Woman
·
28 Februari 2021 15:53

Cerita Penemuan Melo Melo, Mutiara Paling Langka di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Penemuan Melo Melo, Mutiara Paling Langka di Dunia (567960)
searchPerbesar
Melo Melo, mutiara paling langka di dunia. dok. Tiffany & Co Studio.
Belum lama ini, sebuah mutiara yang disebut-sebut sebagai mutiara paling langka di dunia dipamerkan oleh brand perhiasan Tiffany & Co dalam presentasi virtual 'Tiffany Blue Book: Colors of Nature collection. Mutiara ini dikabarkan menjadi salah satu dari koleksi terbaru brand perhiasan asal AS tersebut.
ADVERTISEMENT
Mengapa disebut sebagai mutiara paling langka di dunia? Mengutip Town & Country, mutiara ini terbentuk secara natural karena adanya peristiwa alam yang terjadi terus-menerus selama bertahun-tahun. Mungkin inilah sebabnya, mutiara tersebut memiliki warna yang agak berbeda dari mutiara pada umumnya.
Dituturkan oleh ahli bebatuan dari Tiffany & Co, Victoria Wirth Reynolds, Melo Melo memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan mutiara pada umumnya. Warnanya cenderung oranye kekuningan, memiliki tekstur seperti porselen dan sutera.
"Mutiara Melo Melo tidak terbuat dari nacre, namun terbentuk secara alami yang menjadikannya lebih istimewa. Melo Melo memiliki fitur terindah dari mutiara lainnya, seperti bentuk api yang berkibar di atas permukaan. Ini hanya ada satu persen di seluruh dunia," jelas Victoria.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Victoria menceritakan, penemuan Melo Melo 95 karat ini terjadi pada beberapa tahun lalu. Mutiara ini tidak ditemukan pada kerang tiram, melainkan pada sebuah siput laut besar yang masih merupakan satu spesies volutidae. Hewan laut ini hanya muncul beberapa waktu di Laut China Selatan atau lepas pantai Myanmar.
Cerita Penemuan Melo Melo, Mutiara Paling Langka di Dunia (567961)
searchPerbesar
Melo Melo, mutiara paling langka di dunia. dok. Tiffany & Co Studio.
Pembentukan mutiara pun terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Maka dari itu, mutiara ini terbilang sulit ditemukan. Karena, untuk menemukan satu buah mutiara saja, diperlukan pencarian menyeluruh dari ribuan cangkang siput. Bila beruntung, akan ada satu mutiara yang bisa ditemui. Namun bila tak beruntung, tak akan ada mutiara yang tampak.
Saat itulah, ia dan timnya di Tiffany & Co sepakat mengatakan bahwa mutiara ini sangat cocok untuk koleksi terbaru perhiasan dengan desain yang unik namun tetap elegan. Kini mutiara Melo Melo sudah bertransformasi menjadi hiasan cantik dari gelang rantai emas 18k yang ditaburi diamond persegi 24k. Sayang, tak ada informasi lebih lanjut berapa harga gelang ini bila dijual.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat jatuh cinta dengan mutiara Melo Melo dan mulai menampilkannya dalam desain terbaru perhiasan kami. Senang rasanya bisa memperlihatkan mahakarya ini ke dalam koleksi terbaru 2021," demikian ujar Victoria.