Baju Lama Jadi Terlihat Baru, Ini Tips Padu Padan untuk OOTD Lebaran

22 April 2022 19:00
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi OOTD Lebaran. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi OOTD Lebaran. Foto: Shutterstock
Membeli baju baru jadi salah satu kegiatan yang dilakukan banyak orang untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Di sisi lain, usai Lebaran, seringkali baju yang baru dibeli hanya dipakai beberapa kali dan akhirnya tersimpan saja di lemari.
Selain bikin lemari jadi penuh, membeli baju baru tanpa perhitungan juga bisa berdampak terhadap lingkungan, lho. UN Conference of Trade and Development (UNCTD) 2019 mengungkapkan bahwa fashion adalah industri paling berpolusi kedua di dunia dan sepuluh persen emisi karbon yang memengaruhi krisis iklim dihasilkan dari industri ini. Sejumlah bahan pakaian juga tidak mudah terurai secara alami, misalnya polyester dan nilon yang membutuhkan waktu antara 20-200 tahun untuk bisa terurai.
Jadi, tidak ada salahnya tahun ini kenakan kembali baju lama yang baru beberapa kali dipakai untuk merayakan Lebaran. Ya, tampil spesial saat Lebaran tidak berarti harus selalu menggunakan baju baru, kok. Baju lama juga bisa tampak seperti baru dengan beberapa sentuhan kecil.
Yuk, simak tips padu padan baju lama agar tampak seperti baru untuk dikenakan di hari raya:
1. Kemeja putih dengan rok lipit
Tips OOTD lebaran dengan baju lama. Foto: dok. Instagram/ @indahnadapuspita
zoom-in-whitePerbesar
Tips OOTD lebaran dengan baju lama. Foto: dok. Instagram/ @indahnadapuspita
Tidak ada salahnya mengenakan kemeja putih sebagai pakaian untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Agar tidak terkesan terlalu formal, Anda bisa memadu padankan kemeja basic ini dengan rok lipit berwarna lebih terang, misalnya mustard, nude, atau mint.
Kombinasi kemeja dan rok ini akan membuat si pemakai tampak chic namun tetap elegan dan sederhana, sehingga cocok dikenakan di Hari Raya. Rok berlipit yang ‘jatuh’ saat dikenakan ini juga dapat menampilkan kesan kaki yang lebih jenjang, lho.
2. Summer dress dengan celana palazzo
Tips OOTD lebaran dengan baju lama. Foto: dok. Instagram/ @anaoctarina
zoom-in-whitePerbesar
Tips OOTD lebaran dengan baju lama. Foto: dok. Instagram/ @anaoctarina
Punya floral dress yang biasanya dikenakan saat liburan? Coba padu padankan dengan celana palazzo berwarna kalem seperti nude atau cokelat untuk menampilkan kesan feminin dan lembut.
Untuk menambah kesan ramping, kamu juga bisa menambahkan ikat pinggang kecil dan heels berwarna senada. Meski tidak memakai baju baru, dijamin penampilanmu tetap terlihat segar dan unik!
3. Blazer dengan celana cutbray
OOTD Hijab dengan Outer. Foto: dok. Instagram
zoom-in-whitePerbesar
OOTD Hijab dengan Outer. Foto: dok. Instagram
Yuk, tampil beda saat Hari Raya dengan mengenakan blazer yang biasa kamu pakai untuk bekerja. Kamu bisa memakai blazer dengan turtleneck untuk menampilkan kesan tubuh yang lebih jenjang.
Kombinasikan dengan celana cutbray atau boyfriend jeans untuk menambah kesan santai namun tetap terlihat trendy. Untuk kamu yang berhijab, lengkapi penampilan dengan hijab dan heels berwarna netral.
4. Gamis polos dengan outer bermotif
Ilustrasi gamis dengan outer. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gamis dengan outer. Foto: Shutterstock
Bosan memakai gamis yang itu-itu saja? Padu padankan saja dengan outer atau kimono untuk menampilkan kesan yang lebih stylish dan segar.
Ladies, bila tidak suka penampilan yang terlalu basic, pilihlah outer bermotif untuk mengimbangi gamis polos milik Anda. Sebaiknya pilih juga outer dan gamis yang memiliki tone warna senada.
5. Tunik dengan kulot warna netral
OOTD Kain Indonesia ala Selebgram Hijab: Gita Savitri Foto: Instagram @gitasav
zoom-in-whitePerbesar
OOTD Kain Indonesia ala Selebgram Hijab: Gita Savitri Foto: Instagram @gitasav
Tunik jadi salah satu jenis pakaian yang hingga kini banyak dipilih perempuan untuk menunjang penampilannya karena cocok dikenakan di berbagai kesempatan. Misalnya untuk menampilkan kesan minimalis, Anda bisa mengenakan tunik polos dengan celana kulot berwarna pastel. Namun untuk look yang lebih fresh, coba pilih tunik berwarna cerah, kemudian padukan dengan kulot berwarna netral atau jenis kulot berbahan jeans.
Nah, setelah menemukan style yang cocok untuk kamu kenakan saat Lebaran, jangan lupa pastikan baju kamu bersih dan bebas noda agar bisa bersilaturahmi dengan lebih maksimal. Salah satunya menggunakan Vanish yang efektif menghilangkan berbagai noda tapi tetap bisa merawat serat pakaian sehingga warnanya pun tetap cemerlang. Vanish juga telah teruji klinis efektif menghilangkan 100 noda, mulai dari noda makanan, make up, hingga tinta.
Menyambut Hari Kemenangan, kali ini Vanish juga mengajak kamu untuk turut berbagi kebahagiaan kepada sesama melalui program #BahagiaBerbagiBaju. Melalui program ini, kamu bisa menyumbangkan pakaian layak pakai kepada mereka yang membutuhkan agar bisa bersama-sama merayakan Lebaran.
Vanish bekerja sama dengan Sekolah Relawan, Paxel, Transmart, Lottemart, dan Superindo yang akan menyalurkan pakaian dari #BahagiaBerbagiBaju untuk yayasan sosial dan panti asuhan agar mereka bisa merayakan momen penuh makna dengan pakaian layak pakai yang tetap cerah karena dicuci menggunakan Vanish.
Punya baju layak pakai di rumah? Berikut mekanisme untuk mengikuti program #BahagiaBerbagiBaju bersama Vanish:
1. Siapkan pakaian layak pakai yang akan disumbangkan. Disarankan agar pakaian dicuci dulu menggunakan deterjen dan Vanish agar bersih higienis.
2. Anda bisa langsung mengantarkannya ke drop box Vanish yang tersedia di 25 toko di area Jakarta dan Tangerang Selatan mulai 1 April-7 Mei 2022. Cek lokasinya di sini.
3. Anda juga bisa mengirimkannya melalui layanan Paxel. Caranya, masuk ke aplikasi Paxel kemudian request pengiriman same day di aplikasi Paxel ke cabang Paxel Home terdekat di kota terdaftar seperti dalam daftar di sini.
4. Masukkan “Donasi Vanish” sebagai penerima (masukkan nomor telepon penerima: 0123456789), dan pilih Paxel Home terdekat sebagai tujuan.
5. Masukkan kode voucher “DONASI VANISH” agar mendapatkan cashback 100 persen (maksimal senilai Rp 20.000).
6. Tunggu kurir Paxel menjemput donasi baju ke rumah Anda.
Yuk, #BahagiaBerbagiBaju bersama Vanish! Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa follow Instagram @vanish_id atau kunjungi website resmi Vanish berikut ini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Vanish