kumparan
search-gray
Woman26 Juli 2020 16:51

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok

Konten Redaksi kumparan
Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597617)
Ilustrasi cara merawat rambut rusak karena terlalu sering catok rambut. Foto: Shutterstock
Catokan rambut adalah salah satu alat menata rambut yang mudah digunakan sehari-hari. Alat ini menjadi andalan banyak perempuan karena bisa menghasilkan tatanan rambut yang lebih halus, lurus dan rapi.
ADVERTISEMENT
Namun di balik 'keajaiban' yang dihasilkannya, catokan ternyata bisa membuat rambut rusak. Seperti bercabang, patah hingga mudah rontok. Ladies, apakah Anda pernah mengalaminya?
Jika iya, maka jangan khawatir. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya. Kuncinya hanyalah rajin melakukannya dengan rutin dan disiplin.
Bagaimana caranya? Berikut cara merawat rambut rusak akibat catokan seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan keratin

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597618)
ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock
Keratin merupakan protein alami pada rambut yang mudah rusak bila terjadi kesalahan penggunaan bahan kimia atau dalam proses penataan rambut. Maka dari itu, kita sebaiknya menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung keratin untuk membuat sel rambut regenerasi dan mengganti sel yang rusak dengan yang baru. Selain sampo, gunakan juga kondisioner dengan kandungan keratin karena mampu menjaga kelembaban rambut.
ADVERTISEMENT

2. Rajin gunakan serum rambut atau hair oil

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597619)
Ilsutrasi mengeringkan rambut Foto: Shutterstock
Salah satu rambut cepat rusak karena dicatok adalah terpapar langsung oleh panas catokan yang bisa mencapai 185 derajat Celcius. Maka dari itu, dibutuhkan pelindung rambut sebelum terpapar panasnya catokan. Salah satunya adalah dengan menggunakan serum rambut atau hair oil. Gunakan tepat sebelum mencatok rambut dan diamkan beberapa menit hingga meresap. Setelah itu, Anda bisa mencatok seperti biasanya.

3. Rutin lakukan hair mask

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597620)
Ilustrasi Masker Rambut Foto: Ilustrasi Masker Rambut
Terlalu sering mencatok rambut dapat menghilangkan nutrisi alaminya. Alhasil, rambut jadi kering, mudah patah, bercabang dan kasar. Maka dari itu, sebaiknya rutin menggunakan hair mask pada rambut setidaknya satu minggu sekali.
Pilih hair mask sesuai dengan kebutuhan rambut dan jenis rambut Anda. Bila tak ingin melakukannya di salon, Anda pun bisa melakukan hair spa sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT

4. Potong ujung rambut untuk meminimalisir kerusakan

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597621)
Ilustrasi potong rambut Foto: Pixabay
Tanpa disadari, kita paling sering menekan catokan pada bagian ujung rambut. Maka tak heran, ujung rambut tersebut menjadi rusak dan terlihat patah-patah. Untuk mengatasinya, potong ujung rambut secara berkala setiap satu hingga dua bulan sekali. Hal ini dilakukan agar rambut tidak bercabang dan tumbuh lebih sehat.

5. Jangan terlalu sering pakai catokan

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Terlalu Sering Dicatok (597622)
Ilustrasi perempuan catokan. dok. FreePik
Apabila Anda merasa rambut sudah mulai tipis dan tak indah saat ditata, ada baiknya hentikan penggunaan catokan untuk sementara waktu. Mencatok rambut terus-terusan membuat rambut tersiksa dan menjadi rapuh, akhirnya, rambut akan rontok lebih banyak dan sulit untuk ditata kembali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white