kumparan
29 Mei 2019 12:57

Cara Berjalan yang Tepat untuk Postur Tubuh Ideal

Ilustrasi berjalan kaki
Ilustrasi berjalan kaki Foto: Shutterstock
Memiliki postur tubuh yang bungkuk dapat membuat kurang percaya diri. Selain berpengaruh pada penampilan, postur tubuh yang tak ideal bisa memberikan efek pada kesehatan seperti mudah sakit punggung hingga nyeri sendi.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya memiliki bentuk tubuh ideal tidak sulit. Hanya dengan cara berjalan yang tepat pada keseharian, Anda bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal.
Menurut Professional Walking Instructor Rahasia Berjalan Alami Idayanti Sudiro, untuk memulai cara berjalan yang benar harus diawali dengan berdiri yang baik. Menurutnya, ketika Anda berdiri sebaiknya posisi kaki selebar tulang pinggul. Dan arah kaki berada dalam posisi lurus.
“Arah kaki sebaiknya lurus. Jika kita melihat dari atas itu seperti angka 11. Melangkah jangan terlalu panjang, jadi melangkah setengah saja,” jelas Idayanti saat workshop Talk The Walk di Skechers Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Selasa (29/5).
Ilustrasi berjalan kaki
Ilustrasi berjalan kaki Foto: Shutterstock
Jika kita sudah berdiri dengan posisi yang benar, maka ketika melangkah pastikan pandangan lurus ke depan dan tidak menunduk. Saat berjalan dahulukan tumit untuk melangkah dengan setengah melangkah.
ADVERTISEMENT
“Coba kaki kiri diangkat, tumitnya ditaruh, pandangan ke depan. Pasti akan terasa kedua otot kaki dan perutnya otomatis masuk ke dalam. Bahunya juga menjadi tegak,” ucapnya sambil mempraktikkan.
Idayanti menambahkan, hanya dengan langkah pertama, Rahasia Berjalan Alami (RBA) sudah bisa membentuk postur tubuh ideal. Jika setiap berjalan Anda menerapkan cara ini, akan mencegah nyeri otot dan dapat mengecilkan perut yang buncit.
“Jadi otot-ototnya terpakai dengan cara RBA diharapkan postur tubuh lebih tegak dan tulang belakan jadi lebih terjaga,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan