Woman
·
13 Agustus 2020 8:33

Bercak Putih Pada Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Jadi Sebetulnya Apa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bercak Putih Pada Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Jadi Sebetulnya Apa? (3657)
Bercak Putih di Kuku Foto: Shutterstock
Ladies, pernahkah Anda melihat ada bercak atau garis putih pada kuku? Ada mitos yang mengatakan bahwa bercak putih yang ada di kuku merupakan tanda ada seseorang yang menyukai atau merindukan Anda. Tentu saja itu mitos belaka, karena sebetulnya ada penjelasan medis dari kondisi tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam istilah medis, bercak putih yang ada di kuku biasanya dikenal dengan nama leukonychia. Melansir Healthline, kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan bisa terjadi pada siapa saja. Selain itu, kondisi ini juga biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Penyebab munculnya bercak putih di kuku

Ada banyak sekali penyebab munculnya bercak putih di kuku. Berikut ini kumparanWOMAN rangkum beberapa penyebabnya, seperti dikutip dari Healthline.

1. Cedera pada kuku

Penyebab yang satu ini paling umum terjadi. Cedera pada bantalan kuku biasanya terjadi ketika kuku terjepit pintu atau terbentur benda keras. Selain itu, ada juga beberapa jenis cedera yang bisa mengakibatkan kemunculan bercak putih pada kuku; seperti tekanan terlalu keras saat manikur, kebiasaan menggigit kuku, hingga alas kaki kekecilan yang menyebabkan tekanan pada kuku kali.
ADVERTISEMENT

2. Reaksi alergi

Reaksi alergi terhadap penggunaan cat kuku dan penghapus cat kuku (aseton) juga bisa menyebabkan timbulnya bercak putih pada permukaan kuku. Selain itu, penggunaan kuku akrilik atau kuku gel juga bisa merusak kuku sehingga mengakibatkan kemunculan tanda putih pada kuku.

3. Infeksi jamur

Salah satu infeksi jamur yang kerap menyerang kuku jari kaki adalah onikomikosis. Onikomikosis ini biasanya ditandai dengan kemunculan titik-titik putih kecil pada kuku. Selain itu, jenis infeksi ini juga bisa menyebar ke bantalan kuku dan kerap membuat kuku jadi tampak lebih tebal dan rapuh.

4. Kekurangan mineral

Kekurangan mineral atau vitamin dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bercak putih pada kuku. Kekurangan mineral dalam tubuh yang sering dikaitkan dengan masalah ini adalah zinc dan juga kalsium.
ADVERTISEMENT

5. Penyakit sistemik

Penyebab munculnya bercak putih pada kuku juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemik. Meski begitu, penyebab ini tergolong sangat jarang terjadi. Penyakit sistemik sendiri merupakan suatu kondisi medis serius yang menyerang sejumlah organ dan jaringan tubuh secara keseluruhan. Beberapa contoh penyakit sistemik, seperti; diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, psoriasis atau eksim, hingga pneumonia.

Gejala

Bercak Putih Pada Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Jadi Sebetulnya Apa? (3658)
Bercak Putih di Kuku Foto: Shutterstock
Bercak putih pada kuku biasanya muncul dengan berbagai bentuk; mulai dari titik kecil seukuran ujung pena, garis putih di sepanjang kuku, hingga bercak putih yang lebih besar.
Sementara itu, penyebab munculnya bercak putih pada kuku juga mungkin saja menentukan bagaimana (bentuk) bercak-bercak itu muncul. Sebagai contoh, jika bercak itu disebabkan oleh cedera biasanya akan muncul titik putih besar di tengah kuku. Sementara itu, jika bercak putih itu disebabkan oleh reaksi alergi maka dapat menyebabkan beberapa titik di seluruh kuku.
ADVERTISEMENT
Yang perlu diingat, jika bercak putih itu hanya muncul di satu atau beberapa kuku jari saja, Anda tidak perlu merasa khawatir. Sebaliknya, jika garis putih itu muncul begitu banyak pada kuku atau bahkan hampir semua di kuku jari, Anda patut waspada. Hal ini mungkin saja menandakan adanya kondisi medis yang serius yang terjadi pada tubuh, sehingga Anda harus segera mengkonsultasikannya ke dokter.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)