Woman17 September 2020 11:23

Amankah Essential Oil Jika Dioleskan ke Kulit?

Konten Redaksi kumparan
Amankah Essential Oil Jika Dioleskan ke Kulit? (12403)
Ilustrasi Essential Oil Foto: Shutterstock
Popularitas essential oil atau minyak esensial kian melambung dalam beberapa waktu terakhir. Essential oil sendiri merupakan minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman tertentu, dan biasanya didapatkan dari akar, batang, dan, bunga, hingga buah-buahan.
ADVERTISEMENT
Kini banyak orang memanfaatkan minyak esensial untuk beragam kepentingan; seperti obat, terapi, kesehatan, hingga kecantikan. Selain itu, minyak ini juga kerap digunakan dengan berbagai cara; ada yang dihirup lewat diffuser atau aromaterapi untuk mendapatkan sensasi rileks, hingga ada juga yang langsung dioleskan ke kulit.
Nah, berbicara soal cara yang terakhir yaitu dioleskan langsung ke kulit, tak sedikit orang masih bingung apakah minyak esensial ini aman jika langsung dioleskan ke kulit? Selain itu, apakah minyak esensial ini juga tidak akan menimbulkan alergi?
Amankah Essential Oil Jika Dioleskan ke Kulit? (12404)
Essential oil. Foto: Shutterstock
Menurut Medical Doctor sekaligus TV Host, dr. Reinita Arlin Baskoro, ternyata sampai saat ini belum ada jurnal yang mengatakan bahwa essential oil bisa membuat alergi, yang ada hanyalah sensitivitas.
ADVERTISEMENT
“Reaksi sensitivitas itu memang bisa terjadi pada seseorang, tapi itu berbeda-beda. Maksudnya, range sensitivitas setiap orang itu berbeda-beda tergantung dengan pemakaiannya gimana,” kata dr. Reinita dalam acara Trulife Virtual Launching, pada Selasa (15/9).
Untuk mengetahui apakah seseorang sensitif atau tidak dengan produk essential oil, dr. Reinita menyarankan untuk mengetes terlebih dahulu produknya pada bagian lengan bawah.
“Setelah dites, Anda harus melihat apakah produk tersebut menimbulkan alergi atau tidak. Jika aman alias tidak menimbulkan alergi, silahkan dilanjutkan pemakaiannya,” tambahnya.
Menurut dr. Reinita, yang paling penting saat hendak mengoleskan produk essential oil ke kulit adalah membaca dulu aturan pakainya. “Dibaca dulu apakah produk itu boleh dioleskan ke kulit atau tidak. Sebab, tak semua produk essential oil bisa dioleskan ke kulit,” tutup dr. Reinita.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white