Woman
·
9 Agustus 2020 11:11

7 Cara Membersihkan Kipas Angin agar Bebas Debu & Tidak Cepat Rusak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Cara Membersihkan Kipas Angin agar Bebas Debu & Tidak Cepat Rusak (82244)
Ilustrasi Membersihkan Kipas Angin Foto: Shutterstock
Selain AC, kipas angin menjadi salah satu alat yang paling diandalkan untuk mengusir rasa panas atau gerah di dalam rumah. Itu karena alat ini sangat praktis dan terbilang ekonomis. Selain itu, perawatan kipas angin juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur, jika ada debu yang menempel di baling-balingnya.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal perawatan kipas angin, sebaiknya Anda tidak perlu menunggu debu yang menumpuk di permukaan kipas baru dibersihkan. Sebab, debu-debu yang menempel pada kipas angin itu biasa tertiup kembali ke udara dan terhirup ke penghuni rumah. Hal ini tentu tidak baik, karena bisa memicu alergi dan gangguan pernapasan.
Karena itulah, bersihkan kipas angin secara teratur minimal satu bulan sekali. Namun, bagaimana cara membersihkan kipas angin dengan benar? Berikut kumparanWOMAN rangkum beberapa tipsnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Cabut kabel

Langkah pertama saat membersihkan kipas angin adalah memastikan kipas angin sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Hal ini tentu sangat penting agar tidak terjadi korsleting pada saat tahapan pembersihan. Jika sudah, diamkan beberapa saat untuk menghilangkan panas pada mesin.
ADVERTISEMENT

2. Siapkan alat

Selanjutnya, siapkan alat-alat untuk membersihkan kipas angin. Peralatan yang wajib Anda siapkan adalah kain lap (kering dan basah), obeng, sabun, sponge, dan sapu untuk membersihkan debu-debu yang berjatuhan.
Saat membersihkan kipas angin, pastikan Anda memakai masker wajah, ya Ladies! Hal ini bertujuan untuk melindungi pernapasan Anda dari debu-debu yang berterbangan saat tahapan pembersihan nanti.

3. Lepas penutup baling-balingnya

Sebelum memulai tahapan pembersihan, pastikan Anda melepas bagian penutup baling-baling dengan membuka sekrupnya menggunakan obeng. Saat melakukan tahapan ini, lakukan dengan hati-hati, ya Ladies! Anda juga bisa meminta tolong orang lain untuk memegangi isi penutupnya agar tidak terjatuh setelah sekrup terlepas.
Namun jika Anda melakukan tahapan ini sendirian, lepaskan penutup baling-baling dengan posisi kipas angin terbaring. Baringkan kipas angin secara perlahan, agar tidak terguncang dan rusak.
ADVERTISEMENT

4. Bersihkan penutup baling-baling dengan air

7 Cara Membersihkan Kipas Angin agar Bebas Debu & Tidak Cepat Rusak (82245)
Ilustrasi Membersihkan Kipas Angin Foto: Shutterstock
Jika penutup baling-baling sudah terlepas, saatnya untuk membersihkan. Agar lebih mudah, Anda bisa menyiram penutup baling-baling secara menyeluruh menggunakan kran air atau shower.
Tekan air pada kran atau shower untuk membuat debu yang menempel luruh dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan sponge dan juga sabun agar lebih bersih dan higienis. Jika sudah, diamkan penutup baling-baling hingga kering sempurna.

5. Bersihkan baling-baling

7 Cara Membersihkan Kipas Angin agar Bebas Debu & Tidak Cepat Rusak (82246)
Ilustrasi Membersihkan Kipas Angin Foto: Shutterstock
Setelah membersihkan penutup baling-baling, Anda bisa beralih membersihkan bagian baling-baling kipas angin. Tahapan ini sangat penting, sebab debu-debu biasanya akan menumpuk di bagian ini.
Jika Anda ragu melepas baling-baling kipas angin, cukup bersihkan debunya dengan lap atau kain basah. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga kering sempurna. Namun jika Anda bisa mencopotnya, bersihkanlah debu dengan sapu kecil atau vacuum cleaner. Setelah itu, siram dengan air dan cuci menggunakan sabun pembersih. Sebelum dipasang kembali, keringkan baling-baling menggunakan lap hingga kering.
ADVERTISEMENT

6. Lap bagian kepala dan seluruh badan kipas

Cara membersihkan kipas angin selanjutnya adalah membersihkan bagian belakang, kepala, dan seluruh badan kipas angin. Saat membersihkan bagian ini, singkirkanlah debu-debu yang menumpuk dengan lap kering, lalu bersihkan kembali dengan lap basah. Setelah itu, lap kembali bagian tersebut dengan kain kering.

7. Pasang kembali penutup baling-baling

7 Cara Membersihkan Kipas Angin agar Bebas Debu & Tidak Cepat Rusak (82247)
Ilustrasi Kipas Angin Foto: Shutterstock
Jika semua bagian telah bersih dan juga kering, Anda bisa memasang kembali penutup baling-baling. Jika Anda kesulitan untuk memasang bagian ini, Anda bisa meminta tolong orang lain. Pastikan untuk memasang bagian ini dengan benar dan juga selalu berhati-hati agar kipas angin tidak sampai rusak, ya Ladies!
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT