kumparan
search-gray
Woman21 Juni 2020 19:53

6 Cara Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat

Konten Redaksi kumparan
6 Cara Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat  (136522)
Ilustrasi hidup sehat. Foto: Thinkstock
Menjalani hidup sehat merupakan impian bagi banyak orang, tapi mungkin hanya sedikit yang berhasil melakukannya. Menerapkan hidup sehat memang sulit dilakukan karena sebenarnya kita sudah terbiasa melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja mengkonsumsi junk food, makanan manis, kurang berolahraga, bahkan sengaja tidur larut malam.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya menerapkan gaya hidup sehat tidak rumit, lho. Anda tidak perlu langsung mengubah gaya hidup secara drastis. Mulailah dari hal sederhana terlebih dahulu yaitu seperti tidur cukup hingga banyak minum air putih.
Mengutip laman Health Harvard, sebanyak lima penelitian internasional yang melibatkan lebih dari 500.000 peserta, menemukan bahwa lebih dari setengah kematian disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat. Di antaranya seperti pola makan yang buruk, tidak bergerak aktif, merokok, dan minum alkohol.
Lantas, bagaimana cara sederhana agar mudah menjalani hidup sehat? Berikut kumparanWOMAN jelaskan melansir dari berbagai sumber.

1. Bijak memilih makanan

Mengutip Healthline, diet sehat telah terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi penyakit kronis serta menjaga tubuh tetap bugar. Namun perubahan besar terhadap pola makan sehat terkadang terasa berat. Daripada Anda membuat perubahan besar pola makan, maka lebih baik mulai dari yang sederhana terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Perhatikan makanan Anda selalu dalam prinsip gizi seimbang yang mencakup serat, protein, karbohidrat, dan lemak baik. Jadi Anda bisa mengganti makanan pokok seperti nasi dengan kentang, ubi, atau jagung. Pastikan pula Anda mengolahnya dengan tepat yaitu tidak dengan cara digoreng melainkan direbus, dikukus, dan ditumis.
Lakukan ini secara perlahan. Jika misalnya Anda sudah terbiasa mengonsumsi makanan semacam junk food, maka mulailah diselingi dengan makanan sehat. Misalnya pagi sarapan sehat, siang dan malam bebas. Lalu keesokannya sarapan dan makan siang dengan lauk sehat. Lakukan terus secara bertahap sampai Anda terbiasa mengonsumsi makanan sehat secara terus menerus.

2. Rajin olahraga dan aktif bergerak

Saat ini mudah sekali untuk berolahraga dengan instruktur yang memandu baik secara langsung mau jarak jauh menggunakan aplikasi. Dengan kemudahan ini Anda bisa berolahraga kapanpun dan di manapun, atau melakukan olahraga apapun yang Anda sukai. Usahakan dalam seminggu Anda bisa berolahraga dua sampai tiga kali. Bila belum terbiasa, bisa dimulai dari seminggu sekali dulu.
6 Cara Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat  (136523)
Ilustrasi Perempuan Jalan Kaki Foto: Shutterstock/siam.pukkato
Meski demikian, untuk bergerak aktif jangan menunggu waktu olahraga saja, ya. Tetap jadikan tubuhmu bergerak aktif, mulai dari kerap membereskan rumah, ataupun berjalan santai. Jika sedang berada di kantor seharian cobalah untuk lebih sering memilih menaiki tangga ketimbang naik eskalator atau lift. Atau, bisa juga dengan meluangkan waktu untuk berjalan kaki.
ADVERTISEMENT
Terbiasa bergerak aktif manfaatnya sangat banyak, salah satunya dapat membakar kalori yang mengendap di dalam tubuh. Selain itu, aktif bergerak mampu membantu mengalirkan darah lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh sehingga tetap sehat.

3. Mengurangi konsumsi gula

Anda termasuk pecinta makanan dan minuman manis? Sebaiknya mulai dikurangi ya, karena sering menikmati makanan dan minuman manis dapat menimbulkan risiko kesehatan di antaranya obesitas hingga merusak jantung. Menurut studi yang dilakukan pada 2013, kadar gula tinggi tidak hanya menjadi penyakit diabetes saja, tetapi juga meningkatkan risiko kerusakan jaringan otak yang bisa menyebabkan Alzheimer.
Jadi bila Anda menyukai makanan manis, mulailah menggantinya dengan pemanis alami seperti madu, kayu manis, atau buah-buah yang memiliki rasa manis. Selain mencegah obesitas, cemilan sehat semacam itu akan membuat tubuh terasa bugar.
ADVERTISEMENT
"Buah mengandung sejumlah gula yang dalam proporsi lebih baik dengan jumlah serat dan nutrisi lain di dalamnya,” ucap Nicole Avena, PhD, author of Why Diets Fail (Because You're Addicted to Sugar), dikutip Health.

4. Banyak minum air putih

Tubuh kita mengandung 60 persen air, maka untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita dianjurkan minum delapan gelas air sehari. Ini perlu dilakukan karena cairan tubuh dapat berkurang melalui urin, keringat, bahkan saat bernapas. Hal ini sebenarnya mudah sekali dilakukan, tapi ada banyak orang yang lebih menyukai minuman manis dibandingkan air putih.
6 Cara Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat  (136524)
Ilustrasi orang Jepang minum air putih Foto: dok.shutterstock
Padahal banyak sekali manfaat yang didapat tubuh ketika Anda minum air putih yang cukup, di antaranya melembapkan kulit, mengontrol kalori, memberi energi, hingga menjaga fungsi usus agar tidak sembelit. Supaya bisa lebih sering minum air putih, bawalah botol minum sendiri ke manapun agar Anda tidak mudah tergoda membeli minuman manis ketika merasa haus.
ADVERTISEMENT

5. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan bahkan sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Tidur yang cukup juga merupakan hal paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Sebab kurang tidur memberikan efek negatif yang cukup serius pada tubuh yaitu menurunkan performa seks, daya ingat, hingga mempercepat penuaan dini.

6. Mengelola stres

Terlalu merasa stres dapat mengganggu kesehatan tubuh, dari menstruasi yang tidak teratur, insomnia, bahkan gula darah naik. Ini semua terjadi karena hormon yang naik turun. Jadi penting sekali untuk berpikir positif karena dapat menjaga kondisi tubuh dan mental tetap sehat.
Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan rasa stres, dari mulai melakukan olahraga, menulis jurnal, atau menceritakan apa yang Anda rasakan pada orang terdekat. Olahraga yoga juga dikenal untuk melepas stres, Anda dapat melakukannya di rumah melalui video Youtube atau media lainnya.
ADVERTISEMENT
Tidak terlalu sulit kan, untuk melakukan hidup sehat? Yuk, kita mulai gaya hidup sehat dimulai dari hal kecil.
--
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white