Woman
·
19 Oktober 2020 20:25

Berendam Air Panas Bisa Turunkan Kalori seperti Jalan Kaki 30 Menit, Benarkah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berendam Air Panas Bisa Turunkan Kalori seperti Jalan Kaki 30 Menit, Benarkah? (35429)
Berendam Air Panas Bisa Turunkan Kalori seperti Jalan Kaki 30 Menit, Benarkah?. Foto: Shutter Stock
Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Selain berolahraga, kita bisa menjaga pola makan hingga melakukan diet sehat. Tak hanya itu, ternyata ada cara lain yang bisa ditempuh dengan mudah, yaitu menurunkan kalori dengan berendam air panas. Tapi benarkah kegiatan ini bisa bisa efektif turunkan kalori?
ADVERTISEMENT
Sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti Steve Faulkner dari Universitas Loughborough Inggris menyatakan bahwa berendam air panas dapat mempercepat pembakaran kalori pada tubuh. Bagaimana bisa?
Dari penelitian tersebut, muncul kesimpulan bahwa tubuh bisa membakar kalori lebih banyak jika berada dalam temperatur yang cukup panas. Saat melakukan penelitian tersebut, Faulkner mengatakan tim risetnya memilih suhu 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) agar tubuh menjadi cukup panas untuk memicu respon molekuler yang mereka yakini punya manfaat penting untuk kesehatan.
Penelitian tersebut melibatkan partisipan yang diminta untuk bersepeda selama satu jam dan di waktu yang berbeda disuruh untuk berendam dengan air panas selama satu jam dengan suhu 40 derajat celcius. Saat berendam air panas, para partisipan tercatat membakar 130 kalori. Ketika dihitung, ternyata jumlah kalori yang terbakar itu sama dengan ketika seseorang berjalan kaki selama 30 menit.
Berendam Air Panas Bisa Turunkan Kalori seperti Jalan Kaki 30 Menit, Benarkah? (35430)
Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
Sayangnya, riset ini hanya dilakukan pada pria. Sehingga belum diketahui apakah perempuan juga bisa membakar kalori yang sama hanya dengan berendam air panas. Selain kalori, penelitian tersebut juga mengamati tentang gula darah yang bisa menurun hingga 10 persen setelah berendam. Penurunan gula darah ini lebih baik jika dibandingkan dengan jumlah gula darah setelah seseorang bersepeda.
ADVERTISEMENT
Meski begitu pihak peneliti sendiri masih belum yakin berapa kali seseorang harus berendam air panas supaya kalori dalam tubuh bisa berkurang dengan maksimal.
Berendam Air Panas Bisa Turunkan Kalori seperti Jalan Kaki 30 Menit, Benarkah? (35431)
Ilustrasi berendam air panas. Foto: Shutter Stock
"Sama dengan olahraga, harusnya berendam air panas tiga kali seminggu selama 60 menit bisa dilakukan untuk mengurangi kalori secara efektif," ungkap Steve Faulkner seperti dikutip dari Insider.
Untuk itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan supaya bisa memastikan apakah berendam air panas benar-benar bisa efektif untuk membantu menurunkan kalori dalam tubuh.
Tapi kalau kamu ingin mencoba juga tidak ada salahnya lho Ladies. Kalaupun kalori tidak banyak berkurang setelah berendam air panas, setidaknya tubuh kamu jadi lebih rileks dan tidur bisa lebih nyenyak.