Woman7 Februari 2020 8:20

Berani Lawan Donald Trump, Ini 6 Fakta Menarik soal Nancy Pelosi

Konten Redaksi kumparan
Berani Lawan Donald Trump, Ini 6 Fakta Menarik soal Nancy Pelosi (11789)
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi merobek naskah pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Kongres Amerika Serikat. Foto: REUTERS / Joshua Roberts
Nama Nancy Pelosi mulai banyak diperbincangkan ketika ia membuat langkah berani dengan memimpin sidang pemakzulan Donald Trump pada 2019 lalu. Baru-baru ini Nancy menarik perhatian dunia setelah tindakannya menyobek salinan pidato Donald Trump setelah sidang senat AS
ADVERTISEMENT
Perempuan kelahiran Baltimore 26 Maret 1940 ini memang sudah dikenal sebagai sosok perempuan yang memiliki peran penting dalam dunia politik Amerika Serikat.
Berasal dari keluarga yang aktif di bidang politik membuat Nancy akrab dengan dunia tersebut sejak usia muda. Dulunya, ia banyak membantu ayahnya yang dulu menjabat sebagai Walikota Baltimore dan menjadi salah satu anggota DPR.
Untuk mengetahui rekam jejak dan keterlibatan Nancy Pelosi dalam dunia politik, berikut kumparanWOMAN telah merangkum enam hal menarik dari perempuan berdara Italia ini. Simak selengkapnya berikut ini.

1.Telah lama terjun ke dunia politik AS

Keterlibatan Nancy Pelosi dalam dunia politik sepertinya sudah banyak diprediksi. Sebab keluarganya sendiri dikenal sebagai pejabat yang berdedikasi tinggi terhadap Partai Demokrat.
ADVERTISEMENT
Dulunya, ia banyak membantu ayahnya, Thomas D’Alesandro Jr., yang pernah menjabat sebagai anggota DPR Amerika Serikat selama lima periode. Ayahnya juga pernah diangkat menjadi Walikota Baltimore selama 12 tahun.
Dalam politik AS, kiprah Nancy dimulai pada 6 Januari 1987, mewakili distrik 8 dari negara bagian California. Di tahun 2013 perannya kemudian sedikit berubah, ia mewakili distrik 12 di California dan menjadi anggota kongres. Sejak itu, karier Nancy di dunia politik kian bersinar. Terhitung pada 2019 lalu, Nancy sudah menjabat sebagai anggota kongres selama 17 tahun. Tak lupa, ia juga telah berhasil memimpin Partai Demokrat selama 16 tahun.
Berani Lawan Donald Trump, Ini 6 Fakta Menarik soal Nancy Pelosi (11790)
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi (kanan) menerima naskah pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Kongres Amerika Serikat. Foto: REUTERS / Leah Millis

2.Perempuan Pertama yang Menjabat sebagai Ketua DPR

Pada tahun 2007, Nancy Pelosi mencetak sejarah dengan menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai Ketua DPR. Hal ini membuatnya menduduki posisi Ketua DPR ke-52 dalam pemerintahan Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Ia kemudian mengulang sejarah tersebut pada Januari 2019. Di masa ketiga jabatannya, ia kembali terpilih sebagai Ketua DPR. Hal tersebut membuat Nancy Pelosi menjadi orang pertama yang menjabat posisi itu secara berturut-turut dalam 60 tahun sejarah pemerintahan AS.

3.Sangat Aktif dan Berani Meski sudah Berusia 79 Tahun

Di sepanjang karier politiknya, Nancy Pelosi terkenal sebagai perempuan yang tidak ragu dalam menunjukkan ketidaksetujuannya akan sesuatu. Pada tahun 2007 lalu, Nancy bersama dengan Pimpinan Senat Harry Reid menyampaikan penolakan terhadap George W. Bush atas rencana penambahan tentara perang di Irak.
“Tidak ada solusi militer murni di Irak. Hanya ada solusi politik. Menambahkan lebih banyak pasukan tempur hanya akan membahayakan lebih banyak orang Amerika dan tak ada keuntungan strategis yang akan diperoleh,” tulis Nancy dalam sebuah surat kepada George W. Bush. Kala itu Nancy berusia 67 tahun dan posisinya menjabat sebagai anggota kongres.
ADVERTISEMENT
Keberanian itu kembali ia tunjukkan baru-baru ini dengan menginisiasi pemakzulan Donald Trump yang dinilai melanggar sumpah kepresidenan. Nancy juga dengan gamblang menunjukkan perseteruannya dengan Trump dengan merobek berkas pidato sang presiden beberapa waktu lalu.
Tak hanya itu, Nancy juga selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan wartawan dengan tegas. Saat ditanya apakah dia membenci Presiden Donald Trump, ia menjawab dengan tegas bahwa dia tidak membenci siapapun dan semua yang ia lakukan adalah demi kebaikan masyarakat Amerika. Sebab saat itu Nancy dan Partai Demokrat dianggap melakukan pemakzulan karena mereka membenci Trump.
“Saya tidak membenci siapapun. Saya tumbuh di keluarga Katolik dan kami tidak membenci siapapun. Jangan menuduh saya,” ungkap Nancy dengan tegas sambil menunjuk-nunjuk sang wartawan.
Berani Lawan Donald Trump, Ini 6 Fakta Menarik soal Nancy Pelosi (11791)
Ketua DPR Amerika Seikat, Nancy Pelosi. Foto: REUTERS / Joshua Roberts

