Woman
·
7 November 2020 11:11

Cara Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron supaya Awet & Tahan Lama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron supaya Awet & Tahan Lama (109374)
Ilustrasi Peralatan Masak Foto: Shutterstock
Saat ini ada beragam peralatan masak yang dijual demi memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah alat masak yang terbuat dari bahan cast iron. Dalam bahasa Indonesia, cast iron ini disebut dengan besi tuang atau besi cor, yang kerap digunakan untuk bahan pembuatan panci maupun wajan.
ADVERTISEMENT
Peralatan masak dari besi tuang ini memang memiliki beberapa keunggulan, yaitu bisa menahan panas lebih lama dan cenderung lebih awet dibanding peralatan lainnya. Namun, untuk menjaga ketahanan alat masak besi tuang ini tentu saja membutuhkan usaha dan perawatan ekstra agar bisa terhindar dari kerusakan.
Adapun salah satu hal penting yang perlu diterapkan dalam perawatannya adalah Anda harus selalu memastikan peralatan dalam kondisi kering dengan sempurna sebelum menyimpannya. Ini bertujuan untuk menjaga alat masak bebas dari karat dan memudahkan pembersihan usai memasak. Tak hanya itu, berikut ini masih ada pula beberapa cara membersihkan lain yang perlu diterapkan agar alat masaknya awet dan bisa dipakai lama.

1. Cuci dan keringkan

Sama seperti peralatan masak lainnya, besi tuang juga perlu dibersihkan memakai sabun dan digosok dengan lembut hingga bersih. Melansir New York Times, untuk membersihkan dan membilasnya Anda disarankan untuk memakai air panas agar kotoran bisa lebih mudah terangkat.
ADVERTISEMENT
Setelah dibilas sampai bersih, pastikan juga alat masak Anda sudah kering dengan baik dan bebas dari lembap untuk mencegah peralatan berkarat. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa meletakkan kembali peralatan masak ini di atas kompor atau oven pada suhu 200 hingga 300 derajat Fahrenheit untuk memastikan tidak ada lagi air yang tersisa.

2. Tambahkan garam bila ada kotoran menempel

Cara Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron supaya Awet & Tahan Lama (109375)
Ilustrasi garam Foto: Shutter Stock
Hal yang paling mengganggu saat membersihkan peralatan dapur adalah kotoran membandel yang sulit diangkat. Untuk mengatasinya, tambahkanlah ¼ cangkir garam dapur dan beberapa tetes air hangat, kemudian taruh di atas peralatan besi tuang yang masih panas.
Setelah kotoran berhasil diangkat, lakukanlah cara pertama untuk memastikan alat masak Anda sudah kering dengan sempurna agar tidak berkarat.
ADVERTISEMENT

3. Pakai spons untuk bersihkan karat

Cara Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron supaya Awet & Tahan Lama (109376)
Ilustrasi spons pencuci piring Foto: Dok.Shutterstock
Salah satu cara mudah membersihkan besi tuang dari karat adalah dengan menggunakan sisi spons yang kasar dan gosok secara perlahan. Hindarilah menggosok terlalu kasar dan bila Anda kesulitan membersihkannya, disarankan untuk memakai pembersih yang terbuat dari karet. Anda juga bisa menambahkan sedikit air dan beberapa tetes sabun cuci piring agar lebih mudah dibersihkan.
Namun bila karatnya menyelimuti semua bagian, Anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan merendam peralatan masak menggunakan cuka dan air dalam jumlah yang seimbang. Coba diamkanlah selama 1 jam dan lihat perubahannya.
Kalau masih ada sisa karat, letakkan kembali ke rendaman air dan cuka, tetapi jangan sampai membiarkannya selama seharian penuh karena hanya akan memperparah kondisi peralatan masak besi tuang atau cast iron.
ADVERTISEMENT

4. Oleskan minyak sayur

Cara Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron supaya Awet & Tahan Lama (109377)
Ilustrasi minyak sayur. Foto: Shutterstock
Orang biasanya membersihkan peralatan agar bebas dari kotoran dan minyak, tetapi beda halnya dengan alat masak yang terbuat dari besi tuang. Usai mengeringkannya, Anda perlu mengoleskan sedikit minyak sayur agar alat masak tampak lebih mengkilap.
Dalam Your Tango, Seamus Mullen, seorang chef di Institute of Culinary Education New York menyarankan untuk meletakkan alat masak yang sudah dibaluri minyak ke dalam oven selama 1 jam. Setelah dikeluarkan, keringkan dulu sisa minyak berlebih pada peralatan masak menggunakan tisu, lalu disimpan.
Nah, jangan sampai salah merawat peralatan masak, ya. Pastikan Anda menggunakan teknik pembersihan yang tepat untuk setiap jenis alat masak yang dimiliki.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)