Woman
·
4 November 2019 17:55

6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37632)
Ilustrasi tanaman dalam ruangan Foto: Shutterstock
Menciptakan rumah yang sejuk dan asri bisa dilakukan dengan meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Untuk pemilihan tanamannya, Ladies bisa memanfaatkan tanaman hijau yang tidak hanya bisa mempercantik dekorasi rumah tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Menurut penelitian dari NASA, ada beberapa tanaman hijau yang bisa membersihkan udara dari racun-racun yang dihasilkan oleh perabotan, cat, hingga skin care yang kita gunakan. Selain itu, memanfaatkan tanaman sebagai air-purifying juga bisa menghemat penggunaan energi di rumah karena Anda tidak perlu menggunakan alat air-purifying elektrik.
Bagi Ladies yang ingin menjaga kesehatan udara di rumah, berikut kumparanWOMAN berikan enam rekomendasi tanaman hijau yang tidak hanya cantik jika dijadikan pajangan tetapi juga mampu membersihkan udara di rumah dari racun-racun jahat. Apa saja?
Tanaman Karet
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37633)
Tanaman karet. Foto: Unsplash
Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA terkait tanaman yang bisa membersihkan udara, tanaman karet merupakan salah satu yang bisa membantu menyerap udara beracun dalam ruangan.
ADVERTISEMENT
Daunnya yang lebar ternyata mampu menyerap racun di udara dan melawan penyakit yang kerap menyerang di iklim tropis dan parasit. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa jenis racun di udara yang bisa diserap tanaman karet adalah formaldehyde yang biasa ditemukan pada produk pembersih dan perabotan rumah tangga.
Jika Ladies memiliki tanaman ini di rumah, cukup bersihkan daunnya seminggu sekali dari debu menggunakan handuk atau kain basah. Supaya pori-porinya tidak tertutup dan bisa menyerap racun di udara secara maksimal.
Boston Fern atau Pakis Boston
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37634)
Boston Fern. Foto: dok. @pokoksegak/ Instagram
Tanaman berjari ini memiliki kemampuan utama menyerap polusi di udara. Maka tak heran jika pakis boston atau yang biasa dikenal dengan pakis gantung ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai tanaman hias baik di teras rumah atau di halaman.
ADVERTISEMENT
Tanaman pakis gantung bisa menangkal racun yang berasal dari bahan toluene yang biasa digunakan pada pembuatan cat rumah dan xylene yang ada pada bahan kulit. Dua bahan kimia tersebut disinyalir bisa menyebabkan sakit kepala, gangguan pernafasan, dan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sel kanker jika terhirup oleh tubuh kita setiap hari.
Areca Palm
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37635)
Tanaman palem. Foto: Shutterstock
Penelitian dari NASA yang dirilis pada 1989 menyatakan bahwa tanaman palem Areca menjadi salah satu tanaman pembersih udara yang paling kuat. Terutama untuk kemampuannya dalam menghilangkan racun formaldehyde yang ada dalam ruangan rumah Anda.
Selain itu, salah satu varian tanaman palem ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Menurut situs The Joy of Plants (sebuah inisiasi untuk mengkampanyekan tanaman di Eropa), Areca Palm merilis cairan ke udara pada malam hari.
ADVERTISEMENT
Sehingga, ketika Anda meletakkannya di kamar, tanaman ini akan membantu saluran pernafasan menjadi lebih longgar, sehingga bisa lebih mudah bernafas saat tidur. Areca Palm sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang flu dan pilek atau bahkan menderita sinusitis.
Peace Lily atau Lily Damai
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37636)
Lily Damai. Foto: Pixabay
Tanaman yang berbunga putih ini tak hanya cantik jika diletakkan dalam ruangan, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Penelitian dari NASA menyebutkan bahwa Lily dapat memfilter racun seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene (TCE), xylene, toluene, dan amonia yang tersebar di udara pada ruangan tertutup.
Tak hanya itu, Lily Damai juga dapat menghilangkan jamur di udara yang bisa memperburuk alergi dan gejala asma. Dalam bukunya, Jon VanZile, seorang ahli kesehatan dan penulis buku Houseplants for Healthy Home, menyarankan agar Anda meletakkan Lily Damai ini di dalam kamar mandi untuk mengurangi pertumbuhan jamur di udara. Sebab kamar mandi merupakan area yang paling lembap di dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Lidah Mertua
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37637)
Tanaman lidah mertua Foto: Shutterstock
Tanaman yang sering kita jumpai di jalanan kota ini memiliki nama yang unik, yaitu lidah mertua.Peletakkan lidah mertua di trotoar jalanan bukan tanpa maksud. Tanaman yang memiliki ujung runcing ini ternyata dapat menyerap debu, polusi, karbondioksida, dan racun-racun yang ada di udara.
Selain itu, lidah mertua juga bisa menyerap senyawa-senyawa berbahaya di udara yang biasanya dihasilkan oleh perlengkapan rumah tangga. Lidah mertua juga menghasilkan banyak oksigen saat malam hari. Jadi tanaman ini sangat kaya akan manfaat bila diletakkan di kamar karena oksigen yang dihasilkan membuat kita bisa tidur dengan lebih nyenyak dan tanaman ini juga bisa menyerap racun di udara yang berasal dari skin care atau parfum kita.
ADVERTISEMENT
Lebih dari itu, Lidah Mertua juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, yaitu untuk menyembuhkan luka dan mengatasi iritasi. Rebus daunnya kurang lebih 20 menit, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terluka dan iritasi.
Tanaman Philodendron
6 Tanaman Hijau yang Bisa Bersihkan Udara di dalam Rumah (37638)
Philodendron. Foto: dok. Instagram
Tanaman hijau yang memiliki daun berbentuk seperti hati ini banyak sekali kita jumpai. Tak hanya dijadikan sebagai tanaman hias di rumah, philodendron juga diletakkan pada sudut-sudut cafe untuk memberikan kesan hijau dan sentuhan yang estetik.
Namun tahukah Anda jika ternyata fungsi tanaman ini tidak hanya memperindah ruangan? Ya, tanaman philodendron juga berfungsi untuk menyerap polutan di udara. Salah satunya adalah zat polutan yang dihasilkan oleh perabot rumah tangga seperti busa dan karpet yang jika dihirup setiap hari bisa berpotensi menjadi pemicu kanker.
ADVERTISEMENT
Tertarik mempercantik ruangan dengan philodendron? Tanaman hijau ini bisa diletakkan di ruang tamu atau ruangan lain yang memiliki perabotan seperti sofa dan karpet.