4.Masuk dalam Daftar Perempuan Paling Berkuasa di Tahun 2019

Pada bulan Maret 2019, Pelosi memimpin rapat pemakzulan Donald Trump yang dinilai telah menyalahgunakan kekuasaan. Sebelumnya ia pernah mengatakan bahwa pemakzulan akan memecah belah negara. Namun ia kemudian berubah pikiran karena menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh Donald Trump merupakan sesuatu yang tidak sesuai dengan sumpah kepresidenan.
ADVERTISEMENT
“Demokrasi kita dipertaruhkan. Presiden tidak memberi kami pilihan selain untuk bertindak karena dia mencoba mengorupsi, sekali lagi, pemilu demi keuntungannya sendiri. Presiden menyalahgunakan kekuasaan, membahayakan keamanan nasional, dan merusak integritas pemilu kita,” ungkap ibu lima anak ini seperti dikutip dari Reuters.
Atas ketegasannya, Nancy terpilih menjadi salah satu perempuan yang masuk dalam daftar The Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes.

5.Tidak Maju Jadi Anggota Kongres Sebelum Anak-anaknya Dewasa

Meski terlahir dalam keluarga yang aktif dalam dunia politik, Nancy Pelosi tidak mau serius menjabat posisi penting sampai anaknya yang paling kecil jadi senior di SMA. Oleh karena itu ia baru mencalonkan diri sebagai anggota kongres ketika sudah berusia 47 tahun.
ADVERTISEMENT
Lebih dari itu, ia juga mengaku bahwa latar belakang orang tuanya bukanlah hal yang mendorong ia terjun ke dunia yang sama. Ia ingin terlibat dalam sektor pemerintahan karena anak-anaknya.
Menikah dengan Paul Pelosi pada 1963, Nancy dikaruniai empat anak perempuan dan satu anak laki-laki. Sebagai seorang ibu, ia memiliki kepekaan yang tinggi terhadap anak-anak. Oleh karena itu Nancy tergerak untuk berkecimpung di dunia politik karena ingin membantu membuat perubahan bagi anak-anak kurang beruntung di AS.
“Apa yang membuat saya keluar dari dapur dan kemudian memilih menjadi anggota kongres adalah karena saya tahu bahwa ada satu dari lima anak di Amerika hidup dalam kemiskinan. Saya tidak bisa berdiam diri melihat hal itu. Jadi ya, alasan saya terjun ke dunia politik adalah karena anak-anak saya,” ungkap Nancy Pelosi seperti dikutip dari Washington Post.
ADVERTISEMENT
Nyatanya, dalam kepemimpinannya selama berada di dunia politik, Nancy memang terkenal karena sifat keibuannya. Hal ini diungkapkan oleh Dee Dee Myers, mantan sekretaris pers Bill Clinton, sekaligus penulis buku ‘Why Women Should Rule the World.
“Anda akan belajar banyak sebagai orang tua dan peran sebagai ibu bisa sangat membantu Anda dalam memimpin. Lima anak bisa jadi hal yang menyibukkan. Dan memiliki lima anak-anak atau anak remaja membuat Nancy Pelosi siap menghadapi Donald Trump,” Dee Dee Myers.
Berani Lawan Donald Trump, Ini 6 Fakta Menarik soal Nancy Pelosi (11792)
Ketua DPR Amerika Seikat, Nancy Pelosi. Foto: REUTERS / Joshua Roberts

6.Suka Ngemil Cokelat dan Es Krim serta Main TTS di Waktu Luang

Sebagai politisi, Nancy Pelosi juga memiliki kehidupan yang normal seperti perempuan pada umumnya. Ia juga punya hobi menyelesaikan teka-teki silang dari koran New York Times yang terkenal sangat menantang dan sulit terpecahkan.
ADVERTISEMENT
Menjadi perempuan yang sibuk dan kerap dihadapkan dengan masalah politik, Nancy juga memiliki cara tersendiri untuk menjaga agar mood-nya tetap membaik. Melansir US News, Nancy Pelosi kerap menyimpan cokelat dan es krim cokelat di ruangannya sebagai makanan ringan favorit. Seperti yang banyak diketahui, cokelat dan es krim menjadi makanan yang ampuh mengembalikan mood menjadi lebih baik dan bisa meredakan stres.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white