Woman
·
11 Januari 2021 10:11

Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering (421021)
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering. Foto: Dok. Freepik
Ladies, kamu mungkin sudah tahu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit tubuh jadi lebih sehat. Salah satu cara yang sering diterapkan adalah melakukan body scrub.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga cara lain yang juga dapat membuat kulit sehat, cerah, dan glowing, yaitu dengan melakukan dry brushing atau menyikat tubuh. Cara yang satu ini sudah menjadi banyak favorit bagi selebriti seperti Miranda Kerr.
Ahli kecantikan dari Ole Henriksen Spa di Los Angeles, Gary Dickman, dan dermatolog Jeanine Downie menyebutkan bahwa dry brushing atau menyikat tubuh dalam kondisi kering bisa membuat kulit lebih cerah dan membuat pelembap jadi lebih cepat meresap. Hal ini terjadi karena proses menyikat tubuh ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih maksimal.
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering (421022)
Ilustrasi sikat untuk tubuh. Foto: Unsplash/ @kekse_und_ich
Tak hanya mengangkat sel kulit mati seperti eksfoliasi, Jeanine dan Gary juga menyebutkan bahwa menyikat tubuh juga bisa melancarkan peredaran darah pada tubuh dan membuat tampilan kulit jadi lebih glowing. Untuk itu, jangan khawatir jika kulit jadi memerah saat atau setelah melakukannya. Sebab kemerahan tersebut bukan hanya karena kulit menjadi lebih sensitif atau mengalami peradangan ringan, tetapi hal itu juga terjadi karena peredaran darah sedang mengalir dengan baik pada area tubuh yang sudah disikat.
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering (421023)
Ilustrasi sikat untuk tubuh. Foto: Dok. The Body Shop
Oleh karena itu, kita harus memilih sikat tubuh yang memiliki bulu-bulu super lembut. Beberapa brand kecantikan yang meluncurkan rangkaian produk body care biasanya sudah menjual sikat lembut khusus untuk tubuh. Sikat-sikat tersebut ada yang berbentuk bundar atau seperti sikat gigi namun berukuran lebih besar dan panjang.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk kamu yang ingin mencoba agar kulit tubuh jadi lebih sehat, bersih, dan glowing, berikut kumparanWOMAN telah merangkum caranya seperti dikutip dari Byrdie.
Cara menyikat tubuh dengan tepat:

1. Lakukan saat tubuh masih kering

Sesuai dengan namanya, dry brushing atau menyikat tubuh harus dilakukan sebelum mandi saat tubuh dalam kondisi kering.

2. Sikat tubuh dengan gerakan memutar ke atas

Mulai sikat tubuh dari kaki. Arahkan setiap sikatan ke atas. Jadi sikat tubuh dengan gerakan memutar menuju ke atas. Misalnya dari mata kaki ke betis. Lakukan selama 30 detik, lalu lanjutkan dari betis ke lutut dengan waktu yang sama dan seterusnya hingga ke bagian atas tubuh.
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering (421024)
Ilustrasi sikat untuk tubuh. Foto: Dok. Freepik

3. Berikan tekanan lembut saat menyikat tubuh

Agar maksimal, pastikan kamu memberikan tekanan lembut saat menyikat tubuh. Hal ini perlu dilakukan agar sikat membantu menstimulasi peredaran darah sehingga jadi lebih lancar. Selain itu, cara ini bisa membuat sel-sel kulit mati juga bisa terangkat dengan baik.
ADVERTISEMENT

4. Mandi dengan sabun dan gunakan pelembap

Setelah semua selesai, kamu bisa mandi seperti biasa menggunakan sabun. Kemudian saat selesai, kamu harus langsung menggunakan body lotion, body butter, atau pelembap tubuh lain untuk memastikan kulit tidak kering dan mengikat manfaat menyikat tubuh yang sudah dilakukan.
Banyak Manfaat untuk Kulit, Ini Cara Menyikat Tubuh dalam Keadaan Kering (421025)
Ilustrasi perlengkapan mandi, termasuk sikat untuk tubuh. Foto: Unsplash

5. Lakukan satu - dua kali seminggu

Proses menyikat tubuh ini bisa membuat kulit terasa sedikit sensitif. Untuk itu Ladies harus menyesuaikan dengan kondisi kulit dan tidak melakukannya setiap hari. Jeanine menyarankan agar kamu melakukannya satu sampai dua kali seminggu.
Tak hanya itu, pastikan kamu membersihkan sikat tubuh dengan sampo bayi paling tidak dua bulan sekali untuk menghilangkan tumpukan debu atau sel kulit mati yang kemungkinan masih menempel pada sikat.
ADVERTISEMENT