Woman11 September 2020 13:20

7 Tips Mengadakan Virtual Bridal Shower Agar Terasa Seru & Berkesan

Konten Redaksi kumparan
7 Tips Mengadakan Virtual Bridal Shower Agar Terasa Seru & Berkesan (316413)
Ilustrasi Virtual Bridal Shower Foto: swaine88
Calon pengantin biasanya memiliki serangkaian acara sebelum menikah, salah satunya adalah bridal shower. Tradisi yang sedang tren ini biasanya digagas oleh teman-teman calon pengantin, sebagai perayaan sebelum menikah. Selain menyenangkan, acara ini juga menjadi sebuah momen tersendiri bagi teman-teman untuk menunjukkan rasa cinta dan kepedulian satu sama lain.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi Ladies yang ingin mengadakan bridal shower namun khawatir karena tak bisa merayakan di restoran atau tempat umum karena pandemi COVID-19, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengadakan virtual bridal shower. Sesuai namanya, acara bridal shower ini dilangsungkan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi seperti video call.
Meski dilangsungkan secara virtual, namun acara ini juga masih bisa tetap seru dan berkesan, jika Anda merencanakan semuanya dengan matang. Lalu, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengadakan virtual bridal shower? Berikut kumparanWOMAN berikan beberapa tipsnya.

1. Pilih platform video call yang sesuai dengan jenis perayaan

Platform menjadi salah satu kunci utama saat menggelar acara virtual. Saat ini, ada banyak sekali jenis platform video call yang bisa Anda pilih untuk mengadakan virtual bridal shower; seperti Zoom, Google Hangout, Microsoft Team, hingga Skype.
ADVERTISEMENT
“Pastikan Anda memilih jenis platform video call yang paling sesuai dengan jenis perayaan yang Anda rencanakan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih platform Zoom atau Skype yang paling mudah dan bisa menampung banyak undangan,” kata Gisela Setyawan, Head of Wedding Service Bridestory, kepada kumparanWOMAN.

2. Pilih tema acara

Setelah memilih jenis platform, selanjutnya adalah menentukan tema virtual bridal shower. Saat menentukan tema ini, pastikan Anda mendiskusikannya dengan calon pengantin agar acara yang diadakan sesuai dengan keinginannya. Penentuan tema ini juga bisa memudahkan pemilihan dress code hingga dekorasi acara.

3. Tetapkan dress code agar acara semakin meriah

7 Tips Mengadakan Virtual Bridal Shower Agar Terasa Seru & Berkesan (316414)
Ilustras Dress Code Foto: Shutterstock
Saat mengadakan acara virtual bridal shower, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan dress code yang akan dipakai para peserta. Selain lebih seru, menetapkan dress code juga bisa membuat acara virtual bridal shower semakin lebih meriah. Ada beberapa tema dress code yang bisa Anda pilih; seperti luxury pajamas, dressy casual, hingga polkadot.
ADVERTISEMENT

4. Jangan lupa dengan dekorasi

Dekorasi merupakan salah satu elemen penting saat mengadakan acara bridal shower. Saat mengadakan acara bridal shower secara virtual, Anda bisa mempersiapkan desain virtual background yang cantik. Setelah mempersiapkan desain virtual background, Anda bisa mengirimkan desain tersebut kepada peserta atau tamu yang hadir agar mereka bisa menggunakannya saat acara.
“Atau jika dekorasinya ingin lebih meriah, Anda juga bisa menyiapkan dan mengirimkan properti dekorasi ke rumah masing-masing peserta. Nantinya, mereka bisa menyusun dan membingkai properti dekorasi itu sendiri-sendiri di rumah,” tambah Gisela.

5. Jangan lupa kirim e-invitation

Selanjutnya, jangan lupa juga kirimkan undangan virtual (e-invitation) kepada para peserta yang hadir saat acara virtual bridal shower. Ladies, saat hendak mempersiapkan e-invitation pastikan Anda mencantumkan detail informasi penting; seperti waktu, link video call, susunan acara, hingga dress code. Hal ini dilakukan agar para peserta bisa mengetahui gambaran acara virtual bridal shower.
ADVERTISEMENT

6. Atur pengiriman makanan kepada setiap peserta yang hadir

Saat menggelar virtual bridal shower, jangan lupa untuk mempertimbangkan pengiriman makanan kepada peserta yang hadir sebelum acara. Hal ini bertujuan untuk membuat acara terasa lebih seru dan berkesan. Ada beberapa rekomendasi makanan atau minuman yang bisa Anda kirimkan kepada peserta; seperti teh, kopi, ragam jenis kue, hingga pizza.

7. Buat acara streaming dengan beragam games dan aktivitas seru

Yang terakhir, buatlah acara streaming dengan beragam games dan aktivitas seru. Ada beberapa aktivitas atau games yang bisa Anda coba saat acara virtual bridal shower; seperti kuis sederhana, tebak film, hingga pengetahuan soal sang pengantin.
Event atau games selama virtual bridal shower bisa membuat acara semakin seru dan berkesan. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menjadi salah satu cara untuk bonding dengan teman-teman,” tutup Gisela.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white