Woman
·
21 November 2020 9:49

Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman Menurut Ahli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman Menurut Ahli (14755)
Ilustrasi menyiram tanaman. Foto: Shutter Stock
Menyiram tanaman merupakan aktivitas yang sangat penting, karena bisa membuat tanaman menjadi tumbuh subur dan cantik. Meski begitu, menyiram tanaman juga ada aturannya, lho Ladies. Pasalnya, jika dilakukan secara sembarangan dan berlebihan bisa membuat tanaman mudah busuk dan juga mati.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menyiram tanaman juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar penyerapannya bisa maksimal. Lalu, pertanyaannya kapan waktu terbaik untuk menyiram tanaman?
Menurut Richard P. Jauron, Spesialis Program Ekstensi II di Departemen Hortikultura Iowa State University, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga 09.00.
“Pagi hari (pukul 05.00 hingga 09.00) adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman saat menggunakan alat penyiram, selang, atau alat lain yang biasa digunakan dalam menyiram tanaman,” kata Richard dalam tulisannya di situs Iowa State University.
Ada alasan tersendiri mengapa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyiram tanaman. Menurut Richard, penyiraman di pagi hari bisa membuat daun tanaman cepat mengering. Di mana pengeringan cepat ini bisa membantu mencegah terjadinya perkembangan penyakit jamur.
ADVERTISEMENT
“Selain itu, menyiram tanaman di pagi hari juga memungkinkan air meresap ke dalam tanah,” tambahnya.
Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman Menurut Ahli (14756)
Ilustrasi Tanaman Hias Foto: Shutterstock
Lalu, bagaimana jika penyiraman tanaman dilakukan di siang dan sore hari?
Richard mengungkapkan bahwa penyiraman di siang hari sangat tidak efisien karena penguapannya sangat cepat akibat udara panas. “Menyiram tanaman di siang hari bisa menjadi sia-sia karena air cepat menguap, sehingga air tidak akan meresap ke dalam tanah,” papar Richard.
Sementara itu, Richard menyebut bahwa menyiram tanaman di sore hari menggunakan alat penyiram atau selang tanaman bisa menyebabkan timbulnya masalah atau penyakit pada tanaman hias.
“Jika menyiram tanaman di sore hari, kemungkinan besar daun tanaman akan tetap basah sepanjang sore atau malam. Hal ini tidak baik, karena bisa menyebabkan munculnya penyakit daun,” tutup Richard.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)