Woman
·
13 Oktober 2020 16:05

Cara Diet DEBM yang Tengah Populer karena Dipercaya Ampuh Turunkan Berat Badan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Diet DEBM yang Tengah Populer karena Dipercaya Ampuh Turunkan Berat Badan (95704)
Diet.Foto: Pixabay/ zuzyusa
Diet DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) sedang populer dan diperbincangkan banyak orang. Program diet yang dikenalkan oleh Robert Hendrik Liembono ini telah mendapat testimoni dari sejumlah orang yang mengaku berhasil menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Angka berat badan yang turun pun bervariasi dan tidak sama antara satu dengan lainnya. Ada yang mengatakan kalau dirinya berhasil menghilangkan 12kg berat badan dalam waktu satu bulan, tetapi ada juga yang hanya turun di bawah 5kg dalam rentang waktu sebulan. Menurut Robert dalam IGTV yang diunggah pada 21 Agustus 2020, DEBM memang hanya menargetkan 2-3kg dalam sebulan. Jadi wajar saja bila ada yang tidak turun secara drastis seperti beberapa testimoni orang di kolom komentar media sosial.
Untuk melakukan DEBM ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pantangan karbohidrat hingga memilih makanan tertentu yang tinggi lemak dan protein. Lebih jelasnya, yuk simak cara diet ala Robert berikut ini.
ADVERTISEMENT

Hindari makanan mengandung karbohidrat

Orang yang menjalankan program diet ini perlu melakukan pantangan karbohidrat. Mengutip dari Healthline, terdapat beberapa makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu buah, produk susu, roti, pasta, nasi, dan masih banyak lagi. Menurut Robert, sarapan yang ada karbohidratnya membuat orang menjadi gemuk akibat kekenyangan dan cepat merasa lapar.
Pria ini bercerita bahwa dulunya dia memiliki berat badan lebih dari 100kg karena sering sarapan nasi dan makanan lainnya yang tinggi karbohidrat. Namun sejak diganti dengan telur rebus, berat badannya kini menjadi sekitar 70kg dan kini tidak mudah merasa lapar. Hal ini juga diakui oleh beberapa orang yang telah menerapkan program DEBM melalui grup Facebook bernama Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan.
ADVERTISEMENT

Konsumsi makanan tinggi lemak dan protein

Dalam program DEBM ini, orang hanya bisa mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan protein. Dalam unggahannya di Facebook pada 25 September 2020, Robert mengatakan kalau saat ini dia hanya mengonsumsi telur, ikan, ayam, dan keju.
Melansir dari Healthline, protein memang ampuh mengurangi rasa lapar dan bagus untuk tulang. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung protein akan membuat kamu terhindar dari keinginan untuk makan cemilan di malam hari, serta membantu metabolisme tubuh. Di sisi lain, lemak berperan sebagai cadangan energi dan bantu menjaga organ tubuh, serta membuat penyerapan vitamin lebih maksimal.
Bila kamu melihat media sosial Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan di Facebook ataupun @resep_inspirasi_debm di Instagram akan tampak beberapa resep makanan ala DEBM yang bisa diikuti oleh siapapun yang ingin mencoba. Kamu bisa mengikuti beberapa resep tersebut dan menjadikannya sebagai bagian dari menu harian selama menjalankan DEBM.
ADVERTISEMENT