Woman
·
24 Agustus 2020 19:24

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88931)
Ilustrasi Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini. Foto: Shutterstock
Tidak hanya di pagi hari, kamu juga bisa membakar kalori di malam hari. Selain membuat tubuh lebih sehat, kamu juga bisa memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori pada malam hari, mulai dari olahraga, mengatur porsi makan, hingga memperbaiki kebiasaan sehari-hari. Tentu hal tersebut harus dilakukan secara rutin agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.
Ingin mencobanya? Berikut merupakan 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh di malam hari.

1. Lakukan workout tanpa keringat

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88932)
Ilustrasi workout sebelum tidur. Foto: Shutterstock
Melakukan workout bisa membantu kamu untuk membakar kalori sekaligus menjaga kesehatan. Joanna Soh, seorang Youtuber asal Malaysia mengatakan bahwa workout sebelum tidur bisa membantu mengurangi stres setelah beraktivitas seharian. Tidak hanya itu, tubuh pun menjadi lebih siap untuk beristirahat dan tidur menjadi lebih nyenyak.
Dilansir dari Shape, ada beberapa pilihan latihan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur tanpa harus khawatir berkeringat. Kamu bisa melakukan push up, elbow plank, side plank, squat, dan jump squat. Setiap gerakan dilakukan selama 20 kali dan diulang sebanyak 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT

2. Gerakan yoga selama 5 menit

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88933)
Ilustrasi Yoga. Foto: Shutter Stock
Tidak ada salahnya menyediakan waktu kamu sejenak untuk melakukan gerakan yoga sebelum tidur. Dilansir dari Shape.com, Sarah Levey, instruktur yoga di New York mengatakan peregangan sebelum tidur tidak hanya membuat kamu lebih rileks, tetapi juga mampu melenturkan otot. Hal tersebut membuat tubuh kamu menjadi lebih nyaman ketika akan beraktivitas besok hari. Selain itu, melakukan yoga juga bisa membuat tubuh dan pikiran terasa lebih santai, serta mengurangi ketegangan akibat aktivitas sepanjang hari.

3. Jauhkan gawai dari tempat tidur

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88934)
Ilustrasi kecanduan sosial media. Foto: Shutter Stock
Selain berolahraga, membatasi penggunaan gawai juga baik untuk mencegah jumlah kalori tidak meningkat. Dilansir dari Huffpost, menjauhkan gawai dari tempat tidur bisa menghindarkan kamu dari pancaran radiasi yang bisa diserap oleh jaringan tubuh. Paparan radiasi membuat produksi melatonin berkurang sehingga membuat kamu kesulitan tidur. Waktu tidur yang tidak teratur kemudian bisa memicu peningkatan nafsu makan dan konsumsi jumlah kalori sehingga menambah berat badan. Virend Somers, profesor sekaligus penulis di Mayo Clinic yang dilansir dari Sleep Foundation menjelaskan bahwa mereka telah menguji pengaruh tidur yang tidak teratur terhadap porsi makan seseorang. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur sulit mengalami pembakaran kalori.
ADVERTISEMENT

4. Mandi Air Hangat

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88935)
Ilustrasi Mandi Air Hangat. Foto: Bruce Mars/Pexels
Dalam jurnal Temperature disebutkan bahwa mandi air hangat sama dengan melakukan jalan kaki selama 30 menit. Penelitian yang dilakukan oleh Steve Faulkner ini menemukan manfaat mandi air hangat dalam mengurangi kadar gula darah. Berendam selama 1 jam ternyata bisa membakar 140 kalori. Hal tersebut bisa terjadi diduga karena adanya proses heat shock protein yang membuat suhu meningkat. Proses tersebut biasanya muncul ketika seseorang melakukan olahraga. Tidak hanya itu, manfaat lainnya ketika mandi air hangat adalah mampu membantu kita mengontrol berat badan dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

5. Kurangi porsi makan

Bakar Kalori sebelum Tidur dengan 5 Cara Ini (88936)
Ilustrasi perempuan makan ayam goreng. Foto: Shutterstock
Jenis dan waktu makan bisa memengaruhi pola tidur kamu. Dilansir dari Amerisleep, makanan dan minuman yang mengandung kafein bisa membuat kamu terbangun dari tidur malam dan memperlambat metabolisme tubuh. Hal tersebut bisa membuat berat badan bertambah sekaligus memicu terjadinya obesitas dan diabetes.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, menghindari makan malam sebelum tidur tidaklah disarankan. Bagaimanapun tubuh membutuhkan energi walaupun dalam keadaan tidur untuk membantu organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Oleh karena itu, makan malam sebaiknya dikonsumsi 3 jam sebelum tidur, serta kurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat agar kamu bisa tidur lebih cepat.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)