kumparan
26 Oktober 2019 11:49

Angela Tanoesoedibjo, Perempuan Termuda di Kabinet Indonesia Maju

Angela Tanoesoedibjo
Angela Tanoesoedibjo. Foto: dok. @angelatanoesoedibjo/ Instagram
Putri Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo, dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini disampaikan langsung oleh Angela usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (25/10).
ADVERTISEMENT
Dengan posisinya tersebut, Angela Tanoesoedibjo akan bekerja bersama Menteri Wishnutama di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menurut laporan kumparanNEWS, sebagai wakil menteri terpilih, Jokowi memberi arahan kepada Angela untuk membangun 10 destinasi wisata dan menjadikan lima daerah sebagai prioritas dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif.
Memiliki usia yang paling muda di antara jajaran menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju, perempuan 32 tahun ini merasa yakin bisa menjalankan tugas dengan optimal karena sudah memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang.
Angela Tanoe, Istana Kepresidenan
Angela Tanoe tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
“Saya punya background manajemen di bidang media dan berbagai bidang lainnya seperti ritel dan finance. Semoga ini dapat membantu saya untuk bisa bekerja secara kreatif, cepat, dan efisien,” tutur Angela seperti dikutip dari kumparanNEWS.
ADVERTISEMENT
Terpilihnya Angela sebagai wakil menteri termuda sebenarnya menjadi kabar yang tidak terlalu mengejutkan. Sebab Jokowi sejak awal sudah menyampaikan bahwa di kabinet baru ini ia ingin menggandeng tokoh-tokoh muda Indonesia dalam kabinet kerjanya. Sebelumnya Presiden Jokowi juga sudah menunjuk Nadiem Makarim (35) yang juga terhitung muda untuk menjadi menteri.
POTRAIT, Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Angela sendiri merupakan anak pertama dari Ketua Umum Perindo yang juga menjadi pendiri sekaligus pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo. Sebagai anak pertama, Angela merupakan penerus ayahnya dalam mengembangkan bisnis di industri media. Ia juga sudah aktif menduduki posisi-posisi strategis di MNC Group sejak 2010.
Untuk lebih mengetahui soal wakil menteri berusia 32 tahun ini, simak ulasan profil singkatnya berikut ini;
ADVERTISEMENT
Mendirikan dua majalah perempuan dan mengawali karier sebagai staf keuangan
Seakan mewarisi darah bisnis dari sang ayah, pada tahun 2008 sebelum lulus kuliah, menurut penelusuran lewat Wikipedia, Angela sudah mulai menggeluti dunia bisnis dengan menjadi salah satu pencetus berdirinya dua majalah perempuan, High End dan High End Teen Magazine. Selain sebagai pendiri, Angela juga bertindak sebagai Editor-in-Chief untuk kedua majalah tersebut.
Setelah rampung mengenyam pendidikan di Universitas Teknologi di Sydney, Australia dan Universitas New South Wales, Angela memulai kehidupan profesionalnya sebagai staf keuangan di MNC Group. Meski begitu, sebagai calon pewaris MNC Group, Angela Tanoesoedibjo cukup memiliki banyak privilege dalam berkarier. Dari menjadi staf keuangan, ia kemudian menjabat sebagai Co-Managing Director untuk MNC Channel di tahun 2012.
ADVERTISEMENT
Menikah pada 2012 dengan pengusaha Michael Dharmajaya, Angela Tanoe Soedibjoe sekarang sudah memiliki dua orang anak dari pernikahannya tersebut. Meski sudah memiliki dua orang anak, Angela tetap fokus dengan kariernya di media dan aktivitasnya di partai yang didirikan sang Ayah.
Melansir wawancara Angela Tanoesoedibjo di majalah High End, ia mengungkapkan bahwa untuk bisa memiliki kehidupan yang seimbang antara keluarga dan pekerjaan, tidak diperlukan kekuatan yang besar. Menurut Angela, perempuan harus tahu apa yang membuat dirinya bahagia dan bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak dan orang lain.
Diajukan Perindo menjadi menteri muda dan berakhir jadi wakil menteri
Sebagai anak dari pendiri Partai Persatuan Indonesia (Perindo), tak heran jika Angela kemudian juga ikut terjun ke dunia politik bersama sang ayah, Hary Tanoesoedibjo.
ADVERTISEMENT
Meskipun ia tak memiliki jabatan dalam jajaran kepengurusan DPP Perindo, kiprah Angela di dunia politik sudah terlihat sejak pemilihan umum legislatif Indonesia 2019. Ia maju sebagai caleg dari Perindo dengan Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.
Tak mendapat kursi di legislatif, sebagai salah satu partai koalisi pendukung Jokowi, Perindo pun kemudian menyasar posisi menteri. Setelah tahu bahwa Jokowi menginginkan menteri-menteri muda, nama Angela sengaja diajukan oleh Perindo.
Sekjen Perindo Ahmad Rofiq menilai Angela Tanoesoedibjo layak menjadi menteri dari perwakilan partainya. Baginya, Angela sesuai dengan kriteria Jokowi untuk memasukkan menteri dari kalangan muda dan berprestasi.
Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
"Perindo kan pernah menyebut Angela Tanoesoedibjo, itu kan mempresentasikan anak muda yang selama ini dicari Pak Jokowi. Pak Jokowi kan punya perhatian pasa anak-anak muda yang berhasil maka Partai Perindo siap itu yang diminta," ungkap Rofiq pada bulan Juni lalu seperti dikutip dari kumparanNEWS.
ADVERTISEMENT
Ternyata, Angela tak juga lolos menjadi menteri dalam kabinet baru Jokowi. Melainkan ia mendapatkan posisi sebagai wakil Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kabar ini diumumkan oleh Angela Tanoesoedibjo usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (25/10).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan