kumparan
search-gray
Woman1 Agustus 2020 15:17

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi

Konten Redaksi kumparan
Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136541)
Cara merawat kulit sensitif agar tidak cepat iritasi. Foto: Shutterstock
Memiliki kulit sensitif terkadang membuat kita sulit untuk merawatnya. Salah memakai produk, wajah bisa menjadi menjadi merah dan iritasi.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, ada banyak faktor yang membuat kulit menjadi sensitif. Misalnya saja kulit kering, eczema, atau dermatitis kontak. Hal ini ditandai dengan kulit yang merah, terasa gatal, hingga timbul ruam seperti bentol pada kulit.
Namun Anda jangan khawatir, memiliki kulit wajah sensitif tidak seburuk yang dibayangkan. Dengan menggunakan produk yang tepat dan cara merawat kulit yang benar, maka kulit sensitif bisa diatasi sendiri.
Seperti apa caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Harus selalu double cleansing

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136542)
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock
Terkadang, pemilik kulit sensitif juga memiliki kulit yang kering. Maka dari itu, membersihkannya pun tak hanya cukup dengan air dan sabun muka saja. Melansir InStyle, sebaiknya kamu tetap melakukan double cleansing. Ini adalah langkah membersihkan wajah yang dilakukan sebelum memakai sabun cuci muka.
ADVERTISEMENT
Double cleansing bisa dilakukan dengan menggunakan cleansing balm atau micellar water. Gunanya adalah untuk mengangkat sisa kotoran di dalam wajah, seperti sisa makeup atau sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

2. Menggunakan pelembap agar tidak kering

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136543)
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Memiliki kulit yang sensitif bisa menyebabkan kulit pecah-pecah dan terasa kaku. Maka dari itu, penting sekali untuk menggunakan pelembap agar wajah lebih terhidrasi dan tidak cepat kering. Pilih moisturizer yang teksturnya agak pekat bila kulitmu terlalu kering, atau pilih yang mengandung shea butter, squalane dan glycerine untuk hidrasi yang maksimal.

3. Hindari seluruh skin care dengan kandungan pewangi

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136544)
Ilustrasi skincare. Foto: Shutter Stock
Kandungan pewangi atau fragrance dalam skin care ternyata musuh besar bagi pemilik kulit sensitif. Bila dioleskan, fragrance akan langsung menimbulkan reaksi kulit terasa terbakar, perih hingga merah. Pastikan tak ada kandungan ini dalam skin care kamu, pilih produk yang natural dan tidak ada wewangian yang harum.
ADVERTISEMENT

4. Rajin pakai masker ganda

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136545)
Ilustrasi Jenis-jenis Masker Wajah Foto: Shutterstock
Ladies, pernah mendengar multimasking? Teknik ini merupakan cara pengaplikasian dua masker berbeda pada wajah, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya saja, clay mask pada bagian t-zone untuk wajah yang cenderung berminyak dan soothing mask bertekstur gel untuk area wajah yang terasa kering. Dengan rajin melakukan hal ini minimal satu minggu sekali, wajah kamu pun menjadi lebih terawat dan sehat.

5. Gunakan skin care dari dokter kulit

Cara Merawat Kulit Sensitif agar Tidak Cepat Iritasi (1136546)
Ilustrasi skin care. Foto: Shutter Stock
Bila kulitmu terasa sensitif dan tidak cocok menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk didiagnosa, kemudian minta produk skin care yang sudah diresepkan sesuai jenis dan masalah kulit. Terlebih lagi, bila kamu mengalami rasa gatal, iritasi kemerahan atau seperti terbakar pada kulit, pergi ke dokter kulit adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white