Woman17 September 2020 8:48

Cara Mudah Mencuci Bantal Agar Tak Berjamur dan Bau Apek

Konten Redaksi kumparan
Cara Mudah Mencuci Bantal Agar Tak Berjamur dan Bau Apek (1022781)
Ilustrasi Bantal Foto: Shutterstock
Ladies, apakah Anda masih ingat kapan terakhir kali mencuci bantal? Selain sprei dan selimut, bantal merupakan salah satu barang yang wajib dibersihkan secara rutin setidaknya 4 bulan sekali. Sebab, bantal sendiri rentan terkena kotoran, keringat, tungau, hingga debu yang jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari gatal-gatal hingga sesak napas.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, banyak orang enggan mencuci perlengkapan tidur ini karena khawatir bentuknya akan rusak selama proses pencucian. Selain itu, beberapa orang juga khawatir jika bantal akan berjamur dan bau apek setelah proses pencucian. Padahal, bantal sendiri tidak akan berjamur dan bau apek jika Anda melakukan proses pencucian dengan tepat.
Nah, agar bantal Anda tak berjamur dan bau apek setelah dicuci, berikut kumparanWOMAN rangkum cara-cara mencuci bantal seperti dikutip dari Good Housekeeping.

Cara mencuci bantal di mesin cuci

Cara Mudah Mencuci Bantal Agar Tak Berjamur dan Bau Apek (1022782)
Ilustrasi Mencuci Bantal Foto: Shutterstock
Beberapa bantal seperti; bantal katun, bulu angsa dan fiberfill bisa dicuci di mesin cuci. Namun, gunakan metode ini jika Anda memiliki mesin cuci dengan ukuran yang besar. Sebab, jika mesin cuci Anda tak cukup besar, bahan pembungkus akan mudah robek dan membuat isi bantal berantakan. Selain itu, saat mencuci bantal dengan metode ini, pastikan Anda mencuci dua bantal sekaligus untuk menjaga keseimbangan mesin cuci. Berikut ini beberapa langkah atau cara mencuci bantal di mesin cuci:
ADVERTISEMENT
  • Masukkan bantal ke dalam mesin cuci
  • Tambahkan deterjen sesuai petunjuk
  • Atur suhu sesuai dengan label perawatan sarung bantal. Biasanya, Anda perlu menggunakan siklus pencucian yang lembut untuk melindungi bantal agar tidak robek.
  • Setelah pencucian selesai, keringkan bantal dengan memasukkannya ke dalam mesin pengering.
  • Setelah itu, jemur bantal di bawah sinar matahari langsung. Selain memastikan bantal kering sempurna, langkah ini juga penting untuk menghindari jamur atau lumut menempel di bantal. Jangan lupa, sering-seringlah membalikkan bantal, agar bantal kering secara merata di semua bagian.

Cara mencuci bantal tanpa mesin cuci

Cara Mudah Mencuci Bantal Agar Tak Berjamur dan Bau Apek (1022783)
Ilustrasi Membersihkan Bantal Foto: Shutterstock
Hal penting yang harus dicatat adalah jangan pernah mencuci bantal lateks atau busa memori ke dalam mesin cuci. Sebab, mencuci kedua jenis bantal itu di mesin cuci bisa merusak bentuk dan teksturnya. Sebaliknya, cucilah bantal ini secara manual. Untuk mencuci bantal tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
ADVERTISEMENT
  • Lepaskan sarung bantal dan cuci sesuai dengan petunjuk di label perawatan.
  • Untuk menghilangkan debu atau kotoran di bantal, Anda bisa menyedot di kedua sisi bantal menggunakan vacuum.
  • Setelah itu, bersihkan area yang kotor dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan sabun. Bilas perlahan dengan kain lembap.
  • Terakhir, jemur bantal di bawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk membalikan bantal secara rutin, agar bantal kering secara merata di semua bagian.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white