Ilustrasi potong rambut.
6 April 2020 9:42

Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah saat Tak Bisa Pergi ke Salon

Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah saat Tak Bisa Pergi ke Salon (82919)
Ilustrasi potong rambut. Foto: Thinkstock
Ladies, seberapa sering Anda pergi ke salon untuk sekadar creambath atau memotong rambut? Di tengah wabah virus Corona yang semakin menyebar di Indonesia, tampaknya agak sedikit sulit bila kita ingin pergi ke salon untuk memotong rambut. Demi keamanan dan keselamatan banyak orang, banyak salon yang memilih untuk tutup selama beberapa waktu.
ADVERTISEMENT
Namun, jangan khawatir karena Anda tetap bisa memotong rambut sendiri di rumah. Penata rambut langganan selebriti asal Amerika Serikat, Sunnie Brook, memberikan tips dan trik tentang memotong rambut sendiri dengan cara yang mudah. Seperti apa?
Pertama-tama, yang harus Anda siapkan tentu saja adalah gunting yang tajam. "Sebenarnya, Anda bisa menggunakan gunting di rumah (bukan gunting khusus rambut) asalkan tajam. Tetapi biasanya, gunting rumahan akan membuat rambut bagian bawah sedikit berantakan," tutur Sunnie seperti dikutip dari Harper's Bazaar.
Selain gunting, Anda juga perlu menyiapkan handuk, sisir jarang (untuk rambut keriting bergelombang) atau sisir rapat (untuk rambut lurus), jepitan rambut atau kunciran rambut dan spray rambut. Sebelum memotong rambut, Anda disarankan untuk membasahi rambut dan keringkan secara alami tanpa perlu memakai hair dryer.
ADVERTISEMENT
"Cara ini membuat tekstur rambut terlihat jelas dan Anda akan tahu bagian rambut mana yang perlu dirapikan. Terkadang rambut bergelombang atau keriting akan menjadi lebih pendek bila dipotong terlalu banyak, jadi biarkan kering secara alami," lanjut Sunnie lagi.
Memotong rambut keriting dan bergelombang
Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah saat Tak Bisa Pergi ke Salon (82920)
Merawat rambut keriting tak cukup pakai sampo dan kondisioner saja Foto: dok. Unsplash
1. Dimulai dari bagian depan rambut, ambil sedikit bagian rambut di atas dahi kemudian pisahkan menjadi dua bagian (kiri dan kanan)
2. Kuncir atau jepit rambut yang belum digunting agar tidak mengganggu, setelah itu pelintir bagian ujung rambut yang akan digunting dan potong perlahan dengan teknik asimetris (miring)
3. Lanjutkan potong bagian depan rambut sedikit demi sedikit secara asimetris agar panjang rambut bagian kiri dan kanan tetap rata
ADVERTISEMENT
4. Untuk bagian bawah rambut, ambil ujung rambut dan balikkan hingga menghadap ke atas. Kemudian potong dengan teknik vertikal (gunting menghadap ke atas) untuk memotong bagian ujung rambut
5. Akhiri dengan menggunakan hair mist agar rambut lebih bervolume
Memotong rambut lurus
Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah saat Tak Bisa Pergi ke Salon (82921)
Ilustrasi Rambut. Foto: Dok. Shutterstock
1. Pastikan rambut dalam keadaan setengah kering, ikat rambut di bagian bawah (lower pony tail) kemudian ikat lagi di bagian tengah dan ujung rambut
2. Ambil gunting dan potong secara horizontal (rata) dan gunakan jari Anda sebagai acuannya
3. Anda pun bisa membagi dua rambut dengan bagian kiri dan kanan, kemudian satukan bagian ujungnya di bagian depan dan potong dengan teknik horizontal
4. Bila Anda lebih suka bagian ujung rambut terlihat sedikit lebih tumpul (tidak lancip), Anda bisa menggunting bagian ujung secara vertikal (gunting menghadap ke atas)
ADVERTISEMENT
Memotong rambut pendek
Begini Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah saat Tak Bisa Pergi ke Salon (82922)
Model rambut mullet. Foto: dok. The Parlour
Sunnie mengatakan, memotong rambut pendek cukup menantang. Bila Anda tidak bisa memotongnya sendiri, tak ada salahnya minta bantuan keluarga atau pasangan untuk memotong bagian rambut yang sulit dijangkau.
1. Pastikan rambut dalam keadaan kering
2. Gunakan bagian ujung gunting untuk memotong rambut perlahan dan tipis-tipis
3. Bila ingin potongan rambut bob yang ujungnya tidak terlalu tajam, ambil sedikit bagian bawah rambut dan potong dengan teknik menggunting vertikal (menghadap ke atas)
4. Lanjutkan memotong rambut ke seluruh bagian, helai demi helai dan usahakan tidak terlalu tebal. Setelah itu, minta bantuan keluarga atau pasangan untuk merapikan bagian rambut yang tidak terjangkau atau terlihat
Ladies, perlu diingat bahwa memotong rambut sendiri hasilnya tidak akan sebagus kita memotong di salon. Dibutuhkan rasa kesabaran dan telaten dalam memotong rambut helai demi helai. Bila potongan rambut tidak sesuai dengan harapan Anda, jangan langsung bersedih. Ingatlah bahwa rambut akan tumbuh setiap harinya dan Anda bisa kembali memotong rambut di salon setelah wabah virus Corona mereda.
ADVERTISEMENT