Woman
·
27 April 2021 19:27

7 Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Selatan Pertama yang Raih Piala Oscar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Selatan Pertama yang Raih Piala Oscar (701723)
searchPerbesar
Youn Yuh Jung, aktris Korea Selatan pemenang Oscar 2021. Foto: Quil Lemons/The Academy
Aktris Korea Selatan Youn Yuh Jung tengah menjadi perbincangan hangat sejak diumumkan sebagai peraih Piala Oscar 2021. Ia berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best Supporting Actress dalam perannya di film Minari.
ADVERTISEMENT
Aktris 73 tahun ini berhasil mengalahkan tiga nominasi lainnya yaitu Maria Bakalova, Olivia Colman, dan Amanda Seyfried. Ia juga mengalahkan aktris senior Hollywood, Glenn Close yang tampil apik di film Hillbilly Elegy. Youn Yuh Jung juga menjadi aktris Korea pertama yang menerima penghargaan ini.
"Aku dari Korea dan banyak orang salah menyebut namaku. Tapi, tenang saja, malam ini kalian semua aku maafkan. Aku benar-benar tidak percaya bisa ada di sini sekarang," ungkap Youn sambil berkelakar di atas panggung saat menerima penghargaan.
Ladies, sebagian dari kamu mungkin belum banyak yang tahu tentang Youn Yuh Jung. Namun ternyata, kiprahnya sebagai aktris kenamaan Korea Selatan sudah dimulai sejak tahun 1967 silam lalu.
Berikut kumparanWOMAN rangkum fakta menarik tentang Youn Yuh Jung yang mendapatkan Piala Oscar pertamanya di usia 73 tahun. Apa saja?
ADVERTISEMENT

1. Tak sengaja jadi aktris

7 Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Selatan Pertama yang Raih Piala Oscar (701724)
searchPerbesar
Youn Yuh Jung. Foto: Peter Ashlee
Yuh Jung lahir dan besar di Seoul awalnya tidak terpikir ingin menjadi aktris. Namun saat bekerja paruh waktu di stasiun televisi, ia ditawari untuk mencoba berakting. Akhirnya, ia debut perdana sebagai aktris dalam drama Mister Gong yang tayang pada 1967 lalu. Saat itu, ia baru berusia 20 tahun.

2. Banyak dapat penghargaan dalam dunia perfilman Korea Selatan

Meski baru pertama kali meraih piala Oscar, rupanya kiprah perempuan kelahiran 1947 ini sudah tak diragukan lagi dalam industri perfilman Korea Selatan. Sejak debut pada 1967 hingga saat ini, ia sudah banyak mendapatkan penghargaan. Salah satu penghargaan yang diterimanya adalah Best New Talent di TBC Drama Awards pada 1969. Hingga saat ini, ia telah lima kali mendapatkan penghargaan aktris terbaik.
ADVERTISEMENT

3. Menikah dan pindah ke Amerika

Sukses bermain drama dan film, Youn Yuh Jung menikah dengan penyanyi Korea Selatan bernama Jo Young Nam pada 1975 lalu. Kemudian ia pindah ke Amerika Serikat dan tinggal selama 12 tahun di sana.
Namun sayang, ia dan suaminya memutuskan untuk bercerai pada 1987. Saat itulah, Youn Yuh Jung berniat untuk kembali ke dunia akting dan pulang ke Korea Selatan.

4. Sempat kesulitan membangun karier usai bercerai

Ketika berniat pulang ke Korea dan ingin berkarier lagi sebagai aktris, saat itu respons yang didapatkan cukup beragam. Pasalnya, stigma perempuan bercerai masih sering dianggap sebelah mata pada kala itu. Namun Youn Yuh Jung yakin bahwa ia bisa kembali berakting lagi dengan keahlian dan semangat yang dimilikinya. Terbukti, setelah kembali ke dunia akting ia berhasil mendapatkan peran pada film Be a Wicked Woman (1990).
ADVERTISEMENT

5. Punya program reality show

Saat sedang tidak berakting, Youn Yuh Jung tetap akting di dunia hiburan. Ia memiliki program reality show bernama Youn's Kitchen yang tayang pada 2017-2018 lalu. Dalam program ini, ia membuka restoran Korea di luar negeri dan mengenalkan masakan Korea kepada penduduk lokal. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan mengajak beberapa selebriti Korea populer seperti Park Seo Jun dan Jung Yumi.

6. Aktris Korea pertama yang raih Piala Oscar

7 Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea Selatan Pertama yang Raih Piala Oscar (701725)
searchPerbesar
Youn Yuh-jung tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via Reuters
Ibu dua anak ini juga menjadi aktris Korea pertama yang meraih Piala Oscar dalam perannya sebagai nenek Soonja di film Minari. Selain meraih piala Oscar, ia juga menyabet penghargaan di BAFTA 2021 sebagai aktris pendukung terbaik.
Hal ini sangat membanggakan untuk industri perfilman Korea Selatan, mengingat Yuh Jung mendapatkan penghargaan di usia 73 tahun. Sebelumnya, sutradara film Parasite, Bong Joon Ho juga meraih Oscar 2020 lalu sebagai sutradara terbaik.
ADVERTISEMENT

7. Punya kepribadian humoris

Selama berkarier di dunia akting, Youn Yuh Jung dikenal sebagai pribadi yang humoris. Ia bahkan tak segan mengajak para staf dan aktor lainnya untuk bersenda gurau dan mengobrol bersama. Sosoknya yang ramah kepada siapapun menjadi teladan oleh banyak aktris dan aktor muda lainnya, sehingga tak heran Yuh Jung banyak dijadikan role model oleh para juniornya.