kumparan
16 Januari 2020 12:09

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Skin Care yang Tepat

Hati-hati pecahkan jerawat.
Ilustrasi cara menghilangkan jerawat. Foto: Thinkstock
Cara menghilangkan jerawat terbagi menjadi beberapa metode. Ada yang menggunakan cara alami seperti menggunakan lidah buaya dan cuka apel, tetapi banyak pula yang mempercayai kemampuan skin care sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, masih banyak perempuan yang bingung dalam menggunakan skin care yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Ada yang merasa tidak memiliki efek apa-apa di wajah, ada pula yang justru mengaku wajahnya semakin berjerawat. Ladies, apakah Anda salah satunya?
Untuk itu, berikut kumparanWOMAN rangkum cara menghilangkan jerawat dengan skin care yang tepat seperti dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

1. Sabun muka dengan kandungan benzoyl peroxide

ILUSTRASI CUCI MUKA
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Saat ini, ada banyak sabun muka yang diformulasikan untuk wajah berjerawat. Dituturkan oleh dermatologis yang berbasis di New York, Hadley King, MD, salah satu sabun muka yang baik adalah yang mengandung benzoyl peroxide.
Kandungan ini efektif untuk menghilangkan jerawat secara bertahap dan ringan dipakai sehingga tidak membuat kulit iritasi. Bila Anda memiliki wajah berjerawat dengan pori-pori besar serta komedo di area wajah, sabun muka dengan kandungan benzoyl peroxide bisa menjadi pilihan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Anda bisa menggunakan sabun muka lainnya yang juga mengandung glycerin. Selain bisa menghilangkan jerawat, kandungan ini juga memberikan hidrasi pada wajah.
Tertarik mencoba sabun muka dengan kandungan benzoyl peroxide? Anda bisa mencoba Neutrogena Rapid Clear dan Clean and Clear Continous Control Acne Cleanser.

2. Toner wajah dengan kandungan hyaluronic acid

Kecantikan kulit
Ilustrasi merawat kecantikan kulit. Foto: Shutterstock
Toner yang mengandung hyaluronic acid biasanya dipakai untuk menyeimbangkan kelembapan di dalam wajah, menyerap minyak dan membuat kulit lebih lembut. Tak hanya itu saja, hyaluronic acid juga cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan berjerawat sekali pun. Melansir Bustle, hyaluronic acid bekerja cepat dalam menenangkan wajah yang iritasi akibat jerawat meradang.
Selain hyaluronic acid, Anda pun bisa mencoba toner dengan kandungan AHA (alpha hydroxy acid) yang mampu mempercepat pertumbuhan sel baru dan kandungan aloe vera yang menenangkan untuk kulit wajah super sensitif. Beberapa toner yang bisa Anda coba adalah Klairs Supple Preparation Facial Toner dan Sulwhasoo Essential Balancing Water.
ADVERTISEMENT

3. Serum dengan kandungan niacinamide

Ilustrasi Mengaplikasikan Serum
Ilustrasi Serum Wajah. Foto: Dok. Shutterstock
Niacinamide menjadi salah satu kandungan skin care yang cukup populer karena kemampuannya dalam memperbaiki tekstur wajah berjerawat serta menghilangkan bekasnya. Selain itu, niacinamide juga aman dikenakan oleh seluruh jenis kulit tanpa membuat pori-pori tersumbat. Salah satu serum yang mengandung niacinamide adalah The Ordinary Niacinamide + Zinc.
Cara menghilangkan jerawat lainnya adalah dengan serum yang mengandung centella asiatica. Dalam ilmu medis, kandungan ini bisa menenangkan wajah yang kemerahan akibat iritasi, rosacea, hingga jerawat membandel.

4. Pelembap dengan kandungan salicylic acid

perempuan, pelembap, moisturizer
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Pelembap tak hanya digunakan oleh pemilik wajah kering saja, tetapi oleh seluruh wajah, termasuk wajah berjerawat. Untuk wajah berjerawat, Rachel Nazarian, MD yang merupakan dermatolog asal New York menyarankan untuk memakai skin care dengan kandungan salicylic acid.
ADVERTISEMENT
"Salicylic acid adalah kandungan yang membantu menghalangi munculnya bakteri penyebab jerawat sekaligus mengobati jerawat yang tengah meradang. Cara kerjanya dengan 'membunuh' bakteri yang ada di dalam kulit," jelas Rachel.
Pelembap yang mengandung salicylic acid terdapat pada Bioderma Sebium Global dan Proactiv Complexion Perfecting Hydrator.

5. Masker dengan kandungan glycolic acid

Ilustrasi Maskeran
Ilustrasi masker mentimun. Foto: Shutterstock
Cara menghilangkan jerawat lainnya adalah dengan menggunakan masker yang mengandung glycolic acid. Biasanya, glycolic acid ditemui pada sabun wajah, toner, dan masker wajah berjenis peel-off.
Fungsi glycolic acid untuk memudarkan kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada wajah, mengecilkan pori-pori, dan menyamaratakan warna kulit yang biasanya diakibatkan oleh jerawat. Beberapa masker yang mengandung glycolic acid adalah Caudalie Glycolic Peel dan Ren Glycolactic Radiance Renewal Mask.
ADVERTISEMENT
Bagaimana Ladies, tertarik untuk segera mencoba cara menghilangkan jerawat dengan skin care?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan