Woman
·
14 Januari 2021 10:25

Beredar Foto Raja Thailand & Selir Sapu Lantai Penjara, Aksinya Jadi Sorotan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beredar Foto Raja Thailand & Selir Sapu Lantai Penjara, Aksinya Jadi Sorotan (431948)
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (kiri) bersama Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memang selalu berhasil menjadi sorotan banyak pasang mata. Belum lama ini, ia kembali menjadi sorotan ketika Istana Kerajaan Thailand merilis foto-foto ketika Raja Maha Vajiralongkorn bersama selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi, sedang menyapu lantai penjara.
ADVERTISEMENT
Dalam foto-foto yang beredar, keduanya tampil kompak mengenakan polo shirt yang dipadukan dengan celana jeans panjang dan sepatu. Penampilan mereka itu kemudian dimaksimalkan dengan rambut yang tertata rapi. Sementara di foto yang lain, tampak Raja Vajiralongkorn dan Sineenat sedang berbicara dengan seorang pejabat.
Mengutip AFP, aksi Raja Vajiralongkorn dan selirnya itu ternyata dalam rangka publisitas untuk ditayangkan dalam buletin malam kerajaan di saluran televisi pemerintah dan swasta, pada Sabtu (9/1). Sebuah segmen menampilkan Raja Vajiralongkorn dan selirnya sedang memeriksa proyek penjara Thailand yang terkenal.
Ya, dalam beberapa bulan terakhir, pihak Istana Kerajaan Thailand telah meningkatkan penampilan publik Raja Vajiralongkorn di tengah aksi protes besar-besaran di Bangkok sejak 2020. Aksi tersebut menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha dan reformasi monarki.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itulah, penampilan publik Raja Vajiralongkorn bersama keluarga kerajaan semakin meningkat. Tak jarang, Sineenat pun ikut bergabung dalam acara-acara publik kerajaan. Apalagi Raja Vajiralongkorn juga telah menunjuk Sineenat sebagai wakil penasihat di sebuah komite yang berfokus pada perawatan kesehatan narapidana, demikian ditulis AFP.
“Komite itu akan membantu dalam mengatur narapidana agar memiliki akses perawatan medis yang didasarkan pada standar hak asasi manusia,” kata pihak Istana Thailand.

Gelar Sineenat pernah dicopot

Beredar Foto Raja Thailand & Selir Sapu Lantai Penjara, Aksinya Jadi Sorotan (431949)
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Sineenat sendiri diangkat menjadi selir Raja Thailand pada Juli 2019. Namun, tiga bulan kemudian dia ditangkap dan dipenjara. Setelah itu, pangkat dan gelarnya dicopot karena dituduh tidak setia dan berambisi menyamai posisi permaisuri, Ratu Suthida.
Akan tetapi pada September 2020 lalu, Raja Vajiralongkorn membebaskan Sineenat dan memulihkan gelarnya. Selain itu, pihak istana juga kerap melibatkan Sineenat dalam acara-acara publik kerajaan.
ADVERTISEMENT