Berbagai Alasan Mengapa Anda Harus Diet: Bukan Hanya Untuk Kurus!

19 Agustus 2019 7:47
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
com-Sun Life, ilustrasi diet Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Sun Life, ilustrasi diet Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Mendengar kata diet, pikiran Anda pasti langsung tertuju pada sebuah usaha untuk menurunkan berat badan. Memang, diet selama ini identik sebagai salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengurangi porsi makan, memilah jenis makanan, berolahraga, hingga menggunakan suplemen khusus.
ADVERTISEMENT
Namun selain membuat tubuh lebih ramping, diet yang baik — dalam artian menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi — juga akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan tubuh Anda. Badan kesehatan dunia (WHO) bahkan menyebutkan bahwa diet yang sehat adalah hal yang esensial bagi kesehatan dan nutrisi tubuh yang baik.
Diet menghindarkan diri dari obesitas
Menurunkan berat badan adalah satu hal, namun menghindari obesitas adalah hal lain. Alih-alih memimpikan tubuh yang ideal ala model, tujuan utama diet yang perlu mulai ditanamkan dalam diri adalah menghindarkan diri dari obesitas. Mengapa? Kementerian Kesehatan dalam situs resminya mengingatkan, “Kondisi kelebihan berat badan, baik overweight (kegemukan) maupun obese--penumpukan lemak, memiliki risiko penyakit tidak menular.”
ADVERTISEMENT
Itulah mengapa, menjaga berat badan pada angka yang ideal atau tak berlebihan menjadi penting. Bahkan tanpa niat untuk kurus pun, diet yang sehat perlu dilakukan oleh siapa saja demi terhindar dari masalah kesehatan di masa depan. Apalagi, diet sehat juga dapat membuat tubuh terasa lebih segar, lho.
com-Sun Life, ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Sun Life, ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat Foto: Shutterstock
Diet membantu lancarkan siklus hormonal
Anda sering mengalami terlambat datang bulan? Hal tersebut menandakan siklus hormonal tidak lancar. Ada banyak penyebabnya, mulai dari keturunan (genetik), obesitas, kelelahan, pola makan dan konsumsi makanan yang tidak sehat, pola tidur yang tidak teratur, hingga jarangnya tubuh bergerak untuk olahraga.
Dengan melakukan diet yang baik, seperti menjaga pola makan, mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan minim nutrisi, dan rutin berolahraga, sedikit demi sedikit masalah hormonal ini akan teratasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapat bonus penurunan berat badan sekaligus tubuh yang lebih segar dan bugar.
com-Sun Life, ilustrasi berolahraga Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Sun Life, ilustrasi berolahraga Foto: Shutterstock
Diet meminimalisir potensi penyakit di masa tua, seperti diabetes
ADVERTISEMENT
Diet yang sehat juga dapat meminimalisir potensi penyakit di masa tua nanti. Misalnya saja diabetes. Penyakit tersebut dapat dialami oleh banyak orang, bahkan yang tubuhnya terlihat sehat sekalipun, jika asupan makanan yang dikonsumsi tidak terjaga. Itulah mengapa, mulai memperhatikan apa yang kita konsumsi, misalnya dengan menjaga asupan gula agar tak berlebihan, menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan.
Pun demikian dengan garam, yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung dan strok. Kuncinya adalah, konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang tanpa ada yang berlebihan. Dengan mulai memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, berbagai manfaat diet pun akan Anda rasakan.
Diet adalah investasi Anda untuk masa depan
Dengan menghindari potensi penyakit di masa tua, diet juga berarti akan membantu Anda untuk berinvestasi untuk masa depan. Dengan rutin melakukan diet, Anda turut berinvestasi untuk hari tua yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Imbasnya, keuangan Anda di masa tua nanti tidak akan terbebani dengan berbagai kebutuhan untuk pengobatan, yang bisa sangat mahal.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya, kesehatan tubuh memang tidak bisa dilepaskan dari kesehatan finansial. Kesehatan finansial bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, dan begitupun sebaliknya. Oleh karenanya, menjaga agar Anda terus sehat secara raga maupun keuangan menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Diet adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh.
Namun ingat, terapkan diet yang sehat agar dampaknya terasa baik bagi tubuh Anda. Yuk, mulai #LiveHealthierLives dengan menerapkan gaya hidup sehat demi masa tua yang lebih baik.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Sun Life Financial Indonesia.