleton Photos
Pasti Anda ingat beberapa foto Kate Middleton di mana ia tampak kesulitan menjaga gaun atau roknya yang tersingkap karena angin. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan. Karena itu, keluarga kerajaan sejak lama telah mengunakan pemeberat baju pada gaun-gaun yang mereka kenakan.
Stewart Parvin, salah satu penjahit busana Ratu Elizabeth II mengatakan kepada Daily Mail, bahwa ia menjahit pemberat di beberapa baju-baju milik sang ratu agar tidak tertiup angin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, para perempuan kerajaan Inggris biasanya memilih gaun dengan bahan yang berat seperti tweed atau mengenakan gaun berpotongan pensil atau sheath dress untuk menjaganya dari gangguan angin iseng

6. Sepatu dengan ukuran lebih besar dan tambahan alas kaki

6 Aturan Berpakaian Keluarga Kerajaan Inggris agar Tak Terjadi Malfungsi Busana (32562)
Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengunjungi Birkenhead, Inggris. Foto: REUTERS/Carl Recine
Mengenakan sepatu dengan ukuran yang lebih besar ternyata bisa membantu mengurangi risiko kaki lecet akibat terlalu lama mengenakan heels atau sepatu.
Trik memakai sepatu dengan ukuran yang lebih besar ini sudah banyak digunakan oleh aktris-aktris Hollywood. Maka tak heran jika sebagai mantan aktris Meghan Markle menerapkan trik tersebut saat ia menjadi angggota keluarga kerajaan Inggris.
Selain trik ini, cara lain yang bisa membuat kaki tetap sehat adalah mengenakan tambahan sol. Cara ini diterapkan oleh Kate Middleton dalam berbagai kesempatan. Ia seringkali memakai sol kulit dari Alice Bow yang memiliki tambahan cushion pada solnya. Cushion tersebut membuat sepatu terasa lebih empuk dan membuat kaki tidak mudah lelah.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik mencoba trik berbusana ala keluarga Kerajaan Inggris ini?