Woman
·
12 September 2021 18:55
·
waktu baca 4 menit

Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size (430799)
searchPerbesar
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size. Foto: Dok. Istimewa
Ladies, di tengah maraknya pembahasan isu body positivity dan keberagaman, perempuan jadi lebih percaya diri dalam berpenampilan, termasuk perempuan plus size. Namun tidak semua perempuan plus size bisa tampil percaya diri. Masih adanya stigma dan standar kecantikan kadang jadi momok tersendiri bagi sebagian dari kita.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini biasanya membuat kita jadi minder dan tak bebas berekspresi lewat busana. Alhasil pemilihan baju yang dipakai itu-itu saja. Padahal meskipun tidak mudah, bukan berarti perempuan plus size tidak bisa tampil menarik dan percaya diri lho Ladies. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya kita bisa lebih mencintai tubuh kita apa adanya dan merasa nyaman dengan busana yang dikenakan.
Nah, untuk memudahkan kamu, kumparanWOMAN telah melakukan wawancara khusus dengan tiga plus size influencer yang aktif bicara soal body positivity di media sosial. Tak hanya memberikan tips padu padan, mereka juga memberikan saran pemilihan busana yang bisa membuat kamu lebih percaya diri.
Kira-kira seperti apa tips dan triknya? Simak selengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT
Intan Kemala Sari-Mengandalkan tunik untuk tampil lebih modest atau sopan
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size (430800)
searchPerbesar
Intan Kemala Sari. Foto: Dok. Istimewa
Influencer plus size dengan jumlah followers 53 ribu lebih ini suka mengenakan busana yang punya warna cerah dan pastel. Dalam memadukannya, Intan lebih suka memakai warna-warna yang matching alias tidak color blocking.
Pemilihan model busananya sendiri, perempuan 30 tahun ini lebih percaya diri kalau mengenakan tunik. Menurutnya, model tunik yang cenderung panjang sepaha bisa menutupi area bokong. Ia kerap memilih tunik dengan potongan A-line supaya lekuk tubuh masih terlihat namun tetap modest atau sopan.
Selain itu, Intan juga sering menyesuaikan busana dengan hijab yang ia kenakan sehari-hari. Jadi kalau bajunya sudah bermotif, ia pasti pilih hijab yang polos.
"Sebenarnya aku tidak ada tips yang spesifik. Tapi menurut aku yang penting apa pun busananya harus bikin kita nyaman dan percaya diri. Meski banyak tren fashion di luar sana, kita enggak harus mengikuti semuanya. Tetap perhatikan apakah tren tersebut cocok dengan karakter kita atau tidak," ungkap Intan Kemala Sari kepada kumparanWOMAN.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Irene Tan-Memilih busana sesuai bentuk tubuh
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size (430801)
searchPerbesar
Irene Tan. Foto: Dok. Istimewa
Bagi Irene Tan, memilih busana yang tepat untuk perempuan plus size bisa jadi gampang-gampang susah. Curvy model dan body positivity influencer dengan followers 29 ribu lebih ini meyakini bahwa kita harus berbusana sesuai dengan bentuk tubuh. Hal ini sangat penting, sebab kalau salah baju yang kita pakai bisa membuat tampilan kita jadi kurang cocok.
Punya tubuh plus size itu memang tricky dalam padu padan busana, tapi bukan berarti kita tidak bisa berpenampilan menarik. Kenali dulu bentuk tubuh kamu seperti apa, baru nanti bisa menemukan busana dengan model yang cocok," pungkas Irene Tan kepada kumparanWOMAN.
Irene sendiri punya bentuk tubuh pear shape. Dengan bentuk tubuh ini, ia suka memilih busana yang punya lekukan di area pinggang. Biasanya Irene memakai gaun yang menonjolkan waistline. Kalau tidak ada, ia akan mengakalinya dengan memakai belt. Tak hanya itu, Irene juga menghindari gaun atau celana yang terlalu panjang sebab tubuhnya tidak tinggi.
ADVERTISEMENT
"Aku dari dulu tidak pernah cocok pakai celana jeans dan aku tidak pernah percaya diri saat pakai jeans. Selain itu, aku juga suka pakai busana yang bisa menonjolkan area kaki karena bisa bikin aku tampak lebih tinggi, lalu dipadukan dengan sepatu atau sandal berhak tapi tidak terlalu tinggi," jelasnya.
Aldhiya-Mengenakan busana yang menonjolkan bagian tubuh favorit
Bikin Makin Percaya Diri, Ini Tips Padu Padan Busana dari 3 Influencer Plus Size (430802)
searchPerbesar
Aldhiya Adha. Foto: Dok. Istimewa
Dalam setiap acara, Aldhiya, influencer yang sering membahas tentang kecantikan dan body positivity ini selalu mengutamakan kenyamanan saat memilih busana. Ia juga selalu menyesuaikan busana dengan lokasi atau acara yang dihadiri. Selama ini, ia lebih suka memakai dress karena lebih simpel dan nyaman.
"Perempuan plus size itu punya bentuk tubuh yang beda-beda. Ada yang besar di area dada, lengan, perut, atau paha. Cari tahu tipe badan kita seperti apa, lalu sesuaikan dengan model baju. Aku sendiri lengannya besar. Jadi aku pasti cari yang bisa menutupi lengan dan menyamarkan perut," tutur Aldhiya.
ADVERTISEMENT
Untuk pemilihan modelnya sendiri, perempuan dengan jumlah pengikut 9.777 ini sering mengandalkan dress model off-shoulder.
"Aku suka pakai dress off-shoulder supaya yang melihat akan langsung fokus pada pundak aku, bukan pada bagian tubuh lain," jelasnya.
Supaya makin tampil percaya diri, Aldhiya memadukan busananya dengan kalung statement. Menurut Aldhiya kalung bisa mendukung tampilannya dalam balutan dress off-shoulder. Tak hanya itu, ia juga kadang suka pakai anting panjang sebagai pengganti kalung.