Woman
·
3 April 2020 14:14

Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah (144230)
Ilustrasi Masker Kain Foto: Dok. Shutterstock
Ketersediaan masker yang mulai menipis membuat masyarakat kini beralih menggunakan masker berbahan kain yang dibuat secara mandiri. Selain mudah dijangkau, masker kain dijadikan alternatif karena dianggap memiliki harga yang lebih terjangkau. Disebut demikian, karena masker kain bisa dipakai berulang sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak.
ADVERTISEMENT
Menurut, dr. Erlina Burhan, Sp.P (K), M.Sc, Ph.D, dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) di RSUP Persahabatan, masker kain bisa menjadi alternatif untuk masyarakat sehat dalam menjaga diri dari penularan virus corona. Meski begitu, dr. Erlina menyebut bahwa masker kain memang tidak seefektif masker bedah dalam menyaring partikel.
"Masker kain ini bisa dipakai oleh masyarakat yang sehat untuk digunakan di tempat umum dan fasilitas lainnya, tapi tetap menjaga jarak 1-2 meter. Kenapa? Karena masker kain ini tidak bisa memproteksi masuknya semua partikel dan tidak disarankan (dipakai) oleh tenaga medis, dengan alasan bahwa 40-90 persen partikel bisa menembus masker kain,” ungkap dr. Erlina dalam live streaming dengan tema ‘Protokol Pemakaian Masker’ di gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4) lalu.
ADVERTISEMENT
Meski tidak seefektif masker bedah dalam menyaring partikel, namun dr. Erlina juga menyebut bahwa masker kain ini memiliki keuntungan karena bisa dipakai berulang.
“Tapi tentu saja harus dicuci dengan detergen dan bila perlu pakai air panas. Karena detergen dan air hangat bisa mematikan virus,” tegas dr. Erlina.
Nah Ladies, bagi Anda yang ingin mencoba membuat masker kain di rumah, Anda bisa memanfaatkan kain perca alias kain sisa yang sudah tidak dipakai lagi. Selain itu, cara membuatnya juga terbilang mudah dan bisa Anda langsung praktikan sendiri.
Bagi Anda yang penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat masker kain di rumah, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya untuk Anda.
Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah (144231)
Ilustrasi Masker dari Kain Perca Foto: YouTube/Achan’s Diary

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Kain perca (untuk luaran)
ADVERTISEMENT
Kain katun (untuk dalaman)
Karet untuk tali masker
Kardus bekas atau karton untuk membuat pola
Gunting
Jarum
Benang (sesuaikan warnanya dengan kain)
Jarum pentul
Penggaris
Pensil

Langkah-langkah

1. Cuci tangan dan bersihkan seluruh peralatan yang akan digunakan
2. Buatlah template dari kardus atau karton dengan pola sebagai berikut:
Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah (144232)
Ilustrasi Masker dari Kain Perca Foto: YouTube/Achan’s Diary
3. Setelah itu, potong kain perca dan katun sesuai template tadi. Namun, saat memotong kain perca pastikan ukurannya dilebihkan pada setiap sisi. Di mana bagian bawah dan atas dilebihi 0,7 cm, dan samping diberikan lebihan 1,5 cm.
4. Jika sudah, lipatlah kain katun dan kain perca.
5. Setelah itu jahit bagian yang berbentuk “V”, namun sebelum dijahit tusuk dahulu dengan jarum pentul agar kain tidak bergeser.
ADVERTISEMENT
6. Jika bagian “V” sudah dijahit, satukan kain perca (untuk lapisan luar) dan kain katun (untuk lapisan dalam).
7. Lalu tusuk dengan jarum pentul di berbagai sisi agar kain tidak bergeser.
8. Jika sudah, jahit dengan tangan sekeliling kain tersebut menjadi satu. Anda bebas menggunakan pola jahitan apa saja, yang penting jahitannya kuat. Namun, sisakan bagian samping untuk tidak dijahit.
9. Balik masker yang telah dijahit, setelah itu lipat bagian samping (yang belum dijahit tadi) ke arah tengah, lalu jahit.
10. Untuk membuat tali masker, lipatlah bagian samping ke arah tengah, lalu jahit. Lakukan langkah ini untuk bagian samping masker yang satunya.
11. Siapkan dua tali karet dengan panjang 33 cm (panjang tali karet ini menyesuaikan dengan ukuran wajah).
ADVERTISEMENT
12. Masukkan tali tersebut dengan bantuan peniti ke dalam lipatan masker di bagian samping.
13. Jika sudah, ikat tali karet agar bisa dipakai dan lakukan langkah ini untuk bagian masker yang satunya lagi.
14. Masker wajah dari kain perca siap dipakai.
Bagaimana Ladies tertarik mencoba membuat masker sendiri di rumah? Selamat mencoba!
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran virus Corona. Yuk, bantu donasi sekarang!