kumparan
21 Agustus 2019 19:02

Berbagai Penyebab Kulit Ketiak Hitam

Ilustrasi ketiak
Ilustrasi ketiak. Foto: Shutterstock
Area ketiak memang tidak kerap terlihat. Meski tidak terlihat, ada satu hal yang menjadi momok bagi perempuan, yaitu masalah ketiak gelap atau hitam. Masalah ini sering kali menurunkan rasa percaya diri karena bisa mengganggu penampilan.
ADVERTISEMENT
Tentunya, kulit ketiak menggelap bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya, karena kebiasaan buruk yang kita lakukan.
Menurut dr. Melyawati Hermawan SpKK, ada tiga penyebab yang membuat ketiak menjadi gelap. Pertama, gesekan kulit ketiak. Biasanya ini terjadi pada orang yang memiliki tubuh gemuk. “Kalau tubuh gemuk, gesekan ketiak jadi semakin intens sehingga sel pigmen akan terangsang dan kulit menjadi gelap,” ucap dr. Mely saat dihubungi kumparanWOMAN.
Kedua, melakukan scrub yang berlebihan. Saat ketiak mulai menggelap kita biasanya melakukan scrub agar kulit mati terangkat. Namun, karena menginginkan hasil secepat mungkin, kita jadi terobsesi melakukan scrub terlalu sering. Padahal, gosokkan atau scrub yang terlalu sering akan merangsang peradangan pada sel pigmen.
ADVERTISEMENT
Terakhir, ketiak gelap bisa disebabkan karena iritasi terus menerus. Ini bisa terjadi karena penggunaan deodoran yang tidak cocok di kulit. Biasanya kita mengacuhkan hal tersebut karena gejalanya dianggap ringan. Pada akhirnya, iritasi yang terjadi setiap hari dapat menyebabkan sel pigmen menjadi hitam.
LIPSUS, Ketiak Berbulu vs Ketiak Licin, Ilustrasi mencukur
Ilustrasi mencukur bulu ketiak. Foto: Shutterstock
Sementara menurut dr. Refla Syarif SpKK, selain iritasi karena pemakaian deodoran, ketiak gelap juga bisa terjadi karena sering mencukur bulu ketiak dengan alat cukur. dr. Refla menjelaskan, iritasi pada ketiak dimulai dari berwarna merah kemudian penyembuhannya menjadi hiperpigmentasi pasca inflamasi yang berwarna coklat kehitaman.
dr. Refla menyarankan untuk tidak mencukur bulu ketiak sembarangan. Dia menyarankan untuk menghilangkan bulu di ketiak dengan waxing. Jika tidak sempat melakukan waxing, kita juga dapat membersihkan bulu ketiak dengan shaver khusus ketiak. "Jangan lakukan shaving pada ketiak dengan shaver untuk janggut atau kaki," kata dia.
ADVERTISEMENT
Untuk hasil maksimal, setelah mencukur bulu ketiak jangan lupa mengoleskan krim anti iritasi yang mengandung aloe vera. Jika masih terjadi iritasi, dr. Refla merekomendasikan penggunaan steroid topikal potensi rendah dua kali sehari setelah mandi. Sebaiknya ini dilakukan selama tiga hari. "Namun, bila iritasi tidak membaik, konsultasikan langsung ke dokter spesial kulit," pungkas dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan