Woman
·
10 Januari 2021 10:02

Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit (135981)
Ilustrasi Perempuan Memakai Toner Foto: Shutter Stock
Dalam rutinitas perawatan wajah, pemakaian toner merupakan langkah awal yang penting sebelum kamu menggunakan produk skin care lain. Toner tak hanya berfungsi untuk mengangkat kotoran dan makeup dari wajah, tetapi juga bisa menenangkan, menyegarkan, meremajakan, melembapkan, dan menghaluskan kulit wajah. Penggunaan toner juga biasanya masuk pada tahap kedua setelah membersihkan wajah dengan cleanser atau sabun cuci muka.
ADVERTISEMENT
Sama seperti produk pelembap dan pembersih wajah, memilih toner juga tidak boleh asal dan sembarangan. Sebab, ada banyak sekali produk toner dari brand skin care ternama yang dibuat sesuai dengan jenis kulit atau kondisi wajah. Mulai dari kulit normal atau kombinasi, kering, berminyak, hingga sensitif.
Karena alasan itulah, kita pun harus memilih produk toner yang tepat berdasarkan jenis kulit agar manfaat yang didapat jauh lebih maksimal. Lalu, bagaimana cara memilih produk toner yang tepat sesuai jenis kulit? Berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya seperti dikutip dari Insider.

Kulit kombinasi

Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit (135982)
Ilustrasi kulit kombinasi. Foto: Shutterstock
Kulit kombinasi biasanya ditandai dengan kulit yang berminyak di area T-zone (seperti dahi, hidung, dan sekitar pipi) sementara kering di luar area tersebut. Oleh karena itu, kamu pun disarankan untuk memilih toner dengan kandungan lactic acid. Kandungan ini kabarnya bisa menghidrasi di area kulit kering, dan cukup lembut di area kulit sensitif dan berminyak. Selain itu, kandungan ini juga tidak akan membuat kulit kamu menipis.
ADVERTISEMENT

Kulit berminyak atau rawan berjerawat

Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit (135983)
Ilustrasi kulit berminyak Foto: Shutterstock
Untuk kulit berminyak atau rawan berjerawat, memilih toner yang tepat itu sangatlah penting. Alih-alih memperoleh kulit yang sehat dan bersih, salah memilih toner justru akan menambah masalah kulit baru atau memperparah kondisi jerawat. Karena itu, pilihlah toner yang lembut dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit dan membantu mencegah pori-pori tersumbat (penyebab timbulnya jerawat dan komedo).
Bahan-bahan seperti AHA, BHA, hingga salicylic acid, merupakan salah satu contoh bahan-bahan yang bisa membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan membantu mengontrol produksi minyak. Selain bahan-bahan itu, pilihlah toner yang mengandung witch hazel yang bisa membantu mengencangkan pori-pori dan membantu mengurangi peradangan di kulit.

Kulit kering

Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit (135984)
Ilustrasi Kulit Kering Foto: Shutterstock
Pemilik kulit kering disarankan untuk pemilih toner yang bisa meningkatkan dan mengunci kelembaban. Pastikan toner yang kamu pilih mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan glycerin yang bisa membantu melembapkan kulit.
ADVERTISEMENT
Glycerin kerap disebut sebagai magnet kelembapan karena kemampuannya yang bisa menarik uap air di udara,” kata dokter kulit & kosmetik, Michele Green, MD, saat diwawancarai Insider.
Pastikan kamu juga menghindari produk toner yang mengandung alkohol atau salicylic acid, karena kedua kandungan itu bisa membuat kulit semakin kering dan menyebabkan iritasi.

Kulit sensitif

Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai Jenis Kulit (135985)
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: Shutterstock
Kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit kemerahan dan iritasi. Karena itu, pilihlah produk toner berformula lembut di kulit. Selain itu, pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan alami seperti chamomile yang bisa menenangkan kulit, hingga lidah buaya yang bisa meredakan iritasi kulit, mengurangi kemerahan, dan meningkatkan produksi sel kulit.