kumparan
search-gray
Woman28 Juli 2020 12:29

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

Konten Redaksi kumparan
Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35215)
Ilustrasi Bau Mulut saat Pakai Masker Foto: Shutterstock
Penggunaan masker di tengah pandemi corona merupakan langkah sederhana untuk melindungi diri dari kuman, bakteri, hingga virus berbahaya. Meskipun memiliki fungsi yang penting, namun penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Mulai dari wajah yang jadi mudah berjerawat, hingga bau mulut yang tak sedap.
ADVERTISEMENT
Ya, saat memakai masker, beberapa orang kerap mengeluhkan aroma mulut yang kurang sedap dan berpengaruh pada konsentrasi saat beraktivitas. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan bau mulut ketika menggunakan masker?

Kondisi bau mulut saat memakai masker

Menurut pendapat dokter gigi dan dekan Fakultas Kedokteran Gigi Pennsylvania AS, Mark S. Wolff, ternyata masker tidak menyebabkan aroma mulut kita menjadi bau. Namun, hal itu (masker) membuat kita jadi lebih sadar bahwa kita memiliki aroma mulut yang tidak sedap.
Sementara itu, menurut seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Departemen Restorative Dentistry, Koh Chu Guan, saat kita memakai masker kita jadi sering bernapas menggunakan mulut. Hal inilah yang kabarnya menyebabkan efek pengeringan di area mulut.
ADVERTISEMENT
“Ketika mulut jadi lebih kering (terutama ketika Anda kurang mendapat pasokan air yang tidak cukup), maka bisa menyebabkan bau mulut,” kata Dr. Koh kepada CNA.
Selain itu, Dr. Koh juga menyebut bahwa ketika kita bernapas (terutama dengan mulut), udara lembap dan busuk yang dihasilkan oleh bakteri terjebak dalam kain masker.
“Kemudian saat tetesan itu mengering, ada bau yang tertinggal pada kain masker,” lanjut Dr. Koh.
Namun, tak perlu khawatir Ladies, sebab Anda bisa mengurangi aroma tak sedap pada mulut saat memakai masker seharian. Bagaimana caranya? Melansir Asia One, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Jangan terlalu sering bernapas lewat mulut

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35216)
Ilustrasi orang memakai masker. Foto: Shutter Stock
Sebagian orang kerap tidak sadar bahwa mereka sering bernapas menggunakan mulut saat menggunakan masker. Namun, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Koh, bahwa terlalu sering bernapas dengan mulut bisa menyebabkan mulut menjadi lebih kering. Ketika mulut jadi lebih kering, maka aroma napas pun akan menjadi tidak sedap.
ADVERTISEMENT

2. Minum banyak air putih

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35217)
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Air ludah atau saliva bisa mencegah mulut kering. Namun, dalam kondisi dehidrasi atau kurang cairan tubuh, bisa berakibat pada mulut kering. Ketika mulut kering, maka bakteri pun bisa berkembang dan menimbulkan bau mulut.
Untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap saat pakai masker, sebaiknya konsumsilah air putih yang banyak. Cukupi kebutuhan cairan harian, setidaknya dua liter atau delapan gelas setiap hari. Menurut Dr. Koh, cara ini bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengatasi bau mulut akibat perkembangan bakteri.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35218)
Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat Foto: Shutterstock
Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti kopi, bawang putih, bawang bombay, hingga makanan yang tinggi gula dan protein. Menurut The Journal of The American Dental Association, makanan atau minuman pemicu bau mulut itu kabarnya bisa diserap ke aliran darah dan masuk ke dalam paru-paru. Hal inilah yang kemudian menyebabkan aroma tak sedap saat Anda menghembuskan napas. Dengan demikian, sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makan atau minuman pemicu bau mulut, serta tetap jalankan rutinitas dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.
ADVERTISEMENT

4. Rutin menjaga kebersihan lidah dan mulut

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35219)
Ilustrasi perempuan sedang sikat gigi. Foto: Shutter Stock
Menjaga kebersihkan lidah dan mulut menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan napas yang segar. Selain rutin menyikat gigi, Anda juga disarankan untuk membersihkan lidah secara teratur. Sebab, menurut Dr. Koh, lidah sendiri adalah sumber halitosis (bau mulut) karena sebagian besar bakteri berada di lidah, terutama di lidah bagian belakang. Untuk membersihkan area tersebut, tak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur anti bakteri secara teratur.

5. Konsumsi makanan yang beraroma mint

Bau Mulut saat Pakai Masker? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya (35220)
Ilustrasi permen mint Foto: dok.shutterstock
Ini mungkin menjadi solusi yang paling mudah. Konsumsilah makanan atau minuman yang beraroma mint, untuk membuat mulut Anda terasa segar. Atau Anda juga bisa mengonsumsi permen mint untuk menyegarkan napas setiap kali Anda merasa bau mulut kembali datang.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white