kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 20:04

Cara Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rontok dan Kering setelah Bleaching

Konten Redaksi kumparan
Cara Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rontok dan Kering setelah Bleaching (380879)
Cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat. Foto: Shutterstock
Hampir semua perempuan kini gemar mewarnai rambutnya. Bahkan tak jarang, mereka bereksperimen dengan warna-warna rambut yang terang seperti pink, hijau, biru, hingga abu-abu. Nah, untuk mendapatkan warna terang tersebut, rambut perlu di-bleaching alias dibuat lebih terang hingga pirang sebelum dioleskan cat rambut yang warnanya terang.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, melakukan bleaching bisa membuat rambut menjadi rusak, rontok, rapuh dan patah. Maka dari itu, diperlukan perawatan rambut yang tepat agar rambut berwarna yang telah di-bleaching bisa lebih sehat dan warnanya tahan lama.
Melansir dari berbagai sumber, berikut cara merawat rambut berwarna yang tepat setelah melakukan proses bleaching. Seperti apa?

1. Pakai sampo dan kondisioner khusus untuk rambut diwarnai

Setelah melewati proses bleaching dan pewarnaan rambut, sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner yang dapat mempertahankan warna rambut Anda. Biasanya, sampo dan kondisioner tersebut mengandung protein dan keratin untuk membuat rambut lebih lembap dan tidak kering.
Cara Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rontok dan Kering setelah Bleaching (380880)
Ilustrasi Keramas Foto: Dok. Shutterstock
"Pilih sampo dan kondisioner yang bebas sulfat, karena sulfat dapat membuat rambut kering. Selain itu, usahakan untuk membuat rambut lebih lembap dengan menggunakan sampo yang mengandung protein, namun jangan dipakai berlebihan," jelas colorist dari Nine Zero One Salon Hollywood, Tabitha Duenas.
ADVERTISEMENT

2. Hindari penggunaan alat styling

Setelah mewarnai rambut, sebaiknya hindari penggunaan alat styling selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar rambut yang baru saja diwarnai tidak rapuh atau patah setelah terkena bahan kimia. Hantaran panas dari catokan atau pengeriting rambut justru membuat rambut semakin kering dan tidak sehat.

3. Lakukan detoks rambut

Sama seperti melakukan detoks makanan untuk kesehatan tubuh, detoks rambut juga diperlukan untuk membuat kulit kepala lebih sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk detoks rambut adalah menggunakan kondisioner setiap hari dan menggunakan hair mask khusus untuk rambut diwarnai.
Cara Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rontok dan Kering setelah Bleaching (380881)
Ilustrasi Masker Rambut Foto: Ilustrasi Masker Rambut
Jangan lupa juga gunakan minyak zaitun yang bisa dioleskan pada rambut saat akan creambath. Setelah itu, bilas rambut dengan bersih agar minyak tidak tersisa di kulit kepala.
ADVERTISEMENT

4. Potong ujung rambut setiap minggu

Duenas mengatakan, agar rambut tumbuh lebih sehat dan kuat, cobalah potong bagian ujung rambut sekitar 1-2 cm, seminggu setelah melakukan pewarnaan. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada rambut yang patah atau bercabang setelah diwarnai. Lakukan setidaknya seminggu sekali, kemudian lakukan secara berkala setidaknya dua bulan sekali.
Cara Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rontok dan Kering setelah Bleaching (380882)
Ilustrasi potong rambut. Foto: Thinkstock

5. Pakai hair oil sebelum tidur

Agar rambut yang sudah di bleaching lebih lembap dan tidak kering, coba aplikasikan hair oil pada bagian rambut yang terasa kering seperti bagian ujung rambut. Lakukan cara ini sebelum tidur, kemudian diamkan semalaman. Keesokan paginya, keramas dan bilas hingga rambut tak terasa berminyak atau lengket. Setelah itu, gunakan hair serum yang dikhususkan untuk rambut kusam.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white