Woman
·
16 Oktober 2020 12:16

Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk (20833)
Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk. Foto: Getty Images
Ladies, sebagian dari kamu tentu memiliki bed cover kan di rumah? Selain membuat menghangatkan tubuh, bed cover juga bisa membuat tidur jadi lebih nyaman karena teksturnya yang lembut dan empuk.
ADVERTISEMENT
Untuk mempertahankan bentuk dan kelembutannya, dibutuhkan perawatan khusus. Mulai dari penyimpanan hingga cara mencuci. Kamu tidak boleh menyetrika bed cover atau mencucinya bersama dengan pakaian lain supaya bisa lebih awet.
Selain itu, masih ada banyak cara juga yang bisa dilakukan agar bed cover bisa bersih maksimal dan bentuknya tidak kempes. Supaya tahu selengkapnya, kumparanWOMAN telah merangkum empat cara membersihkan dan merawat bed cover. Melansir berbagai sumber, simak tipsnya berikut ini.

1. Rendam dengan air selama 30 menit

Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk (20834)
Ilustrasi merendam cucian. Foto: Dok. Shutterstock
Hampir sama dengan mencuci pakaian, kamu bisa merendam bed cover di dalam bak sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Hal ini perlu dilakukan supaya kotoran yang menempel pada bed cover cepat luntur dan mudah dibersihkan.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menggunakan air biasa atau air hangat yang dicampur dengan detergen. Hindari penggunaan pemutih agar serat bed cover tidak rusak. Tapi kalau kamu ingin memutihkan bed cover, bisa menggunakan baking soda atau air cuka.

2. Kucek sebentar sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci

Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk (20835)
Memisahkan bed cover dengan cucian lain. Foto: Shutterstock
Memiliki ukuran yang besar dan berat jika menyerap air membuat bed cover sebaiknya dicuci dengan mesin. Namun sebelumnya, kamu bisa mengucek bagian-bagian yang terkena noda serius setelah direndam 30 menit.
Kemudian baru masukkan ke dalam mesin cuci. Ingat ya, pisahkan bed cover dengan pakaian lain. Sebab kalau dicampur, bentuk bed cover bisa berubah jadi tidak beraturan dan dacron di dalamnya bisa mengumpul di satu sisi saja. Tak hanya itu, pakaian kamu yang lain juga akan terlilit saat berada di dalam mesin cuci.
ADVERTISEMENT

3. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari

Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk (20836)
Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari Foto: Dok. Shutterstock
Setelah dicuci dan dikeringkan di mesin cuci, biasanya bed cover tidak akan membutuhkan waktu yang lama saat dijemur. Untuk itu, pastikan kamu tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat teksturnya yang lembut jadi kasar.
Selain itu, perhatikan juga saat menggantung bed cover di tempat penjemuran. Pastikan jemuran kamu kuat dan kokoh sehingga bisa menopang bed cover dengan baik untuk mengantisipasi terjatuh sebab bed cover cukup berat.

4. Tidak perlu disetrika

Cara Tepat Mencuci Bed Cover agar Tidak Kempes & Berubah Bentuk (20837)
Jangan menyetrika bed cover Foto: PublicDomainPictures
Seperti yang sudah diketahui, bed cover berisi dakron supaya bisa membuatnya empuk. Material yang satu ini bisa kempes jika terkena panas. Untuk itu, meski kainnya lecek, pastikan kamu tidak menyetrika bed cover agar bentuknya tidak kempes dan tetap empuk saat dipakai. Saat tidak dipakai, simpan bed cover di wadahnya semula seperti ketika kamu baru beli. Usahakan untuk tidak ditumpuk dengan barang lain agar bentuknya tidak kempes.
ADVERTISEMENT