Belum Dimakamkan Sempurna, Jenazah Pangeran Philip Menunggu Ratu Elizabeth II

25 April 2021 4:44
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Belum Dimakamkan Sempurna, Jenazah Pangeran Philip Menunggu Ratu Elizabeth II (187532)
zoom-in-whitePerbesar
Belum Dimakamkan Sempurna, Jenazah Pangeran Philip Menunggu Ratu Elizabeth II. Foto: Dominic Lipinski/Pool via REUTERS
ADVERTISEMENT
Pemakaman Pangeran Philip telah berlangsung di Kapel St. George pada Sabtu (17/4) lalu. Acaranya disiarkan secara langsung di TV agar publik tidak berkerumun dan bisa menyaksikan dari rumah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Dihadiri oleh Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga inti seperti Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edwards, hingga Pangeran William dan Pangeran Harry, prosesi pemakaman diselenggarakan sesuai dengan keinginan Duke of Edinburgh. Dari Kastil Windsor, jenazah Pangeran Philip dibawa ke Kapel St. George dengan Land Rover hijau, mobil jenazah yang ia desain sendiri.
Belum Dimakamkan Sempurna, Jenazah Pangeran Philip Menunggu Ratu Elizabeth II (187533)
zoom-in-whitePerbesar
Anggota Keluarga Kerajaan berjalan di belakang mobil jenazah, sebuah Land Rover yang dimodifikasi khusus, di halaman Kastil Windsor selama pemakaman Pangeran Philip. Foto: Pool via REUTERS
Setelah melakukan serangkaian acara di gereja, untuk pertama kalinya publik bisa menyaksikan secara langsung proses penurunan peti jenazah anggota keluarga kerajaan Inggris saat akan dimakamkan. Ini merupakan momen bersejarah, sebab sebelumnya proses ini memang sudah dijalankan sejak kematian Raja George VI pada 1952, hanya saja tidak disiarkan di TV.
Momen ini kemudian memunculkan pertanyaan, setelah diturunkan dengan alat listrik ke bawah Kapel St. George, jenazah Pangeran Philip akan diarahkan kemana? Menurut laporan dari The Sun, jenazah ditempatkan di atas lempengan marmer untuk diturunkan ke dalam Royal Vault.
ADVERTISEMENT
Royal Vault ini merupakan ruang pemakaman khusus yang terletak di bawah Kapel St. George yang dibangun pada sekitar 1804 dan 1810 oleh Raja George III. Menurut potret yang beredar di internet, Royal Vault ini berbentuk seperti rak-rak besar untuk menempatkan peti jenazah.
Nah, di Royal Vault inilah jenazah Pangeran Philip akan menunggu hingga akhirnya nanti dipindahkan ke King George VI Memorial Chapel setelah Ratu Elizabeth II meninggal nanti. Jadi bisa dibilang, Kapel St. George bukanlah tempat persemayaman terakhir bagi Pangeran Philip. Sebab nantinya ia dan Ratu Elizabeth II akan dikubur ke dalam tanah atau dikremasi bersama sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur.