Woman
·
17 Oktober 2020 15:46

Apakah Rambut Kemaluan Juga Akan Beruban Ketika Kita Menua?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apakah Rambut Kemaluan Juga Akan Beruban Ketika Kita Menua? (67914)
Ilustrasi Mencukur Rambut Kemaluan Foto: Shutterstock/Niran Phonruang
Saat usia menua, kemunculan rambut putih alias uban adalah hal yang wajar. Uban sendiri biasanya muncul di area kepala. Namun, apakah uban juga akan muncul di area tubuh berambut lainnya, misalnya di area kemaluan?
ADVERTISEMENT
Jawabannya adalah iya. Sebab menurut seorang dermatolog asal AS, Sejal Shah, MD, rambut kemaluan sama halnya dengan rambut di kepala. “Sehingga seiring bertambahnya usia, rambut kemaluan juga akan menipis dan beruban,” kata dr. Shah kepada Women’s Health.
Dr. Shah melanjutkan bahwa munculnya uban di area kemaluan terjadi saat proses penuaan, di mana tubuh akan memproduksi lebih sedikit melanin. Dengan demikian, wajar bila rambut kemaluan berubah warna menjadi abu-abu, perak, ataupun putih.
“Fakta bahwa rambut kemaluan akan beruban adalah hal yang pasti. Namun, kapan tepatnya tidak bisa dipastikan,” tambahnya.
Menurut dr. Shah, timbulnya uban pada setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi genetik tubuh masing-masing. Ada beberapa orang yang sudah tumbuh uban pertama di usia 30-an atau 40-an, sementara ada juga orang yang tumbuh uban di usia 20-an atau bahkan remaja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dr. Shah juga menyebut bahwa uban di kepala dan area kemaluan tidak akan muncul secara bersamaan. “Umumnya, uban akan muncul lebih dulu di kepala, setelah itu uban akan muncul di area kemaluan,” katanya.
Meski tumbuh uban di area kemaluan adalah hal yang wajar, namun ada kalanya Anda harus memeriksakan rambut kemaluan yang memutih itu ke dokter. Apalagi jika munculnya uban di area kemaluan bukan karena proses penuaan.
Menurut Healthline, ada berbagai penyebab rambut kemaluan menjadi beruban; seperti kekurangan vitamin B12, vitiligo (penyakit autoimun yang menyebabkan hilangnya pigmentasi kulit), infeksi jamur white pidera, kutu kemaluan, paparan bahan kimia, genetik, hingga stres.
----
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)