kumparan
13 Juni 2019 17:49

Bikin Depresi, Selena Gomez Tidak Punya Instagram di Ponsel Pribadinya

Selena Gomez
Selena Gomez Foto: REUTERS/Stephane Mahe
Anda tentu masih ingat ketika Selena Gomez menjadi satu-satunya selebriti yang mendapat followers Instagram terbanyak di dunia pada sekitar tahun 2016. Kala itu, Selena diikuti oleh sekitar 146 jutaan orang di akun Instagram @selenagomez miliknya. Di tahun yang sama, salah satu foto Selena juga pernah dinobatkan sebagai foto yang paling banyak disukai dengan jumlah likes lebih dari 4 jutaan hanya dalam waktu beberapa hari saja.
ADVERTISEMENT
Namun, siapa yang menyangka bila ternyata menjadi orang yang memiliki followers Instagram terbanyak di dunia tidak membuat Selena Gomez senang. Pemain film Dead Don’t Die ini justru mengatakan bahwa media sosial bisa membuatnya depresi dan sama sekali tidak peduli dengan jumlah pengikut media sosial yang ia miliki.
“Semua ini tidak berarti. Saya tidak peduli seberapa banyak pengikut yang saya miliki,” ungkap Selena seperti dikutip dari People.
Maka tak heran jika Selena pun akhirnya mengumumkan untuk rehat dari media sosial pada September 2018 di akun Instagram miliknya melalui sebuah unggahan foto. Setahun berikutnya, dalam sebuah wawancara pada sekitar bulan Mei 2019, penyanyi 26 tahun itu mengatakan bila media sosial sangat berbahaya bagi generasi muda seusianya.
ADVERTISEMENT
“Saya rasa dunia kita telah banyak mengalami berbagai hal. Saya bisa mengatakan bahwa media sosial sangat buruk, terutama bagi generasi saya,” tuturnya Selena kepada Variety saat menghadiri Cannes Film Festival beberapa waktu lalu.
Ia juga menyadari bahwa menggunakan media sosial terlalu sering itu sangat tidak sehat, baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik seseorang.
Sepertinya, beberapa hal di atas menjadi alasan mengapa Selena Gomez tidak memiliki aplikasi Instagram di ponselnya sendiri. Ia menyimpannya di ponsel orang lain dan hanya menggunakannya seperlunya saja.
“Itu (Instagram) akan membuat saya depresi. Membuat saya merasa diri saya buruk, menilai tubuh saya dengan pandangan yang berbeda, dan hal-hal lainnya. Jadi saya tidak punya (Instagram) di ponsel saya. Saya menyimpannya di ponsel orang lain dan ketika ingin berbagi sesuatu dengan penggemar atau bermain saja, saya akan memakainya,” kata Selena saat wawancara TV bersama Kelly Ripa dan Ryan Seacrest dalam acara Live with Kelly and Ryan.
ADVERTISEMENT
Selena menambahkan bahwa terlalu sering menggunakan media sosial sangat tidak sehat dan mempengaruhi pikiran, terutama bagi generasi muda seperti dirinya.
“Saya menyadari bahwa saya bisa depresi melihat orang-orang cantik dan luar biasa, dan itu bisa membuat saya merasa sangat down,” tambahnya. Maka dari itu, menurut Selena istirahat sejenak dari media sosial merupakan hal penting yang harus dilakukan.
(NOT COVER) Selena Gomez, Premier Film The Dead Don't Die
Penampilan Selena Gomez di Premier Film The Dead Don't Die. Foto: Getty Images/Theo Wargo
“Ketahuilah bahwa kebanyakan yang ada di media sosial itu tidak nyata. Saya tidak suka mengatakan ini, dan saya bukan bermaksud tidak sopan, tapi itu (media sosial) merupakan hal yang sangat tidak realistis,” jelasnya lagi.
Ia kemudian menyarankan agar generasi muda mulai membatasi diri menggunakan media sosial. Meski begitu, Selena Gomez tetap merasa beruntung atas kehadiran teknologi seperti media sosial yang bisa memudahkan banyak orang menyuarakan pendapatnya. Namun, ia menyarankan agar setiap orang memiliki batasan dan berhati-hati dalam menggunakannya.
ADVERTISEMENT
“Ini bisa menjadi momen yang luar biasa. Saya akan berhati-hati. Berikan batas waktu kapan Anda harus menggunakannya,” tandas Selena Gomez.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan