Woman
·
18 September 2020 20:47

Dijuluki Rapunzel dari Indonesia, Roro Punya Rambut Sepanjang 1,2 Meter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dijuluki Rapunzel dari Indonesia, Roro Punya Rambut Sepanjang 1,2 Meter (94917)
Roro, Rapunzel dari Indonesia Foto: hairbyamelhuang
Ladies, kamu mungkin pernah mendengar kisah Rapunzel di sejumlah buku cerita ataupun film. Nah, bagaimana bila ternyata Rapunzel itu eksis di dunia nyata?
ADVERTISEMENT
Rupanya, ada seorang perempuan bernama Roro Zahra Layungsari (19) yang viral di media sosial karena disebut-sebut sebagai Rapunzel. Ia menjadi viral setelah temannya mengunggah video di Tiktok pada Jumat (28/8). Selama 19 tahun, Roro belum pernah memotong rambutnya secara signifikan karena ingin mempertahankan tradisi yang sudah lama dijalani oleh keluarganya. Hingga saat ini, panjang rambut Roro sudah sekitar 120cm atau 1,2 meter.
Menurut Roro, keluarga besar ibunya memang memiliki rambut panjang sejak dulu. Namun, seiring berjalannya waktu, hanya keluarga neneknya yang melanjutkan tradisi tersebut dan diteruskan oleh Roro dan adiknya. Meski demikian, keluarga Roro sebetulnya tidak melarang bila ia ingin memotong rambut atau mengikuti tren yang sedang berkembang.
Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri ini mengatakan bahwa ia senang dan merasa percaya diri dengan rambut panjang sehingga masih ingin mempertahankannya. Menurutnya, ini merupakan identitas keluarga dan sayang bila tidak ada yang melanjutkan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Roro juga memberikan beberapa tips bagaimana menjaga rambut agar tetap sehat, yaitu dengan rutin melakukan trimming atau memotong bagian ujung rambut. Sambil mempertahankan tradisi, ia juga berusaha mengekspresikan diri melalui rambutnya dengan cara menggunting poni sesuai dengan tren yang berkembang. Salah satunya adalah dengan mengatur belahan poni.
Sejak video yang diunggah temannya viral di TikTok, Roro sudah mendapatkan hampir 200 followers di media sosial dalam waktu 2 minggu dan video tersebut telah ditonton oleh jutaan orang. Ia mengatakan kalau dirinya tidak masalah dengan unggahan tersebut dan tetap bangga, serta percaya diri dengan gaya rambut yang dimiliki. Roro menambahkan bahwa setiap perempuan bisa tampil cantik apa pun gaya rambutnya, selama yakin dan tetap percaya diri.
ADVERTISEMENT
“Orang sering bilang kalau rambut panjang membuat perempuan lebih anggun. Tapi menurut saya, punya rambut panjang bukan jadi kompetisi kecantikan, bukan suatu stigma untuk mengkotak-kotakkan perempuan. Rambut itu anugerah Tuhan untuk mengekspresikan diri, jadi teman-teman bisa percaya diri dengan gaya rambutnya," demikian ujar Roro sebelum menutup perbincangan.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)