Woman
·
22 November 2020 19:30

Dear Pria, Seperti Ini Bentuk Janggut yang Terlihat Menarik di Mata Perempuan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dear Pria, Seperti Ini Bentuk Janggut yang Terlihat Menarik di Mata Perempuan (664894)
Ilustrasi bentuk janggut pria. dok. Instagram/@nicolasimoes & @andrehamann
Bagi sebagian perempuan, janggut atau facial hair menjadi salah satu fitur pria yang menarik. Hal ini terbukti dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Biology.
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian tersebut, peneliti bertanya kepada 8.520 orang perempuan untuk menilai sisi menarik pria dengan beragam model dan jenis janggut yang dibuat melalui hasil editan komputer. Tak hanya itu, para peneliti juga menilai sisi menarik pria dari bentuk wajahnya, seperti alis tebal dan rahang yang tegas.
Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa pria yang berjanggut pada area wajahnya paling menarik di mata perempuan. Bagi mereka, tipe pria seperti ini memberikan kesan siap untuk melakukan hubungan jangka panjang. Peneliti pun menyimpulkan bahwa janggut dapat membuat pria terlihat lebih kuat, berkarisma, bahkan bisa menunjukkan usia, status sosial, tingkat dominasi dalam hubungan hingga tingkat kesuburan.
Selain itu, pria dengan janggut dan kumis tipis, tampak seperti baru dicukur beberapa hari, juga tak kalah menarik di mata perempuan. Tipe pria ini mendapatkan peringkat yang tinggi di antara seluruh tipe janggut pria yang diperlihatkan. Namun, banyak perempuan menganggap tipe janggut seperti ini biasanya dimiliki pria yang hanya ini berkencan singkat atau sekadar menggoda.
Dear Pria, Seperti Ini Bentuk Janggut yang Terlihat Menarik di Mata Perempuan (664895)
Ilustrasi Pria Merawat Wajah Foto: Shutterstock
Sedangkan pria yang tidak memiliki janggut atau kumis sama sekali justru dianggap kurang menarik karena terkesan lebih feminin. Bahkan, mereka yang tak punya janggut juga dianggap lebih suka hubungan yang santai, tidak berniat serius, serta tidak ada rencana menikah.
ADVERTISEMENT

Lantas, seperti apa jenis atau tipe janggut pria yang menarik di mata perempuan?

Bila Anda memiliki wajah agak bulat, pilih gaya janggut yang memberikan efek membuat wajah lebih panjang. Anda cukup memanjangkan janggut pada bagian dagu, sedangkan sisi-sisi samping bisa di-trim agar terlihat rapi.
Jika wajah Anda berbentuk kotak dengan rahang yang cukup besar, sebaiknya janggut di area dagu dan wajah di-trim pendek. Apabila bentuk wajah Anda oval, maka Anda termasuk orang yang beruntung karena gaya janggut apapun cocok dengan wajah Anda.
Pastikan juga untuk merapikan kumis agar tidak terlalu panjang atau tebal bila Anda tak ingin terlihat tua. Selain itu, tetapi mencukur janggut untuk merapikan rambut-rambut yang baru tumbuh, terutama dari arah telinga, rahang, dagu hingga di atas jakun.
ADVERTISEMENT