Woman
·
20 September 2020 10:15

6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen (101722)
6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen. Foto: Shutterstock
Ladies, dari sekian banyak orang yang pernah kamu temui, mungkin ada beberapa di antaranya yang sangat ingin kamu hindari. Bukan karena orang ini tidak pantas untuk diajak berteman, tetapi karena kamu malas berbicara dengannya. Dari 16 tipe kepribadian Myers Briggs Type Indicator, terdapat 6 di antaranya yang disebut tidak mau kalah saat berargumen sehingga orang cenderung menghindari mereka.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, mereka selalu menyampaikan argumen berdasarkan data sehingga orang lain tidak bisa membantah mereka. Lantas, apa saja tipe kepribadian yang memiliki sifat ini? Yuk simak penjelasan berikut, seperti dilansir dari Bustle.
6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen (101723)
Ilustrasi ENFP yang tidak mau mengalah saat berdebat. Foto: Shutterstock

1. ENFP

Extraversion, Intuition, Feeling, Perception (ENFP) tidak ragu untuk bertengkar dengan orang lain. Mereka memang suka berdebat karena ingin mengatasi kebosanan.
Kamu harus siap-siap mendengar ocehan ENFP karena mereka terkadang suka menggurui dan bertindak seolah paling benar. Selain itu, ENFP hebat membuat lawan bicaranya menjadi tidak yakin dengan diri sendiri. Mereka punya keyakinan terhadap diri sendiri dan pemikirannya sehingga membuat orang lain dengan mudah terpengaruh pola pikir ENFP.

2. INTJ

Introversion, Intuition, Thinking, Judgment (INTJ) senang berdebat dan tidak akan pernah menghindari perdebatan. Berargumen adalah salah satu hal yang mereka sukai sehingga sekali memulai akan berlangsung cukup lama bila bersama INTJ. Meskipun tipe ini terbuka dengan pendapat orang lain, mereka tidak akan menyerah sampai bisa memengaruhi lawan bicaranya.
ADVERTISEMENT
INTJ sering memenangkan argumen karena kemampuannya menghasilkan ide-ide yang unik dan kerap kali sulit dimengerti oleh orang lain. Namun, bila kamu bisa membuktikan pada INTJ kalau kamu bisa dipercaya, INTJ pada akhirnya akan mengakui kemampuan kamu.
6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen (101724)
Ilustrasi berdebat dan berdiskusi. Foto: Shutterstock

3. ENTJ

Bila kamu tidak mau terlihat bodoh di mata orang lain, hindari orang dengan tipe kepribadian Extraversion, Intuition, Thinking, Judgment atau ENTJ. Mereka senang berargumen dan membuat orang lain merasa direndahkan. Kalau kamu mengatakan sesuatu yang keliru, mereka tidak akan segan menegur kamu.
Tak jarang berargumen dengan ENTJ hanya akan membuat lawan bicaranya menangis. ENTJ memang punya jiwa kepemimpinan yang alami dengan pengetahuan yang luar biasa sehingga orang lain jarang meragukan tipe ini. Selain itu, ENTJ memang memiliki kesan yang kuat dan percaya diri. Hal itu yang membuat tak ada satupun orang yang meragukan validitas argumennya.
ADVERTISEMENT

4. ENTP

Tipe kepribadian ini senang terlibat dalam perdebatan dan mereka akan melihat seberapa jauh dirinya bisa bertahan adu argumen dengan orang lain. Mereka memiliki intuisi yang tak tertandingi dan selalu penasaran dengan kelemahan orang di sekitarnya.
Extraversion, Intuition, Thinking, Perception (ENTP) bisa dengan cepat menjatuhkan orang lain melalui argumen sehingga membuat orang tersebut kerap mempertanyakan kemampuannya sendiri. Meski kadang orang tahu kalau ENTP dalam posisi yang salah, mereka lebih memilih untuk keluar dari percakapan tersebut agar merasa lebih aman.
6 Tipe Kepribadian yang Tidak Mau Kalah Saat Berargumen (101725)
Ilustrasi perempuan berdebat di kantor. Foto: Shutterstock

5. ESTJ

Beradu argumen bersama ESTJ bisa memanas dengan cepat. Mereka sering menjadi frustrasi dengan orang lain bahkan sebelum mulai berbicara. Tipe ini termasuk orang yang blak-blakan dan bisa dilihat dengan jelas oleh lawan bicara ketika ESTJ tidak sependapat. Tipe ini memang tidak keberatan bila harus terlihat agresif.
ADVERTISEMENT
Extraversion, Sensing, Thinking, Judgment (ESTJ) juga sosok yang realistis, tegas, dan cepat membuat keputusan. Saat akan berargumen, tipe ini biasanya akan menyusun rencana terlebih dulu hingga tidak ada orang yang bisa membantahnya.

6. ISTP

Tipe kepribadian ini memiliki niat baik, tetapi sering disalahpahami. Mereka sering kali terkesan kasar dan meremehkan lawan bicara saat diajak berdiskusi. Jika mereka berpikir sesuatu yang kamu katakan salah, tipe ini tidak akan ragu mengambil alih pembicaraan. Argumen akan berlangsung dengan cepat karena ISTP akan mengakhirinya bahkan sebelum kamu menyampaikan maksud dari perkataanmu itu.
Selain itu, saat berargumen ISTP selalu menambahkan data sehingga tidak dapat dibantah orang lain. Introversion, Sensing, Thinking, Perception (ISTP) juga tidak suka konflik sehingga ia cenderung memilih perdebatan yang sudah pasti bisa dimenangkan.
ADVERTISEMENT
Penulis: Adinda Cindy Lapod