kumparan
25 Juli 2019 9:10

Cara Tetap Profesional saat Cinlok dengan Rekan Kerja

Ilustrasi jatuh cinta dengan rekan kerja. Foto: Shutterstock
Jatuh cinta bisa pada siapa dan kapan saja, termasuk di tempat kerja. Jatuh cinta dengan rekan kerja memang sudah menjadi hal yang lumrah apalagi jika sangat sering menghabiskan waktu bersama, mulai dari proyek hingga makan siang.
ADVERTISEMENT
Namun jika kita mulai menjalin hubungan dengan rekan kerja, ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Jangan sampai gara-gara hubungan cinta, kualitas profesional kita dan pasangan jadi menurun.
Lalu apa yang mesti kita lakukan agar baik pekerjaan dan kehidupan percintaan tetap berjalan lancar di tempat kerja? Simak tips dari Career Coach Gita Aula M.Psi berikut ini
1. Batasi waktu interaksi di kantor
Ingat, jangan selalu berduaan ya, Ladies. Saat di kantor kita dan pasangan harus tampilkan diri menyesuaikan tugas masing-masing dan usahakan jangan terlalu sering ‘menempel’ dengan dia di kantor. Tetap fokus pada pekerjaan agar tidak menyusahkan atasan dan rekan yang lain.
Kalau pekerjaan sudah selesai dan sudah di luar kantor, baru boleh mengekspresikan rasa sayang kita ke pasangan.
ADVERTISEMENT
2. Tunjukkan prestasi kerja
Walaupun bekerja di kantor yang sama, tentu kita tidak bisa terus berduaan dengan kekasih, tetap jaga jarak satu sama lain agar profesionalitas terjaga. Namun jangan juga jadikan alasan tidak bisa bertemu menjadi membuat semangat kerja malah mengendur. Justru kita bisa ‘melampiaskan’ rasa rindu terhadap pasangan pada pekerjaan, jadikan prestasi menjadi tujuan kita bekerja. Sehingga emosi menjadi lebih netral karena ada yang menjadi tujuan dibandingkan hanya sekadar berduaan dengan pasangan.
Ilustrasi jatuh cinta dengan rekan kerja. Foto: Shutterstock
3. Pisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan
Menjalani hubungan tidak selalu berjalan mulus. Ya, ketika sedang ada masalah dengan pasangan dan harus bertemu dan membicarakan pekerjaan dengannya memang jadi hal yang kurang mengenakkan. Tetapi, emosi itu tidak bisa dituruti karena kita punya tujuan untuk berprestasi dalam pekerjaan. Jadi kita harus menemuinya dengan profesional dan membicarakan masalah kita dengannya di luar kantor.
ADVERTISEMENT
4. Perbanyak interaksi dengan rekan kerja lain
Meski sudah mempunyai ‘teman spesial’ bukan berarti sosialisasi kita terhadap rekan kerja yang lain jadi berkurang. Kita harus bersikap netral dengan cara perbanyak interaksi dengan rekan kerja lain. Fungsi utamanya, supaya tetap menjaga kondisi emosi stabil dan tidak menjadi bahan gosip di kantor.
Jangan sampai performa kerja menurun dan menjadi bahan gosip karena mendapat pasangan di kantor ya, Ladies. Jadikan ini bukti bahwa kita benar-benar profesional dalam pekerjaan.
Menunjukan ketertarikan pada rekan kerja Foto: Pixabay
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan